Ciri Ciri Dan Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Friday, January 15, 2021
Daftar Isi
Pengertian Ciri Ciri Teks Eksplanasi Dan Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pelajaran Bahasa Indonesia mengenai pengertian teks eksplanasi, selain itu kita juga akan membahas mengenai ciri-ciri dan struktur teks eksplanasi beserta contohnya singkat.

Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri Ciri Teks Eksplanasi Dan Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya Lengkap


Pengertian Teks Eksplanasi Adalah

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menjelaskan mengenai sebuah proses tentang sebab dan akibat dari suatu kejadian atau peristiwa tertentu yang ada di dunia nyata ataupun di sekitar lingkungan kita.

Dari hubungan sebab dan akibat suatu peristiwa itulah maka kita dapat mempelajari sesuatu dari proses kejadian tersebut. Contohnya pembahasan mengenai proses terjadinya fenomena bencana alam seperti tsunami, banjir, dan gunung meletus, serta topik sosial seperti pelaku korupsi, dan juga topik budaya seperti kesenian dan tari-tarian.

Baca juga:

Ciri Ciri Teks Eksplanasi Yaitu:

Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri tersendiri, sehingga ciri-ciri ini dapat digunakan sebagai pembeda dengan jenis teks lainnya. Berikut ciri ciri teks eksplanasi adalah:
  1. Mencantumkan data sesuai penelitian ilmiah dan fakta (aktual).
  2. Materi atau topik yang dibahas biasanya lebih bersifat untuk umum, seperti banjir, tsunami, gempa bumi dan wabah penyakit.
  3. Menggunakan alur pembahasan yang berurutan dari awal hingga akhir.
  4. Menggunakan kalimat pasif.
  5. Teks eksplanasi bertujuan sebagai sarana informatif.
  6. Lebih banyak memakai kata kerja, material dan relasional.

Struktur Teks Eksplanasi Adalah

Struktur teks eksplanasi adalah sebuah rangkaian yang terdiri dari unsur unsur tertentu yang terkandung dalam teks eksplanasi. Unsur-unsur dalam struktur teks eksplanasi terdiri atas:

1. Pernyataan Umum
Pernyataan ialah bagian teks eksplanasi yang berisi tentang topik pembahasan yang akan dipakai untuk membahas suatu fenomena atau peristiwa. Contohnya yaitu: apa yang terjadi? mengapa fenomena itu bisa terjadi? dan bagaimana fenomena itu terjadi?.

2. Deretan Penjelas (Sebab Akibat)
Deretan penjelas merupakan salah satu unsur teks eksplanasi yang berisi tentang penjelasan mengenai proses terjadinya suatu peristiwa yang disajikan secara berurutan dan bertahap dari awal sampai akhir.

3. Interprestasi (Kesimpulan)
Interprestasi adalah sebuah bagian struktur teks eksplanasi yang isinya tentang kesimpulan dari rangkaian peristiwa yang telah dibahas sebelumnya.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya


1. Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Budaya Beserta Strukturnya

Hilangnya Budaya Dan Kesenian Asli Indonesia
Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Budaya Beserta Strukturnya
Foto kesenian tari Reog Ponorogo
Pernyataan Umum
Indonesia memiliki beragam budaya, mulai dari ujung Sabang sampai Merauke. Bahkan budaya yang Indonesia yang paling terkenal hingga ke mencanegara yaitu kesenian tari tradisional seperti Reog Ponorogo dan tari Jaipong. Selain tari-tarian ada juga kesenian Wayang Kulit dan juga Kain Batik.

Deretan Penjelas (Sebab Akibat)
Namun pada zaman modern ini, budaya kesenian tersebut nampaknya sangat sulit sekali dijumpai di Indonesia sendiri lantaran akibat terjadinya globalisasi, sehingga menyebabkan budaya asli Indonesia menjadi hilang karena telah tergantikan oleh budaya asing seperti K-POP, Dance dan budaya barat lainnya.

