Macam Macam Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis (Badminton) Lengkap

No Comment Monday, January 11, 2021
Macam Macam Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis (Badminton) Dan Penjelasannya Lengkap - Dalam permainan bulu tangkis kualitas seorang pemain dapat ditentukan oleh penerapan teknik yang mereka kuasai.

Sebab dengan menguasai teknik dasar bulu tangkis yang sempurna maka hal itu dapat menguntungkan para pemain badminton untuk menggunakan strateginya dalam mencetak poin dengan mudah.

Bahkan untuk menjadi seorang pemain bulu tangkis profesional di tingkat lokal, nasional, dan internasional, pemain badminton harus menjalani pembinaan dan latihan rutin supaya memiliki pengetahuan dalam bermain bulu tangkis yang sesuai dengan peraturan serta mempelajari teknik teknik dasar badminton untuk dikuasai.

Baca juga:

Macam Macam Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis (Badminton) Dan Penjelasannya Lengkap Beserta Gambarnya

Dalam permainan badminton ada macam macam teknik dasar bulu tangkis yang dapat kita pelajari supaya menjadi profesional, berikut ini merupakan beberapa di antaranya adalah:

A. Teknik Memegang Raket (Grip)

Teknik Dasar Dasar Bulu Tangkis Memegang Raket
Gambar teknik dasar permainan bulu tangkis forehand dan backhand grip

1. Forehand Grip
Teknik forehand grip merupakan salah satu teknik memegang raket dengan cara memegang raket dengan kelima jari saling tertutup rapat sehingga jari telunjuk dan ibu jari akan bersentuhan, serta meletakkan posisi kepala raket secara miring atau menghadap ke samping.

Teknik forehand dianggap dapat memudahkan pemain badminton dalam melakukan berbagai macam pukulan. Akan tetapi tipe pegangan ini juga akan mempersulit ketika hendak melakukan pengembalian kok tepat berada di depan net.

2. Backhand Grip
Teknik backhand grip merupakan salah satu teknik dasar bulu tangkis saat memegang raket dengan cara posisi keempat jari (kelingking, manis, tengah, telunjuk) saling tertutup rapat, dan meletakkan ibu jari dalam posisi lurus yang berguna sebagai penyokong raket, serta mengarahkan posisi kepala raket menghadap ke depan.

Teknik ini diyakini mampu memberikan kekuatan penuh saat memukul kok. Akan tetapi teknik backhand akan lebih susah saat dipakai untuk menangkis kok yang dipukul dengan kekuatan keras terlebih lagi jika kok tersebut mengarah tepat dengan posisi tubuh kita.

B. Teknik Pergerakan Tubuh

1 Footwork (Gerakan Kaki)
Teknik footwork merupakan sebuah metode gerakan kaki yang dipakai untuk mengatur kelincahan pemain bulu tangkis. Dengan adanya keharmonisan pada gerakan anggota tubuh maka teknik ini dapat memberikan kelincahan pemain dalam bergerak.

Dengan memanfaatkan teknik kelincahan ini para pemain dapat melakukan pertahanan dengan sigap untuk menangkis serangan lawan dengan cepat, serta berguna untuk melancarkan serangan.

2. Balance and Position (Posisi dan Keseimbangan Tubuh)
Balance and position menjadi teknik gerak tubuh yang paling mendasar dalam permainan bulu tangkis. Teknik ini mewajibkan para pemain untuk memiliki keseimbangan tubuh yang baik supaya seluruh pergerakan anggota badan pemain dapat bergerak dengan efisien.

Apabila seorang pemain bulu tangkis tidak memiliki keseimbangan tubuh yang bagus dan tidak dapat memposisikan tubuhnya dengan benar maka hal itu dapat menyebabkan pukulan raket menjadi kurang optimal serta bisa mengakibatkan kegagalan.

3. Hitting Position (Posisi Badan Saat Memukul)
Hitting position ialah sebuah gerakan posisi tubuh ketika melakukan pukulan pada shuttlecock, gerakan posisi tubuh ini juga dapat mempengaruhi kualitas pada pukulan shuttlecock.

Teknik posisi badan yang benar ketika memukul kok:
  • Usahakan untuk memposisikan badan menyamping ke arah net.
  • Posisikan kaki kiri berada di depan kaki kanan.
  • Posisi badan ada di belakang shuttlecock.
  • Pastikan bahu kanan ditarik sedikit ke kanan.
  • Lakukan pergantian posisi bahu kanan dengan bahu kiri ketika sedang melakukan beberapa pukulan.

C. Teknik Pukulan Badminton

1. Service/Serve (Servis)
Teknik service ialah sebuah teknik bulu tangkis paling mendasar dalam memukul kok yang dilakukan pada saat memulai pertandingan, sehingga harus dikuasai oleh semua pemain. Teknik service akan berpotensi untuk menambah poin jika diarahkan ke daerah lawan yang kosong atau susah dijangkau.

Selain itu posisi pemain dalam melakukan service tergantung dari jumlah poin yang telah didapatkannya. Apabila mendapatkan jumlah poin genap maka servis dilakukan di area kanan, sedangkan untuk poin ganjil dilakukan di area kiri lapangan bulu tangkis.

a. Forehand Pendek
Teknik service forehand pendek berarti melakukan service dengan mengerahkan sedikit tenaga saja sehingga mengakibatkan ayunan raket tidak terlalu kuat.

Ketika melakukan service dengan teknik ini maka posisi jatuhnya shuttlecock tidak akan jauh dari net dan akan berada di area depan pemain lawan.

b. Forehand Tinggi
Teknik forehand tinggi pemain harus mengerahkan tenaga penuh pada saat melakukan service. Akibatnya, posisi jatuhnya shuttlecock akan berada sangat jauh dari net.

