Pengertian Contoh Metamorfosis Sempurna Dan Tidak Sempurna Pada Hewan

No Comment Thursday, November 19, 2020
Pengertian Contoh Metamorfosis Sempurna Dan Tidak Sempurna Pada Hewan - Pengertian metamorfosis adalah sebuah proses pertumbuhan pada hewan yang dimulai dari telur hingga menjadi bentuk dewasa. Dan dalam proses metamorfosis dibagi menjadi dua jenis metamorfosis yang berbeda, yaitu holometabola dan hemimetabola.

Metamorfosis Adalah : Pengertian, Proses, Macam Macam Metamorfosis Dan Contohnya


Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis adalah tahapan perkembangan hewan yang mempengaruhi perubahan bentuk tubuh fisik serta struktur organ setelah fase kelahiran atau penetasan dan akan berlanjut hingga mencapai fase terakhir untuk menjadi bentuk dewasa. Perubahan fisik tersebut terjadi karena adanya proses pertumbuhan sel dan diferensiasi secara radikal berbeda.

Beberapa contoh hewan yang mengalami proses metamorfosis ialah berasal dari bangsa serangga, amfibi, mollusca, echinodermata dan tunicata seperti kupu-kupu, belalang, nyamuk, katak dan kecoa.

Beberapa contoh hewan yang mengalami siklus metamorfosis biasanya juga mengalami perubahan sifat dan habitatnya, namun hal ini tidak berlaku pada semua hewan yang bermetamorfosis.

Fase Atau Proses Metamorfosis

Dalam siklus metamorfosis setidaknya terdapat beberapa fase atau tahapan yang harus dilewati selama proses metamorfosis. Proses tersebut terdapat 5 tahap, yaitu perubahan bentuk dari Telur; Larva; Nimfa; Pupa/Kepompong; Imago/Dewasa.

Umumnya hewan yang melewati 3 tahap perubahan akan masuk kedalam golongan hewan yang mengalami proses metamorfosis tidak sempurna, sedangkan yang melewati 4 tahap tergolong dalam hewan yang mengalami proses metamorfosis sempurna.

1. Telur
Telur merupakan sebuah fase awal dalam siklus metamorfosis serta proses awal terbentuknya individu baru. Telur dihasilkan dari sang induk/betina yang telah dibuahi oleh sang jantan. Setelah berhasil menghasilkan telur mereka akan menempatkannya di tempat yang cocok untuk proses perkembangbiakan sang telur supaya dapat menetas menjadi larva atau nimfa.

2. Larva
Individu baru yang berasal dari telur dan mengalami perubahan bentuk menjadi hewan muda yang berbeda dengan hewan dewasa. Dalam fase ini biasanya akan dilalui oleh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.

3. Nimfa
Individu baru yang berasal dari telur dan menjadi bentuk hewan muda yang menyerupai dengan bentuk hewan dewasa. Sehingga fisiknya hampir mirip dengan fase dewasa. Fase ini biasanya hanya akan dilewati hewan yang mengalami siklus metamorfosis tidak sempurna.

4. Pupa/Kepompong
Pupa atau kepompong adalah sebuah fase transisi yang dimana larva hewan tersebut akan berubah bentuk menjadi sebuah pupa/kepompong sebelum akhirnya menjadi hewan dewasa. Fase ini hanya akan dilalui oleh hewan metamorfosis sempurna.

5. Imago/Dewasa
Imago atau dewasa ialah sebuah fase atau tahapan terakhir dalam proses metamorfosis. Pada fase ini pertumbuhan hewan tersebut telah mencapai puncaknya yakni menjadi hewan dewasa. Hewan dewasa dapat menghasilkan telur-telur untuk berkembang biak, dan telur tersebut nantinya akan mengalami metamorfosis.

Macam Macam Metamorfosis Dan Contohnya

Jenis jenis metamorfosis dibagi menjadi 2 macam yakni metamorfosis sempurna yang disebut holometabola, dan metamorfosis yang tidak sempurna disebut dengan hemimetabola. Kedua jenis metamorfosis tersebut dipisahkan karena mengalami tahapan yang berbeda.

1. Pengertian Metamorfosis Sempurna (Holometabola) Pada Hewan
Holometabola atau metamorfosis sempurna adalah hewan yang mengalami proses metamorfosis dengan melewati semua fase metamorfosis secara lengkap dan berurutan selama pertumbuhannya, mulai dari bentuk Telur → Larva → Pupa → Imago.

Contoh Metamorfosis Sempurna (Holometabola) Pada Hewan
1. Kupu-Kupu
Contoh Metamorfosis Sempurna Kupu-Kupu
Contoh gambar metamorfosis sempurna kupu-kupu
Proses metamorfosis kupu-kupu melewati fase Telur → Larva (ulat) → Pupa/Kepompong → Imago/Dewasa (kupu-kupu dewasa).

2. Nyamuk
Proses metamorfosis nyamuk biasanya melalui tahapan berupa Telur → Larva (jentik-jentik) → Pupa → Imago/Dewasa (nyamuk dewasa).

3. Katak
Contoh Metamorfosis Sempurna Katak
Contoh gambar metamorfosis sempurna katak
Untuk proses metamorfosis katak meliputi Telur → Larva (berudu/kecebong) → Katak muda berekor → Imago (katak dewasa) sehingga tergolong dalam jenis metamorfosis sempurna.

4. Lalat
Contoh metamorfosis sempurna yang selanjutnya ialah fase metamorfosis lalat yang dimulai dari bentuk Telur → Larva (ulat) → Pupa/Kepompong → Imago/Dewasa (lalat dewasa).

5. Semut
Tahapan yang dilalui semut untuk bermetamorfosis ialah berawal dari Telur → Larva → Pupa/Kepompong → Imago (semut dewasa).

2. Pengertian Metamorfosis Tidak Sempurna (Hemimetabola) Pada Hewan
Hemimetabola atau metamorfosis tidak sempurna adalah hewan yang mengalami proses metamorfosis dengan melewati 3 fase metamorfosis saja dalam pertumbuhannya, proses tersebut meliputi perubahan bentuk dari Telur → Nimfa → Dewasa. Sehingga metamorfosis tidak sempurna (hemimetabola) tidak melalui fase pupa/kepompong.

Contoh Metamorfosis Tidak Sempurna (Hemimetabola) Pada Hewan
1. Laron
Fase metamorfosis laron berawal dari Telur → Nimfa (rayap) → Imago (laron).

2. Belalang
Contoh Metamorfosis Tidak Sempurna Belalang
Contoh gambar metamorfosis tidak sempurna belalang
Proses metamorfosis belalang hanya melalui fase Telur → Nimfa (belalang muda) → Imago (belalang dewasa) sehingga mereka tergolong dalam jenis metamorfosis tidak sempurna.

3. Capung
Selanjutnya yaitu fase metamorfosis yang dijalani oleh capung dan dimulai dari bentuk Telur → Nimfa → Imago (capung dewasa).

4. Jangkrik
Contoh metamorfosis tidak sempurna terjadi pada proses metamorfosis jangkrik yang diawali dengan bentuk Telur → Nimfa (jangkrik muda) → Imago (jangkrik dewasa).

5. Kecoa
Contoh Metamorfosis Tidak Sempurna Kecoa
Contoh gambar metamorfosis tidak sempurna kecoa
Dalam proses metamorfosisnya kecoa melewati fase Telur → Nimfa (kecoa muda) → Imago (kecoa dewasa).

Demikian artikel yang membahasa mengenai Pengertian Contoh Metamorfosis Sempurna Dan Tidak Sempurna Pada Hewan. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat menambah wawasan.

Comments