Faktor lain yang juga membuat budaya asli Indonesia telah hilang yaitu, karena masyarakat Indonesia sudah menganggap budaya mereka sangat kuno dan membosankan. Maka dari itu banyak generasi muda yang lebih tertarik pada budaya barat.

Interprestasi (Kesimpulan)
Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut maka generasi penerus bangsa Indonesia harus melakukan sesuatu, supaya kesenian budaya Indonesia dapat terus dilestarikan. Dengan cara memperkenalkan dan mengajarkan budaya Indonesia sejak dini, serta membatasi budaya asing yang dapat merusak moral para generasi baru.

2. Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Sosial Dan Politik Beserta Strukturnya

Kenapa Ada Koruptor Di Pemerintahan?
Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Sosial Dan Politik Beserta Strukturnya
Ilustrasi tikus yang dijadikan sebagai simbol koruptor | Pixabay
Pernyataan Umum
Koruptor merupakan pelaku kejahatan yang sangat tidak manusiawi karena mengambil hak orang lain layaknya seperti pencuri. Apalagi jika hal itu dilakukan oleh para pejabat pemerintahan, maka mereka bisa dianggap lebih buruk daripada sampah masyarakat.

Deretan Penjelas (Sebab Akibat)
Pejabat pemerintahan yang melakukan korupsi biasanya terjadi akibat adanya tuntutan ekonomi karena terbiasa hidup mewah, ingin mengembalikan dana yang telah dihabiskan selama masa kampanye dalam pemilu dan pilkada, atau bisa juga karena memang ingin memperkaya diri sendiri.

Karena ulah pejabat yang korupsi di pemerintahan, negara mengalami kerugian besar akibat uang pajak dari rakyat telah habis karena dikorupsi. Sehingga hal itu dapat mengakibatkan mahalnya biaya hidup, seperti naiknya harga barang dan kebutuhan pokok, biaya perawatan di rumah sakit menjadi sangat tinggi, pembangunan infrastruktur menjadi terhenti (mangkrak), sulitnya mencari lapangan kerja.

Selain itu masih ada juga dampak buruk lainnya, yaitu tingkat Sumber Daya Manusia (SDM) yang semakin menurun karena pendidikan yang tidak terurus, perekonomian lumpuh, terjadi kericuhan, nilai tukar rupiah melemah, serta masih banyak dampak lainnya yang tidak dapat disebutkan satu-persatu.

Interprestasi (Kesimpulan)
Untuk menghentikan praktik korupsi dari para pejabat pemerintahan, maka kita sebagai bangsa dan warga negara yang baik sudah sepatutnya harus lebih selektif dalam memilih calon pemimpin, supaya kita dapat mengetahui siapa pemimpin yang layak untuk mengemban tugas dan tanggung jawab pemerintahan Indonesia agar negara ini tidak hancur.

Jadi, mulai dari sekarang kita harus lebih pandai untuk membedakan antara kerja nyata dengan pencitraan saja, bedakan antara pilihan rakyat dengan pilihan buzzer, hindari money politik, mengawal dan mengawasi KPU, ketahui visi dan misi calon pemimpin tersebut, ketahui juga prestasinya. Dengan mengenali calon pemimpin kita dengan baik, maka praktik korupsi dapat hilang dari pemerintahan.

3. Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Bencana Alam Banjir Beserta Strukturnya

Banjir Ibukota Jakarta
Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Banjir Beserta Strukturnya
Foto banjir di Jakarta
Pernyataan Umum
DKI Jakarta adalah Ibukota negara Republik Indonesia. Lokasinya yang terletak di utara Pulau Jawa ini sering mengalami banjir tahunan yang sudah tidak dapat dihindari lagi.

