Macam Macam Teknik Dasar Permainan Bola Voli Dan Penjelasannya

No Comment Wednesday, January 06, 2021
Macam Macam Teknik Dasar Permainan Bola Voli Dan Penjelasannya Beserta Gambarnya - Selain membutuhkan jumlah pemain voli dan fasilitas lapangan voli, untuk bermain voli maka kita juga perlu menguasai beberapa teknik dasar bola voli supaya dapat bermain dengan benar.

Semakin banyak teknik dasar permainan voli yang kita kuasai maka semakin bagus kita bermain dan dapat dengan mudah untuk mendapatkan poin agar bisa meraih kemenangan.

Penjelasan Lengkap Mengenai Macam Macam Teknik Dasar Permainan Bola Voli Dan Gambarnya 

Teknik dasar permainan bola voli adalah sebuah gerakan gerakan dasar yang harus dikuasai oleh para pemain voli supaya dapat bermain dengan baik dan lancar.

Apabila di pelajaran penjaskes ada soal yang berisi tentang "sebutkan macam-macam teknik dasar permainan bola voli", maka jawaban yang tepat ialah "ada 4 macam teknik dasar permainan bola voli, yaitu meliputi service/serve (servis), passing (operan), attacking (serangan), dan defending (bertahan)".

Untuk lebih jelasnya berikut ini ada penjelasan mengenai berbagai macam contoh teknik dasar bola voli yang benar.

Baca juga:

1. Teknik Dasar Permainan Bola Voli Service (Serv)

Service merupakan suatu teknik dasar yang dilakukan untuk memulai sebuah pertandingan voli dengan cara memukul bola voli melewati net dan jatuh di daerah lawan. Pemain yang melakukan service seringkali mengincar daerah lawan yang kosong ataupun ke wilayah musuh yang paling lemah, dengan begitu tim kawan akan lebih mudah untuk mendapatkan poin.

Ada beberapa teknik Service yang diperbolehkan untuk digunakan dalam bermain olahraga bola voli yang tidak melanggar aturan. Selain itu teknik dasar service juga dapat disesuaikan dengan strategi permainan tim.

A. Underhand Service/Serve (Servis Bawah)
Gambar Teknik Dasar Permainan Bola Voli Servis Bawah
Contoh gambar teknik dasar bola voli servis bawah | eldesport.nl
Teknik underhand service yakni membawa bola voli dengan satu tangan berada di bawah posisi bahu, setelah itu tangan satunya memukul bola voli sambil mengepal dan mengayunkan tangan dengan kuat.

B. Overhand Service/Serve (Servis Atas)
Gambar Teknik Dasar Permainan Bola Voli Service Atas
Contoh gambar teknik dasar bola voli servis atas
Teknik overhand service yaitu membawa bola voli di atas bahu, lalu memukul bagian tengah belakang bola voli dengan menggunakan telapak dan kelima jari tangan yang terbuka seperti melakukan dorongan.

C. Float Service
Gambar Teknik Dasar Permainan Bola Voli Float Service
Contoh gambar teknik dasar bola voli float service | myactivesg.com
Teknik dasar bola voli float service yakni melambungkan bola ke udara di tanpa adanya putaran sedikitpun lalu memukulnya dengan keras, dengan begitu hasil pukulan ke bola voli tersebut akan terlihat seperti melayang horizontal alias mengambang.

D. Jump Service
Gambar Teknik Dasar Permainan Bola Voli Jump Service
Contoh gambar teknik dasar bola voli jump service | Pinterest
Hampir mirip dengan teknik float service, teknik bola voli jump service juga harus melambungkan bola ke udara terlebih dahulu dan menunggu momen yang tepat, kemudian diiringi dengan lompatan dan pukulan pemain yang dilakukan di udara.

2. Teknik Dasar Permainan Bola Voli Passing (Operan)

Paasing merupakan contoh teknik dasar permainan bola voli untuk memberikan operan kepada rekan satu tim, dengan menguasai teknik passing maka rekan satu tim dapat dengan mudah menerima operan dan melakukan eksekusi serangan kepada tim lawan untuk mencetak angka.

A. Forearm Passing (Passing Bawah)
Gambar Teknik Dasar Permainan Bola Voli Passing Bawah
Contoh gambar teknik dasar bola voli passing bawah | eldesport.nl
Teknik forearm passing atau disebut passing bawah biasanya digunakan untuk menerima serangan lawan dengan pukulan yang keras ataupun untuk mendapatkan bola yang agak susah dijangkau.

