Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Di Musim Hujan

No Comment Wednesday, March 04, 2020
Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Di Musim Hujan - Pada saat ini Indonesia sedang memasuki musim hujan. Musim Hujan merupakan salah satu dari dua musim yang ada di wilayah Iklim tropis termasuk Indonesia.

Pada saat cuaca di musim hujan inilah banyak sekali ancaman penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Di antara penyakit yang sering terjadi menyerang manusia pada saat musim hujan adalah penyakit berikut.

Macam-Macam Penyakit Yang Sering Terjadi Saat Musim Hujan

  • Batuk
  • Flu dan Pilek
  • Demam Berdarah (DBD)
  • Demam Panas
  • Gatal-Gatal (Iritasi)
  • Kutu Air

Maka dari itu kita harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap fit dan bisa tetap bekerja dengan produktif.

Lalu bagaimana caranya menghadapi ancaman penyakit saat musim hujan agar tubuh kita tetap sehat? tenang, karena di dalam artikel ini saya akan berikan kiat kiat tetap sehat di musim hujan.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Di Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Di Musim Hujan
Cuaca sedang hujan | Pixabay xusenru

1. Menjaga Suhu Tubuh Supaya Tetap Hangat

Cara pertama yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh saat di musim hujan ialah dengan menjaga suhu tubuh supaya tetap hangat.

Kita dapat mengenakan pakaian dengan bahan kain yang tebal seperti jaket dan sweater sehingga tubuh kita tidak kedinginan, terutama saat kita berada di luar ruangan.

Selain itu kita juga harus sering sering memakan dan meminum sesuatu yang dapat menghangatkan tubuh, seperti minum teh hangat dan makanan yang mengandung kuah hangat.

2. Mengatur Pola Makan

Selain menjaga kehangatan pada suhu badan, kita juga harus mengatur pola makan dengan benar supaya sistem kekebalan tubuh kita tidak menurun.

Untuk menjaga pola makan kita agar tetap sehat, kita dapat memakan makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti makanan yang menghasilkan Vitamin, Protein dan Antioksidan yang mampu menguatkan imunitas tubuh.

3. Menjaga Kebersihan Tubuh

Menjaga kebersihan badan sangatlah penting, sebab jika kalian kurang aktif dalam menjaga kebersihan badan maka semua jenis bakteri tersebut akan lebih mudah untuk hidup di tubuh kalian.

Maka dari itu kalian harus sering mencuci kaki dan tangan dengan sabun setelah melakukan berbagai aktifitas di luar ruangan, mandi rutin minimal dua kali sehari dan juga setelah terkena air hujan yang cukup lama atau setelah mandi hujan.

4. Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Selain merawat dan menjaga kebersihan pada diri kita sendiri, kita juga perlu merawat kondisi lingkungan yang ada di sekitar kita supaya tidak mudah terserang penyakit.

Sebab kondisi lingkungan juga dapat mempengaruhi proses perkembangbiakkan kuman dan bakteri, terutama di tempat genangan lumpur yang penuh dengan cacing dan juga genangan air yang dipenuhi sampah.

Bukan hanya itu, tempat yang berdebu juga bisa membuat hidung terasa gatal sehingga kita sering bersin-bersin dan terkena pilek.

5. Mengatur Aktifitas

Ini juga salah satu tips menjaga kesehatan tubuh yang tak kalah penting saat di musim hujan. Kita juga perlu mengatur aktifitas keseharian kita agar tubuh dapat beristirahat dan tidak mudah capek. Sebab jika tubuh sering mengalami capek sistem imun pada tubuh juga menurun sehingga badan kalian lebih mudah untuk terserang penyakit.

Jadi alangkah baiknya kita mengurangi begadang, berolahraga yang secukupnya dan bahkan kalau bisa kita tidak boleh bekerja terlalu capek.

Baca juga:

6. Menyiapkan Peralatan Untuk Musim Hujan

Menyiapkan peralatan untuk mengahadapi musim hujan juga tak kalah pentingnya, karena pada saat musim hujan tiba kita tidak dapat memprediksi kapan waktunya akan turun hujan.

Karenanya kita harus selalu senantiasa siap dan waspada dengan membawa perlatan seperti Payung, Jas Hujan dan Mantel agar tubuh kita tidak terlalu kedinginan karena kehujanan.

7. Jangan Gunakan Pakaian Basah

Selain itu kita tidak boleh terlalu sering mengenakan pakaian yang belum kering karena kehujanan ataupun jemuran tersebut memang belum kering sepenuhnya.

Karena bisa saja kuman yang ada di pakaian tersebut belum hilang, terlebih lagi pada kondisi kain yang lembab dan basah yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Selain pakaian, kita juga tidak boleh mengenakan sarung tangan dan kaos kaki basah, sebab itu bisa mengakibatkan kalian terkena penyakit kutu air.

Biasanya hal ini seringkali dilakukan oleh para pelajar sekolah yang terpaksa karena baju mereka kebasahan, tapi alangkah baiknya kalau baju tersebut di keringkan dengan setrika atau mesin cuci pengering.

Demikianlah informasi seputar Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Di Musim Hujan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan kita menjadi lebih baik dalam menjaga kesehatan badan.

Comments