Pengertian Jaringan Peer To Peer Serta Kelebihan Dan Kekurangan

No Comment Thursday, December 10, 2020
Pengertian Jaringan Peer To Peer Serta Kelebihan Dan Kekurangan - Jika kalian sedang mempelajari jenis jenis topologi jaringan komputer pastinya kalian pernah mendengar istilah sistem jaringan Peer to Peer serta Client Server. Karena sebelumnya kita sudah membahas tentang jaringan client server, maka pada kali ini akan membahas tentang jaringan peer to peer.

Pengertian Jaringan Peer To Peer Serta Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer Dilengkapi Gambar

Pengertian Jaringan Peer To Peer Serta Kelebihan Dan Kekurangan
Contoh gambar jaringan peer to peer

Pengertian Jaringan Peer To Peer Adalah

Jaringan Peer To Peer merupakan jenis jaringan yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu sama lain, serta setiap komputer memiliki kedudukan yang setara yaitu dapat bertindak sebagai Client maupun Server.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh perangkat yang terhubung kedalam sistem jaringan ini maka semuanya akan dianggap memiliki kedudukan yang setara, dan memiliki hak akses yang sama karena tidak tergantung pada manajemen server.

Ciri Ciri Atau Karakteristik Jaringan Peer To Peer

  1. Setiap komputer user dapat bertindak sebagai client ataupun server.
  2. Manajemen konfigurasi keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user.
  3. Tidak memerlukan spesifikasi komputer yang bertugas sebagai server.
  4. Sistem jaringan terpusat pada semua komputer yang terhubung.

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer Beserta Penjelasannya


A. Kelebihan Jaringan Peer To Peer Adalah

1. Jaringan Tidak Tergantung Pada Server
Jenis jaringan peer to peer tidak tergantung pada komputer server yang bertugas sebagai pengelola jaringan, sehingga kelangsungan aktivitas lalu lintas jaringan tidak dipengaruhi oleh satu komputer saja, melainkan tergantung dari setiap perangkat yang terhubung.

2. Penggunaan Yang Mudah
Keunggulan jaringan peer to peer selanjutnya yaitu kita tidak memerlukan seorang admin profesional untuk melakukan operasional jaringan.

3. Biaya Instalasi Jaringan Yang Relatif Murah
Kelebihan jaringan peer to peer lainnya adalah penggunaan biaya yang akan kita keluarkan untuk instalasi jaringan relatif cukup murah, karena kita tidak memerlukan perangkat komputer dengan spesifikasi hardware dan software khusus seperti yang dibutuhkan oleh komputer server.

4. Gangguan Jaringan Tidak Mempengaruhi Komputer Lain
Keunggulan jaringan peer to peer yaitu apabila ada salah satu komputer mengalami gangguan maka lalu lintas jaringan pada komputer lainnya tidak akan terpengaruh oleh gangguan tersebut.

5. Pemakaian Sumber Daya Secara Bebas
Kelebihan jaringan peer to peer ialah setiap user dapat membagikan sumber daya (resource) mereka seperti media penyimpanan data dan printer yang terhubung ke komputer digunakan oleh user lainnya.

B. Kekurangan Jaringan Peer To Peer Adalah

1. Penggunaan Jaringan Hanya Untuk Skala Kecil
Kelemahan jaringan peer to peer yakni hanya bisa bekerja optimal apabila dipakai untuk skala atau jangkauan yang lebih kecil saja, karena jika terlalu banyak perangkat terhubung yang kedalam sistem jaringan ini maka proses lalu lintas jaringannya akan terlalu pada dan mengkibatkan berjalan lambat.

2. Permasalahan Pada Jaringan Lebih Rumit
Kekurangan jaringan peer to peer apabila dalam skala besar yakni penanganan troubleshooting yang lebih sulit untuk ditangani, hal ini disebabkan oleh semua komputer ikut terlibat kedalam komunikasi yang ada.

3. Tidak Adanya Pusat Manajamen Kontrol
Kekurangan sistem jaringan peer to peer adalah memiliki kinerja yang kurang praktis, hal itu dikarenakan keamanan jaringan dan backup data ditentukan oleh masing-masing komputer yang terhubung ke jaringan peer to peer. Sehingga jaringan ini sangat sulit sekali untuk dikelola lantaran tidak memiliki server yang berfungsi sebagai pusat kontrol jaringan.

4. Memerlukan Pemahaman Setiap User
Setiap user harus dapat memahami tugas sebagai admin untuk mengoperasikan komputer mereka sendiri.

5. Proses Lalu Lintas Jaringan Terlalu Padat
Kekurangan jaringan peer to peer yaitu terletak pada aktivitas lalu lintas jaringannya yang terlalu padat dikarenakan semua user dapat melakukan sharing data tanpa adanya kontrol dari server. Contohnya yaitu seperti penggunaan sumber daya oleh semua user pada waktu yang bersamaan.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Pengertian Jaringan Peer To Peer Serta Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer Yang Dilengkapi Dengan Gambarnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Comments