3 Cara Cek Spesifikasi Laptop & Komputer Windows Lengkap

No Comment Wednesday, July 01, 2020
3 Cara Cek Spesifikasi Laptop & Komputer Windows Lengkap - Sebelum membeli sebuah barang elektronik seperti laptop, komputer atau hp baik yang baru ataupun bekas, alangkah baiknya jika mengecek atau melihat spesifikasinya terlebih dahulu dengan begitu kita tidak akan merasa menyesal setelah membelinya.

Untuk cara mengecek spesifikasi komputer terutama yang memakai sistem operasi windows, maka kalian bisa melihat tutorialnya di bawah ini.

Baca juga:

Cara Melihat Atau Mengecek Spesifikasi Laptop Dan Komputer (PC) Lengkap Pada OS Windows 7, 8 dan 10


1. Mengecek Spesifikasi Laptop/Komputer Melalui Control Panel
Mengecek Spesifikasi Laptop/Komputer Melalui Control Panel
Untuk cara pertama yang dapat kita lakukan adalah bisa melalui menu yang ada di dalam control panel, meskipun data yang disajikan nanti sangatlah sedikit tapi ini juga sangat membantu untuk cek spesifikasi PC kita.

1. Silahkan masuk ke menu control panel dengan cara "Klik Start Button" dan pilih "Control Panel".
2. Setelah itu pilih "System and Security".
3. Selanjutnya pilih menu "System".

Atau bisa juga dengan metode singkat, yaitu dengan cara "Klik Start Button" lalu "Klik kanan pada Computer" kemudian pilih "Properties".

Dalam tampilan jendela tersebut kalian akan ditunjukkan data singkat mengenai spesifikasi laptop dan komputermu, seperti sistem operasi windows versi dan tipe berapa, Prosessor dan jumlah memori RAM.

2. Mengecek Spesifikasi Laptop Dan Komputer Melalui Windows Run
Mengecek Spesifikasi Laptop Dan Komputer Melalui Windows Run
Selain melalui control panel, kita juga bisa menggunakan fitur windows run administrator. Dengan fitur ini kita nantinya akan membuka sebuah jendela baru untuk melihat data spesifikasi PC kita lebih lengkap dari control panel.

1. Klik "Start Button" lalu pilih "All Program > Accessories" kemudian pilih tool "Run atau Windows Run".
Atau bisa juga dengan shortcut keyboard Windows + R.
2. Setelah muncul jendela Run maka silahkan kalian ketik dxdiag pada form tersebut dan klik "Ok".
3. Maka setelah itu akan muncul jendela baru yang bernama DirectX Diagnostic Tool yang dimana akan menampilkan beberapa data sepesifikasi PC kalian seperti Sistem, Grafis dan lainnya.

3. Mengecek Spesifikasi Laptop Atau Komputer Melalui Software CPU-Z
Mengecek Spesifikasi Laptop Atau Komputer Melalui Software CPU-Z
Selain memakai tool bawaan dari OS Windows, kita juga dapat menggunakan software pihak ketiga seperti CPU-Z untuk melakukan cek spesifikasi pada laptop dan komputer kita.

1. Download software CPU-Z melalui situs https://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html
2. Instal software tersebut.
3. Buka software tersebut, maka secara langsung kalian akan disajikan data data lengkap tentang spesifikasi hardware dan software laptop ataupun komputer (PC) kalian.

Demikianlah tutorial singkat mengenai 3 Cara Cek Spesifikasi Laptop & Komputer Windows Lengkap. Apabila kalian memiiki cara lain yang lebih mudah, maka kalian bisa membagikan tutorialnya melalui kolom komentar.

Comments