Cara Mengaktifkan ShopeePay Dan Cara Verifikasi ShopeePay Plus

No Comment Monday, April 11, 2022
Cara Mengaktifkan ShopeePay Dan Cara Verifikasi ShopeePay Plus Agar Tidak Gagal - Seperti yang kita ketahui bahwa Shopee merupakan salah satu marketplace yang paling populer digunakan di Indonesia. 

Untuk melakukan transaksi jual beli online biasanya menggunakan saldo ATM, E-Wallet, serta tagihan di Indomaret/Alfamart. Meski begitu, pihak marketplace Shopee juga menyediakan fitur dompet digital yang bernama ShopeePay untuk memudahkan penggunanya dalam bertransaksi online.

Apa itu ShopeePay? ShopeePay adalah dompet digital (e-wallet) yang berguna sebagai metode pembayaran yang biasa dipakai dalam aplikasi marketplace Shopee.

Untuk menggunakan fitur ShopeePay yang di Shopee, maka si pengguna harus membuat akun di Shopee dan mengaktifkan akun ShopeePay di dalamnya.

Baca juga:

Cara Mengaktifkan ShopeePay Tanpa Verifikasi KTP Dan Kitas. Beserta Cara Verifikasi ShopeePay Plus (Premium) Agar Tidak Gagal


Untuk kalian yang masih belum mengetahui cara daftar shopeepay, maka kalian dapat mengikuti panduan berikut untuk melakukannya.

Cara Mengaktifkan ShopeePay Tanpa Verifikasi KTP Dan Kitas

Berikut adalah tutorial untuk cara mengaktifkan ShopeePay tanpa verifikasi KTP dan Kitas yang bisa dicoba oleh semua orang.

1. Buka aplikasi Shopee dan login kedalam akun Shopee milikmu.
2. Buka menu "Saya" atau ikon "Profil", lalu pilih menu ShopeePay.
Cara Mengaktifkan ShopeePay Dan Cara Verifikasi ShopeePay Plus

3. Beri tanda centang pada "Dengan melanjutkan, saya setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku" dan ketuk tombol "Lanjutkan" untuk mendaftar ShopeePay.

4. Silakan cek SMS masuk dari Shopee. Setelah itu masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor HP yang kamu daftarkan untuk membuat akun Shopee. Lalu pilih tombol "Lanjutkan".

5. Buatlah kode PIN untuk mengamankan akun ShopeePay milikmu. Lalu masukkan kembali PIN tersebut untuk verifikasi kode PIN.
Cara Mengaktifkan ShopeePay Tanpa Verifikasi KTP Dan Kitas
Cara mengaktifkan ShopeePay tanpa verifikasi KTP dan Kitas telah berhasil dibuat
6. Apabila HP kamu mendukung fitur fingerprint, maka kalian bisa mengaktifkan Autentikasi Biometrik dengan memilih "Gunakan Biometrik". Jika tidak, pilih "Atur Nanti".

7. Selamat, akun ShopeePay milikmu telah berhasil dibuat.

Demikianlah panduan untuk cara daftar ShopeePay tanpa KTP dan Kitas di Shopee yang bisa kalian coba.

Baca juga:

Cara Verifikasi ShopeePay Plus Agar Tidak Gagal

Buat kalian yang mencari cara daftar ShopeePay Plus di Shopee, maka kalian bisa mengikuti cara verifikasi ShopeePay agar tidak gagal berikut ini.

1. Buka aplikasi Shopee dan buka halaman ShopeePay.
2. Ketuk tulisan "Verifikasi Sekarang" pada notifikasi Verifikasi Kartu Identitasmu. Atau bisa juga dengan ketuk ikon "ShopeePay Plus".
Cara Verifikasi ShopeePay Plus Agar Tidak Gagal

3. Cara verifikasi ShopeePay agar tidak gagal yang selanjutnya ialah dengan mengetuk tombol "Upgrade Sekarang" untuk melanjutkan verifikasi.

4. Setelah pilih Tipe Identitas KTP atau KITAS sesuai dokumen yang kamu miliki. Di sini saya pilih dokumen KTP.
Cara Verifikasi ShopeePay Plus Agar Tidak Gagal 2
Tips Untuk Cara Verifikasi ShopeePay Agar Tidak Gagal
Ketuk "Ambil Foto" Bagian Depan KTP:
  • Foto KTP harus berada dalam area foto.
  • Pastikan KTP tidak tertutup apapun.
  • KTP harus terlihat jelas dan mudah dibaca.
  • KTP harus asli dan tidak dimodifikasi dalam bentuk apapun.
  • Pastikan hasil foto KTP tidak terlalu terang ataupun gelap yang bisa membuat kualitas foto berkurang.

