Cara Mengatasi Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Memuat Efek

No Comment Sunday, August 14, 2022
Daftar Isi
Penyebab Dan Cara Mengatasi Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Memuat Efek - Filter merupakan salah satu fitur untuk membuat konten video story dan reels di aplikasi Instagram menjadi lebih menarik.

Dengan memakai filter yang ada di Instagram, para pengguna dapat membuat video menarik dengan menambahkan berbagai macam efek unik di dalamnya. Sehingga fitur ini sangat berguna sekali untuk pengguna yang ingin membuat konten kreatif.

Selain itu, para pengguna juga dapat membuat filter Instagram sendiri dan membagikannya kepada pengguna Instagram yang lain.

Baca juga:

Kenapa Filter IG Tidak Bisa Digunakan Di Perangkat Anda? Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Bisa Memuat Efek

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Memuat Efek
Contoh tampilan penggunaan efek filter Instagram
Meskipun filter Instagram dapat digunakan secara bebas dan gratis, ternyata ada banyak pengguna yang mengalami masalah IG tidak bisa memuat efek filter.

Untuk itu pada halaman ini admin vuiral.com akan menjelaskan mengenai penyebab mengapa efek IG tidak bisa memuat efek beserta cara mengatasinya.

Penyebab Kenapa Filter Instagram Tidak Mau Muncul

Apabila kalian mengalami masalah Instagram tidak bisa memuat efek, maka ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab kenapa filter IG tidak bisa digunakan di perangkat anda. Dan berikut ini adalah penyebabnya:
  1. Jaringan internet yang buruk.
  2. Belum mengupdate aplikasi Instagram.
  3. Aplikasi yang kalian gunakan Instagram telah mengalami bug.
  4. Cache aplikasi Instagram terlalu banyak atau penuh.
  5. Data server Instagram sedang mengalami gangguan ataupun meintenance.

Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Bisa Memuat Efek

Setelah mengetahui penyebab IG tidak bisa memuat efek, maka langkah selanjutnya yaitu kita harus mencari solusinya.

Dan di bawah ini ada beberapa solusi untuk cara mengatasi filter Instagram yang tidak muncul. Jadi, silakan coba pilih solusi sesuai dengan masalah yang sedang kalian alami.

1. Cek Jaringan Internet HP Kamu
Sinyal internet yang tidak stabil atau gangguan jaringan dapat menjadi penyebab kenapa tidak bisa memuat efek di Instagram. Sebab untuk memakai filter atau efek IG perangkat kita harus terhubung ke internet secara realtime.

Apabila kalian menggunakan internet dari paket data, maka kalian bisa merestart jaringan internet dengan mengaktifkan mode pesawat 1 menit kemudian mengaktifkan jaringan kembali. Namun jika kalian menggunakan Wifi rumah, maka silakan restart Wifi tersebut.

Tetapi apabila gangguan sinyal berasal dari penyedia jaringan, maka tunggu sampai jaringan tersebut pulih. Atau bisa juga menghubungi customer service untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

2. Restart HP Kamu
Memulai ulang atau restart HP merupakan salah satu cara mengatasi filter Instagram (IG) tidak bisa memuat efek yang paling mudah untuk dilakukan.

Dan cara tersebut juga telah menjadi solusi umum untuk mengatasi beberapa permasalahan kecil pada HP, termasuk masalah gagal memuat efek Instagram di iPhone dan Android.

3. Paksa Berhenti Aplikasi Instagram
Jika kita menggunakan sebuah aplikasi terlalu lama tanpa jeda, maka biasanya aplikasi tersebut akan mengalami bug atau eror. Hal ini juga bisa menjadi penyebab kenapa efek IG tidak bisa memuat efek padahal sinyal bagus.

Untuk mengatasinya, kita bisa memaksa berhenti aplikasi Instagram lalu membukanya kembali. Fungsi paksa berhenti aplikasi ini bertujuan untuk merefresh aplikasi Instagram.
  1. Pertama, buka menu "Setelan" atau "Pengaturan" di HP kamu.
  2. Berikutnya kalian cari menu "Manajemen Aplikasi", lalu pilih "Daftar Aplikasi".
  3. Selanjutnya kalian cari aplikasi "Instagram".
  4. Kemudian kalian cari dan pilih tombol "Paksa Berhenti" untuk menghentikan aplikasi Instagram.
  5. Setelah itu kalian buka kembali aplikasi Instagram dan coba filter IG yang ingin kalian gunakan.

4. Menghapus Cache Aplikasi Instagram
Kemungkinan selanjutnya yang alasan kenapa filter Instagram tidak muncul padahal sudah di upgrade yaitu karena cache aplikasi Instagram yang telah menumpuk.