Teknik service forehand tinggi mengakibatkan pergerakan shuttlecock akan melambung tinggi dan melewati tubuh pemain lawan lalu akan jatuh di area belakang pemain lawan.

c. Backhand Service
Teknik Dasar Dasar Bulu Tangkis Backhand Service
Gambar teknik dasar permainan bulu tangkis backhand service | badmintonisgreat.com
Teknik backhand service ini dilakukan dengan mengerahkan tenaga yang sedang dan ayunan yang sedang pula (tidak terlalu pelan dan tidak terlalu kuat).

Ketika melakukan backhand service posisi kaki harus disesuaikan dengan tangan mana yang memegang raket. Jika yang memegang raket adalah tangan kanan maka kaki kanan berada di depan, begitu juga dengan sebaliknya.

2. Teknik Mengembalikan Service Lawan
Teknik Dasar Dasar Bulu Tangkis Underhand Defensive
Gambar teknik dasar permainan bulu tangkis underhand defensive | masterbadminton.com
Selain harus menguasai teknik service, setiap pemain bulu tangkis harus mampu menguasai teknik pengembalian service dari lawan.

Jika kok melambung setinggi kepala atau di atasnya maka gunakanlah teknik pukulan dropshot. Namun apabila kok berada di ketinggian sangat rendah maka pakailah teknik netting atau pukul kok ke atas dan mengarah ke belakang lawan.

Hindari penggunaan teknik pukulan smash untuk mengembalikan serangan service lawan, sebab penggunaan teknik smash akan menjadi kurang optimal akibat daya pukul yang dihasilkan dari service lawan sangat kecil.

3. Pukulan Overhead
Teknik Dasar Dasar Bulu Tangkis Overhead
Gambar teknik dasar permainan bulu tangkis overhead | badmintonisgreat.com
Overhead merupakan sebuah teknik dasar bulu tangkis yang memanfaatkan jatuhnya arah kok yang berada di belakang tubuh pemain. Teknik ini hampir mirip dengan smash, namun yang membedakannya ialah daya untuk pukulan overhead tidak terlalu besar seperti pukulan smash.

4. Smash Shot
Teknik Dasar Dasar Bulu Tangkis Smash Shot
Gambar teknik dasar permainan bulu tangkis smash | masterbadminton.com
Teknik smash adalah sebuah teknik dasar pukulan bulu tangkis berupa serangan yang paling ampuh untuk mencetak poin. Cara melakukan pukulan smash yaitu memukul shuttlecock sekuat tenaga dari atas sehingga kok akan menukik tajam ke daerah bawah lawan secara lurus. 

Untuk memakai teknik ini diperlukan tenaga pukulan yang kuat supaya lawan tidak mampu menjangkau ataupun menangkis serangan tersebut. Teknik pukulan smash sangat efektif apabila digunakan dengan posisi tubuh saat melompat di atas udara.

Macam macam teknik dasar pukulan smash dalam bulu tangkis:
  • Forehand smash: melakukan smash menggunakan genggaman raket forehand.
  • Backhand smash: melakukan smash menggunakan genggaman raket backhand.
  • Jumping smash: melakukan smash sambil melompat di udara.

5. Drop Shot
Teknik Dasar Dasar Bulu Tangkis Drop Shot
Gambar teknik dasar permainan bulu tangkis dropshot | masterbadminton.com
Jika teknik smash menggunakan kekuatan penuh untuk memukul kok, maka teknik dropshot adalah sebuah teknik tipuan yang seolah-olah pemain melakukan smash padahal pemain tersebut menangkis shuttlecock dengan perlahan agar mengarah ke daerah lawan yang berada di dekat net.

Tujuan dari penggunaan teknik dropshot adalah untuk membuat lawan terkecoh, dengan begitu pemain lawan tidak akan bisa memperkirakan lokasi jatuhnya kok.

6. Clear/Lob
Teknik Dasar Dasar Bulu Tangkis Clear/Lob
Gambar teknik dasar permainan bulu tangkis clear/lob | masterbadminton.com
Teknik clear atau lob merupakan kebalikan dari dropshot, jika dropshot digunakan untuk mengincar daerah depan lawan yang khususnya di belakang net maka teknik lob dipakai untuk mengincar daerah belakang lawan.

7. Netting
Teknik Dasar Dasar Bulu Tangkis Netting
Gambar teknik dasar permainan bulu tangkis netting | masterbadminton.com
Teknik netting merupakan teknik dasar permainan badminton dengan cara memanfaatkan net sebagai acuan. Untuk menggunakan teknik netting posisi pemain harus berada di dekat net dan memukul kok secara halus agar pemain lawan kesulitan dalam mengembalikan kok.

Teknik netting ini memerlukan fokus dan ketelitian pemain, sebab jika pemain tersebut salah perhitungan dalam menerapkannya maka justru dapat memberikan poin bagi lawan.

8. Drive Shot
Teknik Dasar Dasar Bulu Tangkis Drive Shot
Gambar teknik dasar permainan bulu tangkis drive | masterbadminton.com
Pemakaian teknik dasar drive dalam badminton bertujuan untuk menekan pergerakan lawan dengan cara memukul kok secara mendatar ke daerah lawan, sehingga pemain lawan tidak memiliki kesempatan mendapatkan bola lambung yang biasa digunakan untuk melakukan serangan smash.

Sekian informasi Macam Macam Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis (Badminton) Dan Penjelasannya Lengkap Beserta Gambarnya yang singkat ini, semoga bermanfaat. 

Comments