Pengertian Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer Beserta Manfaatnya

No Comment Wednesday, December 30, 2020
Pengertian Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer Beserta Manfaatnya - Untuk melakukan komunikasi jarak jauh maka diperlukan sebuah perangkat yang mampu menghubungkan seseorang dengan orang lain.

Salah satu contoh perangkat yang bisa dipakai untuk komunikasi jarak jauh adalah perangkat jaringan komputer yang dihubungkan melalui media transmisi khusus.

Bagi kalian yang belum mengetahui tentang apa itu jaringan komputer, kalian dapat membaca ringkasannya di artikel berikut.

Pengertian Jaringan Komputer Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer Beserta Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer Beserta Manfaatnya

Pengertian Jaringan Komputer Adalah

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua unit komputer atau lebih yang saling terhubung melalui media transmisi untuk berbagi data ataupun sumber daya (resource) yang berupa hardware dan software komputer.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

1. Menurut Izaas El Said
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang dimana terdapat beberapa komputer yang saling terhubung, untuk saling berbagi informasi dan sumber daya.

2. Menurut Techi Wire House
Jaringan komputer merupakan suatu kumpulan dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain, dan mempunyai suatu koneksi tertentu.

3. Menurut Madcoms
Jaringan komputer ialah suatu kumpulan dari beberapa buah komputer dan suatu peralatan penunjang lainnya, yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi satu sama lainnya.

4. Menurut Wikipedia
Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.

Klasifikasi Jaringan: Macam Macam Jaringan Komputer Dan Pengertiannya


A. Pengertian Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

Jaringan client server atau client and server adalah sebuah rangkaian sistem jaringan yang terdiri dari komputer Client dan Server.

Arti dari Client adalah perangkat yang menjadi si pengguna layanan sumber daya yang disediakan oleh komputer Server. Sedangkan Server adalah sebuah perangkat yang bertugas sebagai penyedia layanan sumber daya yang dibutuhkan oleh komputer Client.

Jaringan peer to peer adalah sistem jaringan yang terdiri dari dua unit komputer atau lebih yang saling terhubung satu sama lain, serta setiap komputer memiliki kedudukan yang setara yaitu dapat bertindak sebagai Client maupun Server.

B. Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Strukturnya

  1. Topologi Jaringan Bus
  2. Topologi Jaringan Star
  3. Topologi Jaringan Ring
  4. Topologi Jaringan Mesh
  5. Topologi Jaringan Tree
  6. Topologi Jaringan Linier
  7. Topologi Jaringan Hybrid
Baca juga:

C. Pengertian Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area Atau Jangkauan Geografis

1. LAN (Local Area Network)
Jaringan area lokal atau LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang ruang lingkupnya kecil serta bersifat lokal karena hanya mampu menjangkau wilayah seluas 1 - 10 km.

Contoh jaringan LAN sering digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dengan stasiun kerja (workstation) di dalam sebuah rumah, gedung dan kantor guna berbagi sumber daya (resource). Contohnya yaitu berbagi Printer, Scanner, dan saling bertukar data atau informasi.

2. MAN (Metropolitan Area Network)
Jaringan area metropolitan alias MAN (Metropolitan Area Network) merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN untuk menjangkau area yang lebih luas.

Oleh karena itu jangkauan area jaringan MAN berjarak 10 - 50 km, sehingga sangat cukup dipakai untuk membangun jaringan satu kota. Media transmisi jaringan MAN seringkali memakai kabel serat optik (fiber optic) untuk bertukar data.

3. WAN (Wide Area Network)
Jaringan area luas atau WAN (Wide Area Network) adalah sebuah jaringan yang ruang lingkupnya meliputi antar kota, provinsi, negara, benua, bahkan seluruh dunia.

Contoh jaringan WAN yaitu jaringan yang menghubungkan antar bank di Indonesia dan kantor pemerintahan Indonesia. Media transmisi jaringan WAN yakni memakai kabel fiber optic, tetapi ada juga yang memakai satelit.

D. Pengertian Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Akses Sumber Data/Informasi

1. Jaringan Terpusat
Jaringan terpusat adalah sebuah sistem jaringan yang terdiri dari komputer klien dan peladen, yang mana fungsi komputer klien yaitu sebagai perantara untuk mengakses data atau informasi yang berasal dari satu komputer peladen.

2. Jaringan Terdistribusi
Jaringan terdistribusi merupakan sistem jaringan yang terdiri atas perpaduan dari beberapa jaringan terpusat, sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang menghubungkan antar klien dan membentuk sistem jaringan tertentu.

E. Pengertian Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data/Informasi

1. Jaringan Kabel (Wired Network)
Sebuah sistem jaringan komputer yang memakai kabel jaringan untuk menghubungkan tiap-tiap komputer. Kabel jaringan ini berguna sebagai media transmisi data komputer dalam bentuk sinyal listrik.

Adapun beberapa contoh perangkat jaringan komputer yang dipakai dalam sistem jaringan komputer, yaitu kabel fiber optik, STP, UTP, LAN Card, Router.

2. Jaringan Tanpa Kabel (Wireless Network)
Jaringan tanpa kabel atau disebut nirkabel adalah sebuah sistem jaringan yang memakai sinyal elektromagnetik untuk menghubungkan pada setiap komputer dan juga sebagai media transmisi data.

Untuk menerapkan sistem jaringan komputer tanpa kabel maka memerlukan beberapa perangkat jaringan komputer seperti Wi-Fi Adapter, NIC Card, WLAN Card, Router Wi-Fi.

Baca juga:

Macam Macam Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum

Berikut ini adalah berbagai macam contoh manfaat jaringan komputer secara umum dalam kehidupan sehari-hari:
  1. Efisiensi dalam berkomunikasi karena dapat dilakukan dengan jarak jauh.
  2. Sangat efisien untuk transfer data dengan cepat.
  3. Menjaga keamanan data agar lebih terjamin.
  4. Memudahkan untuk mengakses sebuah informasi supaya tetap up to date.
  5. Kemudahan dalam berbagi sumber daya, seperti hardware dan software.
  6. Manajemen sumber daya supaya lebih efisien.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer Beserta Manfaatnya. Semoga informasi ini dapat membantu.

Comments