Gambar Nama Posisi Pemain Sepak Takraw Dan Tugasnya

No Comment Tuesday, August 03, 2021
Contoh Gambar Nama-Nama Posisi Pemain Sepak Takraw Dan Tugasnya Lengkap - Pada saat kalian mempelajari materi pelajaran Penjaskes yang membahas tentang Sepak Takraw tentunya kalian pasti pernah menjumpai beberapa soal atau pertanyaan seperti berikut ini.

Contoh Soal Penjaskes Dalam Materi Sepak Takraw
  1. Berapa jumlah pemain sepak takraw?
  2. Sebutkan tiga pemain sepak takraw!
  3. Sebutkan nama-nama pemain sepak takraw!
  4. Apa sebutan untuk pemain sepak takraw yang pertama menendang bola?
  5. Apa saja tugas seorang apit kanan dan apit kiri dalam sepak takraw?

Apabila kalian tidak mengetahui jawabannya, maka berikut ini akan saya berikan materi sepak takraw yang bisa kalian pelajari supaya dapat menjawab semua pertanyaan tersebut.

Baca juga:

Contoh Gambar Nama-Nama Posisi Pemain Sepak Takraw Dan Tugasnya Di Dalam Lapangan Secara Lengkap

Contoh Gambar Nama-Nama Posisi Pemain Sepak Takraw Dan Tugasnya Lengkap
Contoh gambar nama-nama posisi pemain sepak takraw

Keterangan Gambar Posisi Pemain Sepak Takraw
  • Serving Team: Posisi pemain sepak takraw ketika tim tersebut mendapatkan giliran untuk melakukan tendangan servis.
  • Receiver Team: Posisi pemain sepak takraw ketika tim mereka mendapatkan giliran untuk menerima servis dari tim lawan.

Macam-Macam Nama Posisi Pemain Sepak Takraw Dan Tugasnya Di Dalam Lapangan

Jumlah pemain dalam sepak takraw adalah maksimal 4 orang, 3 orang bermain di lapangan sepak takraw dan 1 orang lagi sebagai pemain cadangan.

Dimanakah posisi pemain sepak takraw? Apa sebuatan nama-nama pemain sepak takraw? Apa saja tugas masing-masing pemain sepak takraw? Berikut ini penjelasannya.


1. Tekong

Posisi pemain yang berada di belakang dalam sepak takraw disebut pemain Tekong. Tugas Tekong adalah sebagai pemain sepak takraw yang pertama kali menendang bola alias melakukan servis, supaya bola melewati net dan masuk kedalam area tim lawan.

Dengan melakukan tendangan servis yang keras dan akurat, maka hal itu dapat membuat tim lawan mengalami kesulitan dalam mengembangkan permainan ataupun melakukan serangan.

Selain melakukan servis, tugas pemain Tekong pada sepak takraw juga berperan sebagai pemain bertahan di lapangan bagian belakang.

2. Apit Kanan Dan Apit Kiri

Posisi dua orang pemain sepak takraw yang berada di depan lapangan yaitu disebut dengan Apit Kanan dan Apit Kiri. Adapun tugas seorang apit kanan dan apit kiri dalam sepak takraw:

a. Sebagai Striker Atau Killer (Penyerang)
Tugas pemain sepak takraw yang berperan sebagai Striker adalah untuk melakukan tendangan serangan ke area lawan. Di samping itu, dia juga bertugas sebagai blocker atau memblokir semua serangan dari lawan yang berada di depan net dan lapangan depan.

b. Sebagai Bowler Atau Setter (Pelambung/Pengoper)
Seorang Apit Kanan atau Apit Kiri yang berperan sebagai Bowler/Setter yaitu bertugas untuk mengontrol bola dan memberikan operan kepada pemain yang bertugas sebagai Striker.

Selain mengontrol bola, pemain Setter juga diharuskan untuk bisa melakukan spike atau serangan. Biasanya posisi Setter diisi oleh pemain yang paling lincah dan responsif dalam timnya.

Demikianlah materi sepak takraw yang berisi tentang Contoh Gambar Nama-Nama Posisi Pemain Sepak Takraw Dan Tugasnya Lengkap.

Comments