Gambar Nama Posisi Pemain Futsal Dan Tugasnya Lengkap

No Comment Wednesday, September 22, 2021
Contoh Gambar Nama Posisi Pemain Futsal Dan Tugasnya Lengkap - Cara bermain futsal sangat mirip dengan permainan sepak bola karena si pemain harus memasukkan bola kedalam gawang lawan dengan menyundul, menendang ataupun menggiring bola untuk mencetak gol.

Walaupun begitu, terdapat juga beberapa perbedaan pada istilah nama-nama posisi pemain futsal dan juga pada peraturan jumlah pemain futsal.

Pemain futsal dimainkan oleh berapa orang?. Dan bagaimanakah susunan pemain futsal?. Apa saja tugas pemain futsal ketika bermain di lapangan?. Berikut ini penjelasannya.

Baca juga:

Contoh Gambar Nama Posisi Pemain Futsal Dan Tugasnya Secara Lengkap

Contoh Gambar Nama Posisi Pemain Futsal Dan Tugasnya Secara Lengkap
Contoh gambar nama-nama posisi pemain futsal lengkap

Macam-Macam Nama Posisi Pemain Futsal Dan Tugasnya

Perlu kalian ketahui, bahwa jumlah pemain futsal terdiri dari 5 pemain inti untuk bermain di lapangan dan maksimal 7 pemain cadangan, sehingga total untuk setiap timnya maksimal 12 orang.

Sedangkan untuk nama posisinya dibagi menjadi 4 bagian, yaitu Kiper, Anchor, Flank dan Pivot. Dan berikut ini adalah macam-macam tugas pemain futsal.

1. Kiper
Kiper atau yang bisa disebut dengan penjaga gawang merupakan sebutan bagi pemain yang menempati posisi barisan yang paling belakang dan berada di sekitar gawang.

Tugas kiper yaitu menjaga pertahanan gawangnya dengan menangkap atau menangkis semua bola yang mengarah ke gawang supaya lawan tidak mencetak gol.

Adapun beberapa standar yang dipenuhi pemain untuk menjadi seorang kiper futsal, yaitu memiliki tinggi badan yang ideal, mempunyai insting yang bagus dalam membaca pergerakan tim lawan, serta mempunyai refleks yang bagus untuk menangkap bola.

2. Anchor
Posisi pemain futsal Anchor berada di belakang lapangan, lebih tepatnya berada di depan area kiper. Jika dalam permainan sepak bola, maka Anchor bisa dikatakan sebagai pemain Bek dalam futsal.

Tugas Anchor futsal diantaranya ialah sebagai pemain yang menjaga pertahanan wilayah bagi timnya supaya dapat menghentikan serangan lawan, dan juga mengamati pergerakan timnya untuk membangun strategi yang tepat bagi timnya.

Karena bertugas dalam memperkuat pertahanan dan pengatur serangan timnya, pemain Anchor biasanya ditempati oleh pemain dengan skill penguasaan bola yang bagus dan stamina yang kuat.

3. Flank
Nama posisi pemain futsal Flank yaitu menempati posisi di lini tengah bagian sayap kanan dan kiri lapangan.

Karena posisinya yang berada di antara pemain Anchor dan Pivot, tugas flank dalam futsal yaitu berperan sebagai penghubung dari kedua pemain tersebut untuk menguasai lapangan, baik untuk mempertahankan penguasaan bola ataupun melakukan penyerangan.

Posisi pemain Flank futsal juga biasa ditempati oleh pemain yang mampu mengontrol bola dengan baik dan juga kecepatan yang baik. Dia juga harus pandai dalam memposisikan dirinya di lapangan, serta jeli dalam membuat ataupun mencari peluang yang bagus untuk menambah gol.

4. Pivot
Pivot dapat disebut sebagai Striker futsal, sebab posisi pemain Pivot berada di lini terdepan bagi timnya dan sehingga dekat dengan pemain bertahan tim lawan.

Tugas Pivot dalam futsal adalah menyelesaikan peluang yang dibuat oleh pemain Flank, melakukan serangan untuk menembus pertahanan lawan, menjadi pemain pertama yang memutus pola serangan lawan.

Karena bertugas untuk menghadapi sistem pertahanan lawan, maka posisi pemain Pivot harus diisi dengan pemain yang memiliki keseimbangan tubuh yang bagus, serta mempunyai insting menyerang yang ganas. Dia juga harus mempunyai skill menendang bola yang bagus dan akurat untuk menciptakan gol.

Demikianlah artikel yang berisi ringkasan tentang Contoh Gambar Nama Posisi Pemain Futsal Dan Tugasnya Lengkap. Semoga artikel dapat menambah wawasan kalian dalam bermain futsal.

Comments