Gambar Nama Posisi Pemain Bola Basket Dan Tugasnya Lengkap

No Comment Thursday, October 15, 2020
Gambar Nama Posisi Pemain Bola Basket Dan Tugasnya Lengkap - Dalam olahraga permain bola basket, semua posisi pemain harus menjalankan tugasnya masing-masing dengan benar supaya dapat melakukan kerja sama tim yang baik untuk mencapai kemenangan.

Dalam permainan basket memerlukan 5 orang pemain. Selain itu setiap posisi pemain basket juga memiliki nama yang berbeda, contohnya yaitu Point Guard, Shooting Guard, Power Guard, Small Guard dan Center. Setiap pemain bola basket memiliki tugas yang berbeda-beda, hal ini disesuaikan dengan posisi yang ditempatinya di lapangan bola basket. 

Untuk mengetahui setiap tugas pemain bola basket yang sesuai dengan posisinya di lapangan, berikut ini akan saya jabarkan uraiannya melalui penjelasan di bawah ini.

Gambar Nama-Nama Posisi Pemain Bola Basket Dan Tugasnya Lengkap Dengan Penjelasannya


Gambar Posisi Pemain Bola Basket Dan Namanya

Gambar Posisi Pemain Bola Basket Dan Namanya
Gambar nama posisi pemain bola basket di lapangan sesuai nomor urutnya

5 Nama Posisi Pemain Bola Basket Dan Tugasnya Masing-Masing

1. Point Guard (Posisi pemain nomor urut 1)
Tugas pemain bola basket sebagai point guard yaitu harus mampu menggiring dan mengoper bola dengan baik untuk memimpin tim dalam melakukan serangan kepada lawan. Selain itu pemain point guard disebut sebagai playmaker dalam pertandingan karena bertugas sebagai pengatur atau pemegang strategi pergerakan timnya. Sehingga pemain point guard seringkali mendapatkan assist tertinggi pada setiap permainan.

Pemain point guard biasanya memiliki tinggi badan yang paling pendek di antara pemain lainnya karena harus memiliki kelincahan dalam mendribble bola saat bermain basket.

2. Shooting Guard (Posisi pemain nomor urut 2)
Posisi pemain basket shooting guard harus memiliki kecepatan dan kelincahan dalam bergerak, Tugas utama pemain shooting guard yaitu mencetak sebuah angka untuk timnya, sehingga pemain ini harus memiliki keahlian dalam melakukan tembakan yang akurat, terutama tembakan dari luar 3 point line.

Maka dari itu pemain shooting guard harus ahli dalam menguasai teknik shooting, seperti midrange shoot, fadeaway shoot, lay up, dunk, catch and shoot, dan corner shoot.

Baca juga:

3. Small Forward (Posisi pemain nomor urut 3)
Small forward merupakan posisi pemain bola basket yang dapat diandalkan, sebab pemain ini memliki kekuatan dan kelincahan dalam bermain serta harus mempunyai skillset yang tinggi dalam melakukan passing dan shooting bola karena tugas pemain basket small forward yaitu dapat membantu dalam menentukan pola serangan yang dipikul oleh point guard serta membantu shooting guard dalam mencetak goal untuk timnya.

4. Power Forward (Posisi pemain nomor urut 4)
Posisi pemain bola basket untuk power forward yaitu memiliki tugas dalam melakukan pertahanan rebound, kuat dalam block out dan scoring saat offense. Sehingga tugas power forward memiliki peran yang sama dengan pemain center, sehingga pemain ini juga harus memiliki postur yang tinggi dan kuat.

5. Center (Posisi pemain nomor urut 5)
Tugas pemain bola basket untuk center yaitu sebagai pusat atau poros yang bermain di dekat baseline dan keranjang guna mengumpulkan rebound, merebut bola dan tembakan serta mengatur layar permainan. Posisi pemain ini memiliki postur tubuh yang paling tinggi dan paling kuat di antara pemain basket lainnya karena pemain ini berada di lini belakang lapangan untuk menghalangi serangan lawan.

Karena tugas utamanya adalah untuk bertanggung jawab untuk mempertahankan base, maka pemain center seringkali melakukan pick and roll dengan posisi guard ataupun forward.

Demikian penjelasan mengenai Gambar Nama Posisi Pemain Bola Basket Dan Tugasnya Lengkap. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Comments