Pengertian Dan Contoh Teks Persuasif Singkat Beserta Strukturnya

Friday, January 29, 2021
Daftar Isi
Pengertian Dan Contoh Teks Persuasif Singkat Beserta Strukturnya - Pembahasan lengkap pelajaran Bahasa Indonesia tentang pengertian teks persuasif, ciri ciri dan struktur teks persuasif beserta contohnya yang akan dijelaskan secara lengkap.

Pengertian Teks Persuasif: Ciri Ciri Dan Contoh Teks Persuasif Singkat Beserta Strukturnya

Pengertian Dan Contoh Teks Persuasif Singkat Beserta Strukturnya

Pengertian Teks Persuasif Adalah

Pengertian teks persuasi atau persuasif adalah sebuah jenis teks yang berisi tentang pembahasan suatu masalah untuk mencari perhatian orang lain (pembaca/pendengar) guna mengajak atau mendorongnya melakukan suatu tindakan secara sukarela ataupun sekedar menyetujui gagasan yang dibuat oleh si pengarang (penulis/pembicara).

Sebagai tulisan yang bersifat membujuk, tulisan-tulisan yang ada di dalam teks persuasif cenderung mengandung sebuah promosi yang sedang dibutuhkan oleh si pembaca ataupun si pendengar.

Teks perusuasi/persuasif seringkali dipakai dalam membahas berbagai isu, seperti isu mengenai sarana kesehatan, pendidikan, lingkungan, politik, agama, bisnis dan sebagainya.

Baca juga:

Ciri Ciri Teks Persuasif Adalah

  1. Mempengaruhi orang banyak untuk membahas suatu masalah tertentu.
  2. Menimbulkan kepercayaan kepada para pembaca/pendengarnya.
  3. Terdapat suatu data dan fakta dalam pembahasannya untuk memperkuat argumen alias pendapatnya.
  4. Memakai bahasa yang provokatif dan bujukan, sehingga dapat meyakinkan para pembaca/pendengar untuk melakukan ajakan si penulis/pembicara.
  5. Berupaya mencipatkan suatu kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan penulis/pembicara dengan para pembaca/pendengar.
  6. Berupaya menghindari sebuah konflik supaya dapat tercapainya kesepakatan.

Struktur Teks Persuasif Adalah

Untuk menyusun atau membuat teks persuasif, kita harus memperhatikan apa saja struktur yang terdapat pada ciri-ciri teks persuasif secara utuh supaya dapat menghasilkan teks persuasif yang baik dan benar.

Berikut ini adalah struktur teks persuasif yang terdiri atas:
1. Pengenalan Isu Dan Masalah
Pengenalan dan isu masalah merupakan salah satu struktur teks persuasi yang berisi penyampaian masalah dan menjadi dasar pembicaraan atau sebagai topik pembahasan oleh si penulis atau pembicara.

2. Argumen/Pendapat
Argumen atau pendapat yaitu bagian struktur teks persuasif yang berisi bukti untuk mendukung opini berupa fakta yang terkait pada topik masalah yang disampaikan oleh penulis/pembicara. Hal ini bertujuan untuk memperkuat argumen atau pendapat si penulis/pembicara.

3. Ajakan
Ajakan merupakan sebuah bagian inti dari teks persuasi, yaitu struktur teks persuasif yang berisi pernyataan si penulis/pembicara untuk mengajak atau melakukan suatu tindakan tertentu yang masih berkaitan dengan topik masalah kepada para pembaca/pendengar.
Misal: marilah, ayolah, berhentilah, mari bersama-sama, waspadalah)

4. Penegasan
Penegasan yakni sebuah pernyataan penulis yang bertujuan untuk memperkuat pendapat atau argumennya. Serta mengingatkan kembali kepada para pembaca/pendengar untuk segera melakukan tindakan tersebut.
Misal: Maka dari itu, oleh karena itu, oleh sebab itu, dengan demikian, dengan begini.

Macam Macam Contoh Bentuk Teks Atau Paragraf Persuasif

  • Bentuk lisan: Propaganda, demo, kampanye lisan.
  • Bentuk teks: Iklan, brosur, banner.
  • Bentuk elektronik: Iklan tv, radio, internet.

