Gambar Nama Posisi Pemain Sepak Bola Dan Tugasnya Lengkap

No Comment Friday, October 16, 2020
Gambar Nama Posisi Pemain Sepak Bola Dan Tugasnya Lengkap - Permainan sepak bola dimainkan oleh 11 orang, oleh sebab itulah tim sepak bola biasa disebut dengan tim kesebelasan. Pada setiap tim sepak menggunakan formasi pemain yang berbeda-beda.

Formasi adalah sebuah strategi susunan atau posisi para pemain sepak bola untuk membagi tugas selama masa pertandingan berlangsung. Dengan menggunakan strategi yang tepat maka setiap pemain bisa menjalankan tugasnya masing-masing dan bekerja sama dengan mudah sehingga permainan tersebut dapat menghasilkan kemenangan bagi tim.

Bagi kalian yang ingin mengetahui macam-macam nama posisi pemain sepak bola dan tugasnya, silahkan baca artikel berikut.

Contoh Gambar Nama-Nama Posisi Pemain Sepak Bola Dan Tugasnya Lengkap Dengan Penjelasannya

Contoh Gambar Nama-Nama Posisi Pemain Sepak Bola Dan Tugasnya Lengkap
Nama-nama posisi pemain sepak bola

4 Nama Posisi Pemain Sepak Bola Dan Tugasnya Masing-Masing

Dalam formasi yang terdiri dari 11 posisi pemain sepak bola terdiri atas 4 bagian yaitu pemain penjaga gawang, pemain bertahan, pemain gelandang dan pemain penyerang. Dari macam macam posisi pemain sepak bola tersebut masih dibagi menjadi beberapa bagian, seperti tipe bertahan dan menyerang.

1. Tugas Posisi Pemain Sepak Bola Kiper/Penjaga Gawang (Goal Keeper) - GK
Kiper atau penjaga gawang adalah posisi seorang pemain sepak bola yang berada di barisan paling belakang di lapangan sepak bola. Penampilan seorang pemain kiper sangat mencolok dari pemainnya lainnya karena mengenakan warna baju yang berbeda dengan rekan satu timnya dan juga mengenakan sarung tangan untuk menangkap bola.

Tugas pemain sepak bola sebagai kiper:
  • Tugas seorang kiper adalah menghentikan serangan lawan dengan barbagai macam teknik pertahanan seperti menangkis, meninju, menendang dan menangkap bola supaya dapat menggagalkan lawan dalam mencetak gol.
  • Melakukan pembersihan area untuk bola yang masuk kedalam kotak pinaltinya.
  • Mengatur permainan untuk membangun pertahanan di daerah belakang.
  • Tugas kiper juga mengontrol bola yang telah didapatkannya untuk dioper kepada rekan satu tim.

2. Tugas Posisi Pemain Sepak Bola Bek/Pemain Bertahan (Defender)
Bek adalah posisi pemain yang berada di lini belakang lapangan untuk membantu kiper dalam memperkuat pertahanan wilayahnya supaya gawangnya tidak kebobolan.

A. Bek Tengah (Center Back) - CB
Posisi bek tengah berada bagian tengah belakang lapangan sepak bola, tugas bek tengah ialah berada di sekitar area kotak pinalti untuk membantu kiper guna menghentikan peluang terjadinya gol.

Pemain bek tengah biasanya memiliki perawakan yang besar dan tinggi sehingga dapat dengan mudah untuk menjangkau serangan lawan dengan menggunakan sundulan untuk umpan bola lambung ataupun main body untuk merebut bola.

B. Bek Samping (Full Back) - LFB & RWB
Bek samping alias full back merupakan salah satu posisi pemain sepak bola bertahan untuk menghentikan pergerakan lawan, posisi pemain ini berada di samping bek tengah sehingga hal ini dapat membantu pertahanan tim dari serangan yang muncul dari kanan atau kiri lapangan.

C. Bek Sayap (Wing Back) - LWB & RWB
Bek sayap menjadi pemain bertahan yang menjaga di sisi lapangan. Meskipun menjadi pemain bertahan, bek sayap juga bertugas mendukung dan memberikan umpan kepada rekan satu tim untuk melakukan pola serangan. Oleh sebab itulah posisi wing back biasanya diisi oleh pemain yang memiliki stamina kuat.

D. Penyapu (Sweeper) - SW
Posisi pemain sweeper atau penyapu yaitu berada di lini pertahanan paling belakang sehingga berada di depan kiper dan di belakang bek tengah. Sweeper bertugas untuk menghalau semua bola yang masuk ke daerah pertahanan serta menutupi celah atau titik lemah pertahan tim.

