Gambar Nama Posisi Pemain Bola Voli Dan Tugasnya Lengkap

No Comment Thursday, October 15, 2020
Gambar Nama Posisi Pemain Bola Voli Dan Tugasnya Lengkap - Dalam sebuah olahraga yang berupa permainan berkelompok tentu saja selalu ada yang namanya posisi pemain yang berbeda-beda, tak terkecuali untuk permainan bola voli.

Dalam permainan bola voli setiap posisi pemain akan terus berubah-ubah, sehingga tugas dari pemain tersebut juga ikut berubah sesaui dengan posisi yang mereka jalani sewaktu dalam permainan berlangsung.

Karena jumlah pemain voli ada 6 orang maka ada 6 nama posisi yang berbeda di lapangan. Meskipun begitu, setiap posisi pemain voli tidak hanya mengemban satu tugas saja, bahkan ada posisi pemain yang diharuskan menjalankan dua tugas sekaligus. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak artikel nama posisi pemain bola voli dan tugasnya.

Baca juga:

Gambar Nama-Nama Posisi Pemain Bola Voli Dan Tugasnya Lengkap Dengan Rotasinya


Gambar Posisi Pemain Bola Voli Dan Namanya

Gambar Posisi Pemain Bola Voli Dan Namanya
Posisi pemain bola voli sesuai nomor urut rotasinya

6 Nama Posisi Pemain Bola Voli Dan Tugasnya Beserta Rotasinya

Nama posisi pemain voli akan selalu berubah-ubah karena harus melakukan rotasi. Istilah Rotasi adalah perputaran posisi pemain bola voli searah dengan jarum jam. Rotasi pemain harus dilakukan setelah tim kawan mendapatkan poin dari tim lawan yang melakukan serv.

1. Right Back
  • Posisi yang berada di kanan belakang (nomor urut 1).
  • Rotasi ke posisi tengah belakang (nomor 6).
  • Tugas pemain bola voli di posisi right back: Server, Defender.

2. Right Forward
  • Posisi yang berada di kanan depan (nomor urut 2).
  • Rotasi ke posisi kanan belakang (nomor 1).
  • Tugas posisi pemain bola voli right forward: Blocker, Smasher.

3. Center Forward
  • Posisi yang berada di tengah depan (nomor urut 3).
  • Rotasi ke posisi tengah kanan (nomor 2).
  • Tugas pemain bola voli di posisi center forward: Tosser/Set-upper, Blocker, Smasher.

4. Left Forward
  • Posisi yang berada di kiri depan (nomor urut 4).
  • Rotasi ke posisi tengah depan (nomor 3).
  • Tugas posisi pemain bola voli left forward: Blocker, Smasher.

5. Left Back
  • Posisi yang berada di tengah belakang (nomor urut 5).
  • Rotasi ke posisi kiri depan (nomor 4).
  • Tugas posisi pemain bola voli left back: Defender.

6. Center Back
  • Posisi yang berada di kiri belakang (nomor urut 6).
  • Rotasi ke posisi kiri belakang (nomor 5).
  • Tugas posisi pemain bola voli center back: Libero, Defender, Set-upper.
Baca juga:

Macam-Macam Tugas Pemain Bola Voli Dan Keterangannya

Selain nama posisi pemain bola voli yang berbeda-beda, tugas dari setiap pemain voli juga berbeda. Sehingga setiap pemain harus menguasai atau memiliki keahlian dalam menggunakan teknik dasar permainan bola voli.

1. Server/Servicer
Server merupakan seorang pemain yang bertugas melakukan pukulan servis guna memulai permainan dengan menyerang daerah lawan. Setelah melakukan pukulan servis, pemain ini akan berganti tugas untuk menjadi defender.

Sebagai pemain yang melakukan serve, maka si pemain harus menguasai salah satu teknik dasar service bola voli, baik servis bawah, servis atas, ataupun servis lompatan.

2. Tosser Atau Set-upper/Setter
Tosser alias set-upper atau bisa disebut setter adalah pemain voli yang bertugas mengumpan bola ke smasher supaya tim dapat mencetak poin.

Untuk menjadi tosser atau set-upper yang baik maka pemain harus mampu menguasai teknik passing atas dan bawah supaya dapat mengoper bola dengan baik.

3. Blocker
Blocker merupakan sebuah tugas pemain bola voli yang berguna sebagai pencegah lawan untuk mencetak angka. Diperlukan teknik dan kekuatan yang besar untuk memblokir serangan lawan dari area depan lapangan atau di dekat net.

Tugas blocker hanya dapat dilakukan oleh posisi pemain bola voli di garis serang bagian depan lapangan, seperti right forward (nomor urut 2), center forward (nomor 3) dan left forward (nomor 4).

4. Smasher/Spiker
Smasher/Spiker yaitu posisi pemain yang bertugas untuk melakukan serangan menggunakan teknik smash di dekat net.

Pemain voli yang bertugas sebagai smasher maka dia harus memiliki keahlian dalam menggunakan teknik serangan seperti smash dan off-speed hit.

5. Defender
Tugas pemain yang menerima service dari lawan (receiver) dan menahan serangan dari tim lawan yaitu disebut dengan nama defender, karena itulah posisi ini disebut sebagai pemain bertahan.

Pemain defender wajib menguasai teknik service, passing ataupun digging supaya dapat menahan berbagai macam serangan lawan.

6. Libero
Tugas pemain bola voli untuk libero adalah menerima serangan lawan atau sebagai pemain bertahan dengan menutup daerah pertahanan yang kosong.

Tugas utama dari libero yaitu menetralkan serangan dari lawan supaya dapat menghasilkan operan yang bagus untuk set-upper yang nantinya akan dioper kepada smasher.

Itulah artikel tentang Gambar Nama Posisi Pemain Bola Voli Dan Tugasnya Lengkap yang dapat saya tunjukkan. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dapat mengerjakan tugas sekolah ataupun menambah wawasan seputar dunia olahraga. 

Comments