Keutamaan Dan Manfaat Puasa Di Bulan Ramadhan

No Comment Friday, May 15, 2020
Keutamaan Dan Manfaat Puasa Di Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang ditunggu tunggu oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia untuk mendapatkan pahala sebesar besarnya, karena di bulan suci ramadhan ini keimanan dan ketakwaan seorang muslim akan diuji dengan melakukan ibadah puasa wajib.

Dan apabila semua orang mengetahui keutamaan dan manfaat dari puasa ramadhan maka niscaya kita semua pasti akan menjalankan puasa ramadhan dengan bersungguh-sungguh tanpa ada yang terlewat.

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan
Berdoa pada malam Lailatul Qadar | Pixabay
Bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang tidak dimiliki pada bulan lainnya karena bulan ini sangat istimewa dan dianggap suci bagi kaum muslim, berikut ini adalah keutamaan bulan ramadhan beserta dalilnya.

1. Bulan Diturunkannya Kitab Suci Al-Qur'an
Pada bulan suci ramadhan ternyata ada peristiwa yang sangat penting yaitu terjadinya diturunkan Al-Qur'an kepada baginda nabi Muhammad Saw umat untuk dijadikan sebagai pedoman dan petunjuk bagi seluruh umat manusia supaya bisa membedakan antara yang benar dan batil.

Oleh karena itu bulan ini disebut sebagai Syahrul Quran (Bulan Al-Qur'an) dan peristiwa ini disebut dengan Nuzulul Quran. Adapun firman Allah Swt di dalam Al-quran menjelaskan yang artinya:
"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)." (QS. Al-Baqarah: 185)
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam qadar" (QS. Al-Qadr: 1)

2. Malam Lailatul Qadar
Keutamaan bulan puasa ramadhan juga terletak pada saat 10 malam terakhir, di mana pada masa tersebut ada kemuliaan dan keberkahan yang tidak dapat kita temukan pada bulan lainnya yaitu malam Lailatul Qadar atau malam ini bisa dikatakan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan karena semua amalan pahala yang dilakukan pada waktu tersebut akan berlipat ganda.

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS.Al-Qadr:1-3)

Jadi pada 10 malam terakhir bulan ramadhan kita harus berlomba-lomba untuk memperbanyak beribadah dan beramal baik seperti Sholat Tarawih, Sholat Tahajjud, Tadarus Quran dan ibadah lainnya.

3. Bulan Yang Penuh Pengampunan Dosa
Bulan puasa ramadhan bukan hanya sebagai ladang untuk mencari pahala dan keberkahan saja, tetapi pada bulan ini dosa kita yang berlalu juga diberi ampunan oleh Allah selama kita menjauhi dosa besar.

Nabi saw bersabda yang artinya:
"Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi." (HR. Muslim)

Bahkan dalam sebuah hadist dikatakan bahwa seseorang yang mengerjakan sholat tarawih, witir dan tahajjud maka dosa orang tersebut dihapus oleh Allah.
"Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan qiyam Ramadhan (shalat malam) dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat berpuasa ramadhan bagi kesehatan tubuh manusia | Pixabay PublicDomainPictures
Berpuasa dalam ilmu islam bisa menyehatkan tubuh manusia, dan ternyata dalam dunia ilmu kedokteran hal ini memang terbukti adanya bahwa orang yang berpuasa maka tubuhnya akan senantiasa sehat. Berikut ini adalah beberapa manfaat puasa ramadhan untuk kesehetan tubuh:

1. Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat
Manfaat puasa ramadhan yang pertama ialah dapat menjaga kesehatan jantung. Pada saat kita menjalankan ibadah puasa maka organ dalam tubuh kita akan mengalami proses peningkatan HDL dan penurunan LDL, dari hasil penelitian di dunia kedokteran hal semacam ini bisa membuat jantung kita semakin sehat.

2. Mendapatkan Ketenangan
Puasa tidak hanya soal untuk menahan lapar dan dahaga, melainkan kita juga diwajibkan untuk menahan amarah. Menahan amarah atau emosi ternyata dapat memberikan ketenangan batin dan jiwa, dengan kondisi tersebut maka akan membuat psikologis kita menjadi lebih tenang.

Dengan keadaan tersebut maka dapat menurunkan kadar adrenalin pada tubuh sehingga dapat mengurasi resiko terjadinya penyakit berbahaya seperti Jantung Koroner, Stroke, Penyakit Pembuluh Darah dan lain lain.

3. Kekebalan Tubuh Meningkat
Ternyata berpuasa juga bisa meningkatkan daya kekebalan tubuh karena pada saat seseorang menjalankan puasa maka tubuhnya akan mengalami peningkatan Limfosit yang cukup signifikan, hal tersebut ternyata sangat mempengaruhi sistem imunitas pada tubuh manusia.

Pada saat berpuasa organ pada tubuh kita juga akan mengurangi tugas atau kinerja pada organ pencernaan, sehingga organ tersebut bisa beristirahat dari kebiasaan tubuh kita saat mencerna makanan yang secara terus menerus setiap harinya, sehingga hal tersebut bisa membuat lambung, ginjal, usus dan organ pencernaan lainnya menjadi normal.

Baca juga:

Ternyata banyak sekali keutamaan dan manfaat puasa ramadhan yang bisa kita dapatkan, bukan hanya mendatangkan berkah pahala saja, tetapi ternyata juga bisa menyehatkan jasmani dan rohani kita.

Semoga dengan mengetahui hikmah dan manfaat tersebut kita dapat termotivasi untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan ini dengan khusyuk dan lancar, sehingga kita dapat berusaha semaksimal mungkin mendapatkan semua keberkahan yang ada di dalamnya, Aamiin.

Referensi :
  • 15 Mei 2020 https://merahputih.com/post/read/manfaat-hikmah-puasa-bulan-ramadhan
  • 15 Mei 2020 http://www.unpad.ac.id/rubrik/keutamaan-bulan-ramadhan

Comments