4 Cara Membersihkan Cache Laptop & Komputer (PC)

No Comment Wednesday, August 05, 2020
4 Cara Membersihkan Cache Laptop & Komputer (PC) - File Cache adalah sebuah kumpulan data bersifat sementara yang dihasilkan dari suatu proses data pada setiap perangkat, seperti laptop dan komputer. File cache berfungsi sebagai media untuk mempercepat proses dalam menampilkan suatu data yang pernah diakses sebelumnya.

Tapi di sisi lain file cache juga dapat membuat kapasitas memori penyimpanan (hardisk) laptop dan komputer menjadi berkurang, karena file yang dikumpulkan dari beberapa software biasanya membutuhkan media penyimpanan data yang cukup besar.

Jika hal ini terus dibiarkan, maka file cache akan menumpuk dan itu bisa membuat media penyimpanan pada PC kita menjadi sempit sehingga dapat memperlambat proses booting, terutama pada laptop dan komputer dengan media penyimpanan yang kecil.

Cara Menghapus Atau Membersihkan File Cache Laptop Dan Komputer (PC) Pada Windows 7, 8, 8.1 & 10

1. Cara Menghapus File Cache Laptop Di Root Folder Temporary File
Cara Menghapus File Cache Laptop Di Root Folder Temporary File
Untuk cara pertama kita bisa menggunakan fitur Windows Run, dengan tool ini kita bisa menggunakan perintah tertentu dalam melakukan sesuatu, contohnya saja untuk menuju ke folder temporary file secara langsung seperti berikut ini.

Klik tombol "Start/Windows" kemudian pilih "All Programs" lalu pilih "Accessories" dan klik "Run" atau bisa langsung dengan shortcut "Windows + R". Setelah itu kalian ketik perintah "%temp%" kemudian akan muncul pop up window File Explorer yang menuju ke "C:\Users\Admin\AppData\Local\Temp". Lalu silahkan kalian hapus semua file cache yang kalian inginkan.

Masih ada root folder lain yang menyimpan file cache di windows yang bernama "Temp", untuk akses menuju kesana silahkan ketik perintah "Temp" atau langsung saja menuju ke "C:\Windows\Temp" melalui File Explorer pada windows.

2. Cara Menghapus File Cache Laptop Menggunakan Tool Disk CleanUp
Cara Menghapus File Cache Laptop Menggunakan Tool Disk CleanUp
Dengan memakai tool bawaan dari windows ini maka kita bisa menghapus semua file cache yang ada pada laptop kita dengan mudah, seperti menghapus cache thumbnail foto dan video, internet dan lain lain.

Untuk Cara Menghapus File Cache Laptop Menggunakan Tool Disk CleanUp silahkan ikuti langkah langkah berikut:
1. Klik tombol "Start/Windows > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup".
2. Kemudian kalian pilih lokasi partisi hardisk yang ingin kalian bersihkan dan klik "OK".
3. Lalu tunggu proses scanning hingga selesai dan pilih file cache yang hendak dihapus dengan memberi tanda centang dan klik perintah "Clean Up System Files".

Baca juga:

3. Cara Membersihkan File Cache Laptop Menggunakan CCleaner
Cara Membersihkan File Cache Laptop Menggunakan CCleaner
Selain memakai tool bawaan windows, kita juga bisa membersihkan file sampah menggunakan software pihak ketiga yang bernama CCleaner, kalian bisa mendownloadnya di internet dengan keyword "Download CCleaner" di google maka akan muncul banyak sekali situs yang menyediakan aplikasi tersebut.

Jika kalian sudah mendownloadnya maka selanjutnya adalah dengan menginstalnya dan menjalankannya, setelah masuk ke menu "Cleaner/Pembersih" dan beri tanda centang pada semua sistem dan aplikasi yang hendak dihapus file cachenya, dan klik "Run Cleaner" untuk memulai penghapusan file cache yang ada di laptop atau komputer.

4. Cara Membersihkan Cache Laptop Pada Browser (Google Chrome)
Cara Membersihkan Cache Laptop Pada Browser (Google Chrome)
Setiap software (program aplikasi) yang terinstal dan pernah kamu jalankan pada laptop atau komputer kamu secara otomatis akan membuat file temporary sendiri, termasuk juga dengan aplikasi browser yang digunakan untuk mengakses website di internet.

Untuk menghapus file cache pada browser sangatlah mudah, berikut ini caranya:
1. Buka browser (Google Chrome) kalian terlebih dahulu, kemudian pilih menu "Settings".
2. Selanjutnya pergi ke submenu "Privacy and Security" dan pilih "Clear Browsing Data".
3. Kemudian silahkan kalian atur opsi penghapusan file cache tersebut dan klik tombol "Clear Data" untuk memulai penghapusan file cache pada browser tersebut.

Itulah tutorial singkat mengenai Cara Menghapus Atau Membersihkan File Cache Di Laptop Dan Komputer (PC) yang dapat saya tunjukkan kepada kalian semua, semoga bermanfaat.

Comments