Ketuk "Ambil Foto" Foto Diri Dengan KTP:
  • Ambil foto dirimu sambil memegang KTP.
  • Pastikan kamu berada di tempat dengan pencahayaan yang cukup, tidak terlalu silau ataupun gelap. Supaya data KTP dapat dibaca dengan jelas.
  • Seluruh wajah harus terlihat jelas tanpa memakai masker atau aksesoris lain. Kecuali kacamata plus/minus, (kacamata hitam tidak diperbolehkan).
  • Pastikan KTP harus terlihat jelas, terutama pada bagian NIK dan Nama KTP.
  • Fotomu harus asli dan tidak dimodifikasi dalam bentuk apapun.

Setelah mengambil foto KTP dan foto selfie dengan KTP. Silakan ketuk tombol "Konfirmasi" untuk lanjut.

5. Cara verifikasi ShopeePay agar tidak gagal yang selanjutnya yaitu kalian harus mengisi formulir "Informasi Pribadi" seperti Nama Lengkap, NIK, Kewarganegaraan, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Alamat Lengkap sesuai dengan KTP.
Cara Verifikasi ShopeePay Plus Agar Tidak Gagal 3
Untuk cara mengisi alamat di Shopee, kalian bisa mengisinya lebih rinci lagi asalkan data RT/RW, Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten sama seperti yang ada di KTP. Sehingga kamu bisa memakai alamat yang sering kamu pakai untuk menerima paket dari Shopee.
Untuk opsi "Pekerjaan" bisa diisi berbeda yang ada di KTP. Sehingga kamu bisa mengisinya sesuai dengan pekerjaan yang kamu miliki saat ini.

Setelah semua data sudah siap, pilih tombol "Konfirmasi" untuk melanjutkan.

6. Selanjutnya kalian tinjau kembali data yang kalian gunakan untuk cara verifikasi ShopeePay agar tidak gagal.
Apabila semua data tersebut sudah benar dan tidak ada yang salah, silakan beri tanda centang pada "Saya menyetujui syarat dan ketentuan" dan ketuk tombol "Konfirmasi" untuk selesai.

7. Setelah itu akan muncul notifikasi bahwa informasi verifikasi ShopeePay telah berhasil dikirim. Ketuk "OK" untuk menutupnya.

Berikut ini tampilan notifikasi jika akun ShopeePay kita terlah berhasil diverifikasi oleh pihak Shopee.
Hasil Cara Mengaktifkan ShopeePay Dan Cara Verifikasi ShopeePay Plus
Hasil cara mengaktifkan ShopeePay dan cara verifikasi ShopeePay Plus

Pertanyaan Umum Seputar Cara Verifikasi ShopeePay Agar Tidak Gagal

  1. Apakah ShopeePay berbayar? Tidak. Untuk membuat akun ShopeePay biasa (tanpa verifikasi) dan ShopeePay Plus (Premium) tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.
  2. Apakah bisa cara verifikasi ShopeePay tapi belum punya KTP elektronik? Bisa, asalkan kalian memiliki Surat Keterangan Pengganti Identitas (KITAS) dari Pemerintah.
  3. Apakah ada cara verifikasi ShopeePay tanpa KTP? ada, yaitu dengan kartu SIM (Surat Izin Mengemudi). Tetapi persetujuan terhadap dokumen selain KTP/KITAS tergantung pada kebijakan Shopee.
  4. Apakah bisa cara verifikasi ShopeePay dengan kartu pelajar? Jawabannya tidak, karena dompet digital bukan untuk bocil di bawah umur yang tidak tau masalah keuangan.
  5. Berapa lama proses peninjauan untuk verifikasi ShopeePay? Dari pengalaman saya sih tidak sampai 1 jam sudah diverifikasi oleh pihak Shopee. Supaya cepat, pastikan kalian verifikasi di hari dan jam kerja (08:00-14:00) paling bagus. Jangan verifikasi di hari libur, sebab itu dapat memperlambat proses verifikasi.
  6. Bagaimana cara menggunakan ShopeePay untuk pemula? Gampang, kalian hanya perlu isi saldo ShopeePay terlebih dahulu, jika sudah ada saldonya maka kamu bisa menggunakannya sebagai metode pembayaran di Shopee.

Keuntungan Dari Cara Verifikasi ShopeePay Plus (Premium)

  1. Menyimpan saldo ShopeePay hingga Rp10.000.000.
  2. Mengirim saldo ShopeePay ke teman.
  3. Melakukan transfer ke Bank dari ShopeePay.
  4. Mendapatkan promo khusus pengguna ShopeePay Plus.

Itulah panduan lengkap tentang Cara Mengaktifkan ShopeePay Dan Cara Verifikasi ShopeePay Plus Agar Tidak Gagal yang dapat saya tunjukkan kepada kalian.

Semoga dengan adanya tutorial cara daftar ShopeePay plus tersebut, hal ini dapat membantu kalian yang kesulitan saat membuat akun ShopeePay.

Comments

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]