Pengertian Brainware Dan Macam Macam Contoh Brainware Komputer

No Comment Monday, January 04, 2021
Pengertian Brainware Dan Macam Macam Contoh Brainware Komputer - Pembahasan lengkap tentang pengertian brainware komputer, komponen brainware komputer, jenis-jenis brainware komputer dan contohnya pada materi pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Pengertian Brainware Dan Macam Macam Contoh Brainware Komputer Beserta Jenis Jenisnya

Pengertian Brainware Dan Macam Macam Contoh Brainware Komputer Beserta Jenis Jenisnya
Macam macam jenis brainware komputer | Pixabay @kreatikar

Pengertian Brainware Adalah

Pengertian brainware adalah sebuah istilah yang merujuk pada manusia yang berhubungan dengan sistem komputer, yaitu orang yang menggunakan atau mengoperasikan hardware dan software komputer.

Pengertian Macam Macam Contoh Komponen Brainware Komputer

1. Hardware Engineer
Hardware engineer adalah sebutan bagi orang-orang yang bekerja di bidang pengembangan perangkat keras komputer.

Para pekerja hardware engineer memiliki pengetahuan dan keahlian dalam mengembangkan sebuah perangkat keras komputer. Mereka juga mempunyai tanggung jawab dalam pengembangan teknik atau metode baru sebagai inovasi untuk menghasilkan pembuatan hardware komputer yang lebih baik dari versi sebelumnya.

2. Software Engineer
Software engineer merupakan orang yang bekerja sebagai pengembang perangkat lunak pada sistem komputer.

Untuk menjadi seorang software engineer maka diperlukan ilmu pengetahuan komputer serta kemampuan dalam mengoperasikan sistem komputer. Sebab software engineer bertanggung jawab dalam pembuatan dan pengembangan sebuah software komputer.

3. Network Engineer
Network engineer adalah salah satu komponen brainware yang merujuk pada seseorang yang bertugas sebagai pengembang jaringan komputer.

Seorang network engineer harus memiliki pengetahuan dalam mengoperasikan perangkat jaringan komputer baik dalam bentuk hardware maupun software, serta mereka juga harus mampu mengembangkan dan menangani berbagai macam masalah pada sistem jaringan komputer.

Baca juga:

Pengertian Jenis-Jenis Brainware Komputer

1. Administrator
Administrator adalah orang yang bertugas untuk mengelola sebuah sistem operasi dan program yang digunakan pada komputer ataupun sistem jaringan komputer.

2. Programmer
Programmer adalah sebutan untuk seseorang yang memiliki kemampuan khusus yang memahami bahasa pemrograman sistem komputer dan bertujuan dalam pembuatan sebuah program supaya dapat mendukung sistem pengoperasian komputer.

3. Operator
Operator adalah jenis brainware yang bertugas menjalankan sistem operasi dan program komputer. Misalnya yakni melakukan instalasi serta perawatan hardware komputer dan jaringan, melakukan perawatan sistem operasi komputer, menyiapkan data komputer untuk diakses, dan semacamnya.

Pengertian Macam Macam Contoh Brainware Komputer Dan Fungsinya

1. Software Developer/Builder
Software developer adalah orang yang memiliki kemampuan dalam memahami bahasa pemrograman dasar komputer seperti Java, C#, C++ dan Python untuk menciptakan dan mengembangkan sebuah software komputer. Contohnya yaitu membuat program aplikasi, sistem operasi dan program jaringan komputer.

2. Web Developer/Builder
Web developer adalah orang yang mempunyai kemampuan memahami bahasa pemrograman website seperti HTML, CSS, JS dan PHP untuk merancang dan mengembangkan sebuah website. Contohnya yaitu membuat website berita, media sosial, profil perusahaan, lembaga pemerintahan, serta tool online.

3. Sistem Analis
Sistem analis yaitu brainware mempunyai tanggung jawab atas perencanaan dan penelitian seputar program komputer yang akan dibuat ataupun yang sudah jadi.

Seorang sistem analis harus memiliki kemampuan dalam manajerial, teknik, analisis dan interpersonal. Sehingga sistem analisis sangat berperan penting bagi organisasi ataupun perusahaan teknologi informasi.

4. Graphic Designer
Graphic designer adalah sebutan untuk seseorang yang bekerja di bidang pembuatan gambar digital (digital imaging). Mereka membuat sebuah karya berupa desain ataupun ilustrasi digital menggunakan software desain grafis di komputer.

5. Teknisi Komputer
Teknisi komputer merupakan salah satu contoh brainware komputer yang bertugas untuk melakukan perawatan (maintance) pada sistem komputer.

Sehingga mereka akan memperbaiki semua jenis masalah (troubleshooting) yang ada di dalam komputer tersebut, baik itu dari segi hardware maupun software.

6. Teknisi Jaringan 
Teknisi jaringan adalah orang bertugas melakukan instalasi, pengembangan dan perawatan pada sistem jaringan komputer dengan menggunakan berbagai macam perangkat jaringan komputer.

7. Trainer
Trainer yaitu sebutan untuk para pembimbing atau instruktur yang menunjukkan tentang bagaimana cara mengoperasikan berbagai macam jenis jenis software di komputer.

Untuk menjadi seorang trainer, maka diperlukan ilmu pengetahuan yang luas tentang dunia komputer serta ahli dalam bidang pengoperasian komputer.

8. Konsultan
Konsultan yaitu seseorang yang mempunyai ilmu pengetahuan dalam bidang komputer tetapi tidak berperan dalam menangani secara langsung, melainkan hanya memberikan panduan berupa nasehat atau solusi.

Biasanya perusahaan membutuhkan konsultan IT untuk mendapatkan informasi yang tepat guna meminimalisir terjadinya pemakaian sumber daya yang dikelola kurang optimal.

9. Project Manager
Project manajer merupakan salah satu contoh brainware yang memiliki tugas sebagai pemimpin dan bertanggung jawab atas para karyawannya dalam mengerjakan sebuah proyek pengembangan hardware dan software komputer.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Brainware Dan Macam Macam Contoh Brainware Komputer Beserta Jenis Jenisnya. Semoga artikel dapat menambah wawasan kita.

Comments