Cara melakukan teknik dasar bola voli forearm passing ini sikap pemain harus berdiri sambil membuka kaki agak lebar dengan sejajar sambil menekuk, lalu merapatkan kedua tangan serta mensejajarkan ibu jari, kemudian memposisikan tangan di depan tubuh dan mengayunkan kedua tangan kepada rekan satu tim ketika bola datang.

B. Overhead Passing (Passing Atas)
Gambar Teknik Dasar Permainan Bola Voli Passing Atas
Contoh gambar teknik dasar bola voli passing atas | eldesport.nl
Teknik overhead passing alias passing atas yakni biasa dipakai ketika mendapatkan operan dari rekan tim lalu akan dioperkan kembali kepada rekan tim penyerang untuk melakukan smash. Selain itu teknik ini bisa dipakai untuk menahan serangan lawan yang tidak terlalu kuat.

Teknik dasar bola voli yang satu ini dirasa mampu menstabilkan kecepatan bola sehingga rekan tim yang akan menerima umpan ini dapat memperkirakan posisi bola dengan tepat untuk menyerang.

Cara melakukan teknik overhead passing caranya cukup mudah, arahkan pandangan tepat kepada bola dan posisikan kedua tangan sedikit terbuka yang saling berdekatan berada di depan muka dengan cara menekuk siku tangan, ketika bola tepat berada di tangan maka bersiaplah untuk memberikan operan dengan memantulkan bola voli secara halus.

Baca juga:

3. Teknik Dasar Permainan Bola Voli Attacking (Serangan)

Attacking ialah sebuah teknik dasar bola voli yang berguna untuk melakukan serangan bola kepada tim lawan, dengan begini rekan satu tim yang berhasil melakukan serangan akan mendapatkan sebuah poin.

A. Smash/Spike
Gambar Teknik Dasar Permainan Bola Voli Smash/Spike
Contoh gambar teknik dasar bola voli smash | eldesport.nl
Teknik smash alias spike adalah salah satu contoh teknik dasar permainan bola voli dipakai untuk menyerang lawan dengan cara melakukan lompatan dan memukul bola voli menggunakan kekuatan penuh.

Untuk nilai keberhasilan dalam memakai teknik ini sangat jelas dipengaruhi oleh kualitas operan, selain iyu teknik ini sangat ampuh untuk mencetak poin.

B. Off Speed Hit
Teknik off speed hit memiliki gerakan yang hampir sama dengan teknik smash, namun yang membedakannya ialah teknik ini lebih mengutamakan rotasi bola sehingga hasilnya dapat mengelabui perhatian dan gerakan lawan.

C. Back Row Attack
Teknik back row attack merupakan sebuah teknik terbaik untuk menipu gerakan lawan dengan cara pemain pertama berpura-pura melakukan teknik serangan lalu mengopernya ke pemain lain, kemudian pemain kedua yang bertugas sebagai penerima operan langsung melakukan serangan.

4. Teknik Dasar Permainan Bola Voli Defending (Bertahan)

Teknik defending adalah sebuah teknik dasar bola voli yang berfungsi sebagai pertahanan guna mengagalkan serangan lawan dan mencegah tim lawan mendapatkan poin.

A. Blocking
Gambar Teknik Dasar Permainan Bola Voli Blocking
Contoh gambar teknik dasar bola voli blocking | eldesport.nl
Teknik blocking merupakan sebuah teknik dasar permainan bola voli yang digunakan untuk menghalau serangan dari lawan dengan cara memblokir lajunya bola secara langsung di depan net.

Teknik blocking terbagi menjadi 2 jenis, pertama blocking aktif yaitu menggerakkan tangan ketika memblokir bola voli, sedangkan yang kedua yaitu blocking pasif yang tidak menggerakkan tangan saat memblokir bola voli.

B. Digging
Gambar Teknik Dasar Permainan Bola Voli Digging
Contoh gambar teknik dasar bola voli digging | liveabout.com
Teknik digging ialah salah satu teknik dasar bola voli yang digunakan untuk menahan serangan bola dari lawan yang hampir jatuh menyentuh lapangan, sehingga pemain yang menggunakan teknik digging harus rela melompat atau jatuh ke lapangan.

Oleh sebab itu teknik ini disebut sebagai teknik bertahan yang sangat memaksa. Selain itu teknik digging juga sering disebut dengan nama teknik deep dish, diving atau beach dig.

Demikianlah informasi mengenai Macam Macam Teknik Dasar Permainan Bola Voli Dan Penjelasannya yang dapat saya sebutkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Comments