Contoh Teks Persuasif Singkat Beserta Strukturnya


1. Contoh Teks Persuasif Singkat Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya
Contoh Teks Persuasif Singkat Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya
Pasien demam berdarah | viva.co.id
(Pengenalan Isu) Penyakit demam berdarah dengue atau yang sering disebut dengan nama DBD merupakan penyakit yang sering muncul ketika musim hujan telah tiba. Penyakit DBD juga masuk kedalam kategori penyakit yang mematikan.

(Argumen) Pada bulan Oktober 2019 saja telah ditemukan 110.921 kasus DBD di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekitar mereka. Jika hal ini terus dibiarkan maka kasus DBD yang ada di Indonesia akan semakin bertambah.

(Ajakan) Untuk mengatasi masalah tersebut, mulai sekarang marilah kita melakukan pola hidup sehat untuk pencegahan DBD dengan membersihkan lingkungan sekitar, seperti menggunakan obat pembasmi nyamuk, menggunakan lotion anti nyamuk. (Penegasan) Maka dari itu, biasakan menjaga kebersihan lingkungan agar kita dapat hidup dengan sehat.

2. Contoh Teks Persuasif Singkat Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya
Contoh Teks Persuasif Singkat Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya
Tawuran para pelajar
(Pengenalan Isu) Kenakalan para remaja saat ini telah menjadi kekhawatiran bagi dunia pendidikan di Indonesia yang harus diwaspadai oleh para wali murid dan guru. (Argumen) Pasalnya data tawuran pelajar pada 2019 telah meningkat menjadi 14% dari tahun sebelumnya di tahun 2018 yaitu sebesar 12,9%.

Hal ini sangat miris sekali, mengingat data kenakalan para remaja semakin meningkat dan tentu saja masalah ini dapat merusak para generasi bangsa. Sehingga nantinya akan sulit untuk mencari putra-putri bangsa terpelajar dan berprestasi untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.

(Ajakan) Jadi mulai sekarang yang harus kita lakukan sebagai orang tua dan guru yaitu mengawasi serta memberikan pengarahan dan dukungan penuh terhadap si anak supaya mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang cukup untuk menciptakan keharmonisan keluarga. (Penegasan) Dengan demikian maka generasi muda bangsa Indonesia dapat menjadi generasi penerus yang terbaik.

3. Contoh Teks Persuasif Singkat Tentang Politik Beserta Strukturnya
Contoh Teks Persuasif Singkat Tentang Politik Beserta Strukturnya
Ilustrasi pemilu | dialeksis.com
(Pengenalan Isu) Berdasarkan sistem politik di Indonesia yang menganut sistem demokrasi, tentunya kita sebagai rakyat mempunyai hak dalam memilih seorang pemimpin untuk pemerintahan Indonesia.

Namun sebelum menentukan untuk memilih seorang pemimpin, maka hendaknya kita harus mengenali terlebih dahulu tentang karakter serta visi dan misi dari calon pemimpin tersebut. (Argumen) Sebab banyak calon pemimpin yang tidak bisa bekerja dengan profesional setelah terpilih menjadi pemimpin, di sisi lain seringkali pemimpin dan para anggotanya terjerat kasus korupsi dan suap.

(Ajakan) Sehingga marilah kita memilih pemimpin dengan karakter yang kuat, baik, jujur dan amanah serta memiliki visi misi yang jelas dan juga bisa bekerja profesional dalam membangun negeri ini.

(Penegasan) Oleh sebab itu kita harus memahami dan mengenal dengan betul karakter dari si calon pemimpin dengan melihat rekam jejaknya. Selain itu kita juga harus menghindari politik uang dan kampanye hitam, supaya pemilihan dapat berjalan jujur dan adil.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Dan Contoh Teks Persuasif Singkat Beserta Strukturnya. Semoga penjelasan ini dapat membantu kalian dalam memahami jenis jenis teks dalam Bahasa Indonesia.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Lazada