5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Kemarau

No Comment Tuesday, August 04, 2020
5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Kemarau Atau Musim Panas - Selain musim hujan, di Indonesia juga ada musim kemarau atau sering disebut dengan musim panas merupakan salah satu musim yang terjadi di wilayah tropis termasuk negara Indonesia.
Baca juga: Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Di Musim Hujan

Kondisi pada saat musim kemarau biasanya memiliki cuaca yang panas, bahkan suhu panas panas musim kemarau lebih ekstrem jika wilayah tersebut mengalami kemarau panjang. Selain itu musim kemarau yang berkepanjangan juga dapat menimbulkan berbagai macam masalah seperti penyakit.

Macam-Macam Penyakit Yang Sering Terjadi Saat Musim Kemarau

  • Dehidrasi
  • Infeksi saluran pernafasan
  • Iritasi kulit

Tips Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Di Musim Kemarau Atau Musim Panas

5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Kemarau
Cuaca panas saat kemarau | Pixabay Jill Wellington

1. Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Kemarau Dengan Minum Air Putih Secara Berkala
Dikarenakan cuaca panas yang terjadi pada saat musim kemarau maka cairan yang ada di dalam tubuh kita akan cepat berkurang karena tubuh kita akan lebih cepat mengeluarkan keringat sehingga membuat kita menjadi dehidrasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka kita harus tetap menjaga cairan yang ada di dalam tubuh kita supaya tetap stabil dengan cara minum air putih setidaknya minimal 8 gelas sehari. Tidak disarankan untuk meminum minuman yang bersoda dan berkafein karena minuman tersebut tidak dapat membantu memenuhi cairan tubuh layaknya air putih.

2. Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Kemarau Dengan Menggunakan Pelindung Diri
Apabila kita memiliki kegiatan yang dimana sebagian besarnya dilakukan di luar ruangan, maka sebaiknya kita memakai pelindung diri untuk menjaga tubuh kita supaya tetap fit saat musim kemarau.

Contohnya seperti memakai jaket untuk menjaga kulit kita terpapar dari sinar UV yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, jadi kita juga bisa memakai pelembab untuk menjaga kulit kita.

Selain itu kita juga bisa memakai masker untuk melindungi diri dari infeksi saluran nafas karena debu yang bertebaran di musim kemarau, serta kita bisa menggunakan kacamata untuk menjaga area mata kita dari sinar UV.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Kemarau Dengan Mengatur Pola Tidur
Tidur yang cukup juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita saat musim kemarau, karena dengan tidur yang cukup maka hal itu dapat membuat tubuh kita kembali prima serta kekebalan tubuh tetap terjaga. Tidur yang cukup untuk orang dewasa ialah minimal 8 jam.
Baca juga: 8 Dampak Berbahaya Yang Ditimbulkan Akibat Kurang Tidur

4. Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Kemarau Dengan Mengatur Aktifitas
Selama musim kemarau kita juga harus tetap aktif untuk melakukan aktifitas supaya tubuh tetap fit, dengan begitu kita harus berolahraga secara rutin dan teratur.

Meskipun kita harus tetap aktif, kita tidak disarankan untuk melakukan aktifitas yang terlalu berat di siang hari karena hal itu bisa membuat kita mengalami dehidrasi.

5. Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Kemarau Dengan Menjaga Pola Makan
Selain mengatur aktifitas sehari-hari, kita juga harus menjaga pola makan dengan benar supaya sistem kekebalan tubuh kita tidak menurun saat musim kemarau.

Untuk menjaga pola makan kita agar tetap sehat, maka kita dapat memakan makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti makanan yang menghasilkan Vitamin, Protein dan Antioksidan yang mampu menguatkan imunitas tubuh.
Baca juga: 8 Contoh Makanan Bergizi Yang Mampu Menyehatkan Tubuh

Demikianlah informasi seputar Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Kemarau/Panas, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan kita menjadi lebih baik dalam menjaga kesehatan badan.

Comments