5 Amalan Utama Yang Dianjurkan Pada Bulan Ramadhan

No Comment Monday, May 18, 2020
Amalan Utama Yang Dianjurkan Pada Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa yang penuh dengan kemuliaan karena bulan ini membawa berkah bagi umat muslim untuk menjadi orang yang lebih beriman dan bertaqwa, karena pada bulan ini semua amal kebaikan yang kita lakukan mendapatkan ganjaran yang lebih seperti hadist berikut:

"Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan sampai 700 kali lipat. Allah Azza wa Jalla  berfirman, "Kecuali puasa, sungguh dia bagianku dan Aku sendiri yang akan membalasnya, karena (orang yang berpuasa) dia telah meninggalkan syahwatnyadan makannya karena Aku".
Bagi orang yang berpuasa mendapat dua kegembiraan; gembira ketika berbuka puasa dan gembira ketika berjumpa Tuhannya dengan puasanya. Dan sesungguhnya bau tidak sedap mulutnya lebih wangi di sisi Allah dari pada bau minyak kasturi." (HR. Bukhari dan Muslim)

Amalan Utama Yang Sangat Dianjurkan Untuk Dilakukan Saat Bulan Suci Ramadhan

Amalan Utama Yang Dianjurkan Pada Bulan Ramadhan
Siluet seorang muslim sedang berdoa | Uihere

1. Berpuasa
Amalan utama yang paling utama dan paling penting adalah kita diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa seperti yang dijelaskan pada firman Allah Swt yang artinya seperti berikut:
"Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa." (QS. Al-Baqarah: 183)

Bahkan puasa juga pernah disampaikan oleh Jabir bin Abdillah pada hadist yang berbunyi
"Jika Anda berpuasa, maka puasakan juga pendengaran, penglihatan, dan lisanmu dari dusta dan hal-hal lain yang dilarang. Tinggalkan perbuatan yang dapat menyakiti pelayan, dan bersikaplah yang lembut dan tenang pada hari puasamu. Jangan samakan antara hari saat berpuasa dan saat tidak berpuasa" (HR. al-Baihaqi No. 3374 dan Ibn Aby Syaibah No.8880)

Beliau berkata demikian untuk mengingatkan kita bahwa puasa bukan hanya untuk menahan lapar dan dahaga, melainkan kita juga harus bisa mengendalikan diri dan hawa nafsu kita dari perbuatan maksiat.

2. Beribadah Di Malam Lailatul Qadar
Pada bulan ramadhan terdapat sebuah malam yang diistimewakan oleh Allah Swt, yaitu malam lailatul qadar yang dimana malam ini dikatakan malam yang lebih baik dari seribu bulan, jadi setiap ibadah yang kalian lakukan di malam ini pahalanya akan dilipatkgandakan dan diibaratkan seperti beribadah selama seribu bulan.

Allah berfirman dalam surat Al-Qadr yang artinya:
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS. Al-Qadr:1-3)

Rasulullah saw bersabda yang artinya:
"Dan siapa shalat pada Lailatul Qadar atas dasar iman dan mengharap pahala, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari No. 1802 dan Muslim No. 760)

Dari hadist di atas dapat disimpulkan bahwa jika kita melakukan amalan kebaikan di malam lailatul qadar, kita bukan hanya dapat pahala saja tetapi dosa kita juga diampuni oleh Allah Swt.

Oleh sebab itu pada sepuluh malam terakhir bulan ramadhan kita harus lebih giat untuk beribadah dan memperbanyak amalan kebaikan untuk mendapatkan berkah dari malam Lailatur Qadar ini seperti melakukan Sholat Tahajjud, Tadarus dan I'tikaf.

Nabi Muhammad Saw menyuruh para sahabatnya agar memburu Lailatul Qadar dengan sabdanya:
"Sesungguhnya aku telah melihat lailatul qadar, saya lupa (kapan kajadiannya) atau aku sengaja dibuat lupa (oleh Allah). Karena itu maka carilah (burulah) lailatul qadar pada sepuluh hari terakhir pada tanggal yang ganjil" (HR. Muslim No.2829)

3. Tadarus 
Dalam bulan ramadhan inilah Al-Qur'an di turunkan kepada baginda nabi Muhammad Saw melalui malaikat Jibril, dan pada bulan ini pula kita sangat dianjurkan untuk membaca, menghafal, memahami dan juga mengamalkan isi yang ada di dalam Al-Qur'an.

Adapun firman Allah Swt yang artinya:
"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)." (QS. Al-Baqarah: 185)

4. Bersedekah
Amalan selanjutnya yang dianjurkan pada bulan ramadhan adalah bersedekah atau shadaqah, amalan shadaqah yang dapat kalian lakukan adalah memberikan ifthar (makanan untuk berbuka puasa) pada orang yang berpuasa karena pahalanya sangat besar.

Dari Zaid bin Khalid al-Juhani, bahwasanya Nabi Muhammad Saw bersabda:
"Barangsiapa yang memberi ifthar kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut" (HR. Ahmad, Turmudzi dan Ibnu Majah). Al-Albani: hadis ini shahih. (Shahih al-Jami’al-Shaghir, II/1095)

Adapun sedekah yang dapat kalian lakukan seperti infaq, zakat dan sedekah jariyah.
Baca juga:

5. Sholat Tarawih Dan Witir
Sholat Tarawih dan Witir merupakan ibadah sunnah dan ternyata amalan ini memiliki keistimewaan yang luar biasa, oleh karena itu para ulama telah sepakat bahwa amalan sholat tarawih ini disyariatkan.

Dari Abu Hurairah r.a. berkata:
"Rasulullah SAW menganjurkan (shalat) qiyami Ramadhan kepada mereka (para shahabat), tanpa perintah wajib. Beliau bersabda: Barangsiapa mengerjakan (shalat) qiyami Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Muslim No.1816)

Demikian informasi mengenai Amalan Utama Yang Dianjurkan Pada Bulan Ramadhan yang dapat kita kerjakan di bulan suci ramadhan ini. Semoga kita kita dapat mengerjakan semua amalan kebaikan tersebut dan memperoleh semua berkah dari bulan suci ramadhan ini.

Comments