Baca juga:

3. Tugas Posisi Pemain Sepak Bola Gelandang (Midfielder)
Gelandang merupakan nama posisi pemain sepak bola yang berada di antara pemain bek dan penyerang. Tujuan utama pemain gelandang adalah membantu pemain bek untuk merebut bola dan menjaga penguasaan bola pada alur permainan. Selain itu pemain ini juga bertugas membantu pemain penyerang untuk mencetak gol.

A. Gelandang Bertahan (Defending Midfielder) - DM
Gelandang bertahan merupakan bagian pemain gelandang yang berada di barisan paling belakang sehingga dekat dengan posisi bek. Tugas gelandang bertahan yaitu menghentikan serangan lawan supaya tidak dapat masuk kedalam daerah petahanan tim. Pemain gelandang bertahan biasanya memiliki kemampuan yang baik dalam merebut dan memotong operan bola lawan.

B. Gelandang Tengah (Center Midfielder) - CM
Letak pemain gelandang tengah berada di bagian tengah lapangan sepak bola. Gelandang tengah mempunyai tugas untuk membuat peluang penyerangan kepada pemain depan, menjaga sektor tengah lepangan, mengatur alur pertandingan dan menghentikan serangan lawan.

C. Gelandang Sayap (Winger) - LW & RW
Pemain gelandang sayap alias winger menempati posisi di sisi samping lapangan pada lini tengah. Pemain tersebut bertugas untuk membantu pola penyerangan dengan umpan silang dan umpan jarak jauh dari sektor sayap lapangan. Selain itu pemain ini juga harus membantu timnya bertahan apabila tim lawan melakukan penyerangan.

D. Gelandang Serang (Attacking Midfielder) - AM
Gelandang serang menjadi posisi pemain tengah yang ada di lini terdepan sehingga dekat dengan posisi pemain penyerang. Tugas gelandang serang yakni menciptakan sebuah peluang gol untuk pemain penyerang dengan mengatur pola permainan untuk timnya. Posisi ini seringkali diisi oleh pemain yang berbakat dalam mengatur strategi dan mengontrol jalannya pertandingan.

Pemain gelandang sayap seringkali memiliki kecepatan yang bagus dalam mengontrol bola serta berani melakukan duel 1 on 1 dengan lawannya.

4. Tugas Posisi Pemain Sepak Bola Penyerang (Forward)
Nama posisi pemain sepak bola yang terakhir adalah pemain penyerang. Posisi pemain penyerang berada di barisan paling depan sehingga dekat dengan gawang lawannya, karena tugas utama dari pemain penyerang yaitu mencetak sebuah gol untuk timnya.

A. Penyerang Sayap (Wing Forward) - LWF & RWF
Selain bertugas dalam mencetak poin, penyerang sayap juga bertugas untuk membantu serangan dari sisi sektor sayap dengan memberikan umpan silang dan membuka celah pertahan lawan supaya dapat mencetak gol.

Pemain penyerang sayap ditempati oleh seseorang mempunyai kelincahan dalam menggiring bola serta mengecoh lawan dan melakukan duel dengan pemain lawan.

B. Penyerang Tengah (Center Forward) - CF
Penyerang tengah atau striker adalah pemain yang paling dekat dengan gawang lawan. Pemain ini bermain dengan menunggu rekan untuk menyerang dan bertanggung pada rekan satu timnya untuk mencetak gol, selain itu striker juga sering melakukan duel dengan bek lawan. Pemain striker harus memiliki fisik yang kuat dan ahli dalam menghasilkan tendangan bola yang sulit untuk ditangkap kiper.

Itulah susunan 11 posisi pemain sepak bola dan tugasnya masing-masing. Dengan mengetahui tugas dari setiap posisi pemain sepak bola maka setiap pemain dapat dengan mudah bekerja sama untuk mengatur pola serangan dan pertahanan pada tim karena sudah memiliki strategi yang terencana.

Contoh Gambar Posisi Pemain Sepak Bola Formasi 4-3-3 Di Lapangan

Contoh Gambar Posisi Pemain Sepak Bola Formasi 4-3-3 Di Lapangan
Formasi 433 dalam sepak bola

Gambar di atas merupakan formasi 4-3-3 dalam sepak bola yang lebih mengutamakan pola pertahanan. Berikut ini adalah nama-nama posisi pemainnya.
Keterangan Posisi Pemain Sepak Bola Formasi 4-3-3:
  • 4 Pemain Bek: 2 bek tengah dan 2 bek sayap.
  • 3 Pemain Gelandang: 1 gelandang bertahan dan 2 gelandang sayap.
  • 3 Pemain Penyerang: 2 penyerang sayap dan 1 penyerang tengah.

Demikian informasi tentang Gambar Nama Posisi Pemain Sepak Bola Dan Tugasnya Lengkap yang dapat saya suguhkan kepada kalian semua. Semoga informasi dari artikel ini dapat menambah wawasan dan membantu kalian.

Comments