Kita semua tentu sudah tau kalau aplikasi yang memuat konten foto dan video pasti membutuhkan memori internal HP yang besar. Sebab jenis aplikasi seperti itu akan menghabiskan banyak memori untuk menyimpan data dan cache.

Apabila memori internal penuh akibat cache, maka itu bisa membuat gagal memuat efek Instagram di iPhone dan Android. Untuk itu kita harus menghapus cache Instagram ataupun junk file di HP.
  1. Buka menu "Pengaturan" di HP kamu untuk membuka "Manajemen aplikasi".
  2. Selanjutnya kalian cari aplikasi "Instagram".
  3. Setelah itu pilih menu "Penggunaan Penyimpanan".
  4. Terakhir, pilih tombol "Hapus Cache" atau "Clear Cache".

5. Menghapus Data Aplikasi Instagram
Cara mengatasi kenapa filter Instagram tidak bisa memuat efek berikutnya ialah dengan menghapus data aplikasi. Apabila kalian mengalami gagal menggunakan efek ini di perangkat anda iPhone dan Android, maka menghapus data aplikasi bisa menjadi solusi yang efektif.

Dengan menghapus data aplikasi Instagram maka hal itu akan membuat semua pengaturan aplikasi Instagram kembali seperti semula, termasuk menghapus data yang membuat filter IG menjadi eror.

Perhatian:
Menghapus data aplikasi Instagram maka akan membuat akunmu dihapus dari perangkat, sehingga kalian harus login ulang.
Cara mengatasi kenapa filter Instagram tidak bisa memuat efek
Cara mengatasi filter Instagram yang tidak muncul dengan menghapus data aplikasi
  1. Pertama, bukalah menu "Pengaturan" di HP kamu, lalu buka "Manajemen aplikasi".
  2. Selanjutnya kalian cari aplikasi "Instagram".
  3. Berikutnya kalian pilih menu "Penggunaan Penyimpanan".
  4. Setelah itu kalian pilih tombol "Hapus Data" dan ketuk "Oke".

6. Sisakan Ruang Penyimpanan Internal Perangkat
Penyebab selanjutnya kenapa filter IG tidak bisa digunakan di perangkat anda yaitu bisa jadi dikarenakan oleh memori internal yang penuh.

Sehingga cara agar efek Instagram bisa digunakan kembali yaitu kalian harus menyisakan ruang memori internal. Paling tidak harus ada memori internal yang tersisa 1GB pada perangkat tersebut untuk menyimpan data dan cache Instagram.

Baca juga:

7. Update Aplikasi Instagram Yang Terbaru
Cara mengatasi kenapa filter Instagram tidak mau muncul
Cara mengatasi gagal menggunakan efek ini di perangkat anda dengan update aplikasi
Kenapa efek Instagram tidak didukung di perangkat anda? Hal ini mungkin dikarenakan beberapa efek IG tersebut hanya bisa digunakan pada aplikasi Instagram versi terbaru.

Selain itu, mengupdate aplikasi Instagram menjadi yang terbaru juga bisa menghilangkan bug yang telah diperbaiki oleh pihak developer aplikasi.

8. Pasang Ulang Aplikasi Instagram
cara mengatasi IG tidak bisa memuat efek yang selanjutnya yaitu dengan memasang ulang atau re-install aplikasi Instagram. Untuk melakukannya, kalian hanya perlu mencopot aplikasi Instagram dari HP kamu kemudian memasangnya kembali dari Google Play Store ataupun App Store.

Itulah informasi lengkap yang berisi tentang Penyebab Dan Cara Mengatasi Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Memuat Efek. Selamat mencoba dan semoga informasi ini dapat memberikan solusi terbaik atas masalah Instagram yang sedang kalian alami.
Promo Menarik
Thumbnail
Tinta Printer Epson Kemasan Terbaru
Rp20.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
SoftCase HP Aesthetic Murah Untuk Merek Vivo, Oppo, Samsung, Realme
Rp18.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Baju Wanita Muslim - DRESS AYU bahan katun apel - gamis - homey dress - gamis wanita - gamis busui - dress - dress muslim - gamis muslim - dress wanita - dress menyusui
Rp60.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Tas Selempang Wanita Sophie Fairiese T3036P3 Esmonia Lopper Hardware Gold Original Seri E1416 U2R2
Rp45.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Sandal Wanita Modis Hak Tahu Kepang Terlaris
Rp.40.0000 RpXX.000
Cek disini

Comments

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]