Deretan Penjelas (Sebab Akibat)
Ada beberapa penjelasan logis kenapa DKI Jakarta selalu dilanda banjir setiap tahun pada saat musim hujan dan juga banjir Rob (air laut yang pasang/naik). Pnyebab pertama yaitu lokasi DKI Jakarta yang berada di daerah rawa, karena rawa sudah sewajarnya tergenang oleh air sebab datarannya lebih rendah dibandingkan dengan daerah sekitar seperti Kota Tangerang, Bekasi dan Bogor, maka tak heran jika Jakarta sering terkena banjir kiriman.

Di sisi lain, wilayah Jakarta sudah mengalami over populasi alias kelebihan penduduk, sehingga terjadilah ketidakseimbangan antara perbandingan jumlah penduduknya dengan luas wilayahnya akibat dari urbanisasi.

Faktor lainnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan dan menjual tanah mereka untuk pembangunan perumahan sehingga tidak ada lahan terbuka hijau.

Interprestasi (Kesimpulan)
Dari beberapa fakta tersebut kita dapat mengetahui bahwa solusi untuk penanganan banjir di DKI Jakarta adalah sepenuhnya tugas pemerintahan pusat dan semua kalangan masyarakat Indonesia.

Jadi tugas pemerintah pusat ialah harus membatasi urbanisasi dengan memberikan pelayanan pembangunan SDM dan infrastruktur yang merata, melakukan reboisasi serta pembenahan sungai dan membuat waduk untuk mengurangi resiko banjir, serta memberikan edukasi pada semua golongan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

4. Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Bencana Alam Gunung Meletus Beserta Strukturnya

Fakta Di Balik Fenomena Gunung Meletus
Contoh Teks Eksplanasi Singkat Gunung Meletus Beserta Strukturnya
Foto gunung meletus | Pixabay
Pernyataan Umum
Gunung meletus yaitu fenomena alam yang berupa keluarnya magma dari perut bumi yang diakibatkan oleh gas bertekanan tinggi ketika mulut gunung api tersumbat. Fenomena ini termasuk dalam kategori bencana alam yang dapat mengakibatkan berbagai macam kerusakan, serta dapat menelan korban yang khususnya bagi penduduk yang tinggal di sekitar gunung api.

Deretan Penjelas (Sebab Akibat)
Letak keberadaan gunung berapi yang aktif sangat terkait dengan jalur "The Ring Of Fire (Cincin Api)" atau zona pergerakan lempeng bumi. Peristiwa fenomena gunung meletus dapat memicu munculnya magma yang setiap saat bergerak ke atas akibat tekanan yang tinggi, sehingga mengintrusi batuan di sekitarnya melalui lubang dan rekahan gunung api.

Ketika magma mengalami pendinginan pada saat adanya kontak dengan udara luar, maka magma tersebut akan mengeras menjadi batu, sehingga sangat memungkinkan untuk menyumbat jalur keluarnya magma dari gunung berapi.

Setelah beberapa lama tersumbat oleh magma yang mengeras, maka hal itu dapat memicu magma yang didorong oleh gas mengalami akumulasi tekanan, apabila ketika sumbatan pada gunung berapi tersebut sudah tidak mampu untuk menahannya lagi maka akan terjadi fenomena alam gunung meletus dan erupsi yang bisa menimbulkan gempa vulkanik, serta munculnya awan panas yang sering disebut dengan nama "Wedhus Gembel".

Interprestasi (Kesimpulan)
Oleh karena itu, penting bagi semua masyarakat untuk memahami cara kerja gunung api ini supaya dapat dilakukan antisipasi jika berada di situasi seperti itu.

Selain itu kita juga harus mengikuti peringatan yang diberikan oleh pihak BMKG yang telah melakukan monitoring pada gunung api secara langsung. Sehingga kita dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengungsi agar tidak menjadi korban letusan gunung berapi.

Sekian informasi artikel pelajaran Bahasa Indonesia mengenai Pengertian Ciri Ciri Teks Eksplanasi Dan Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk proses pembelajaran kalian.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Lazada