10+ Contoh Usaha Atau Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

2 Comments Friday, September 25, 2020
10+ Contoh Usaha Atau Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil - Untuk membuka sebuah usaha atau bisnis baru sebenarnya kita tidak harus memiliki modal yang besar, karena dengan modal yang minim saja dapat kita manfaatkan untuk memulai sebuah usaha baru yang sangat menguntungkan, bahkan bisnis ini juga bisa kita lakukan di dalam rumah kita sendiri.

Jika kita ingin memulai sebuah bisnis baru, maka kita harus mengutamakan untuk memilih sebuah bisnis sesuai dengan bidang yang kita sukai serta sesuai dengan keahlian kita. Sebab apabila kita menjalankan sesuai dengan passion dan skill yang kita miliki maka peluang untuk menggapai kesuksesan dalam berbisnis akan sangat besar sekali meskipun itu hanya untuk usaha sampingan saja.

Buat kalian yang ingin memulai bisnis rumahan, berikut ini saya akan menunjukkan beberapa ide usaha rumahan modal kecil namun bisa untung besar.

Contoh Peluang Usaha Atau Ide Bisnis Rumahan Online Dan Offline Dengan Modal Kecil


1. Kerajinan Rotan

Rotan merupakan bahan alami yang dapat dipakai untuk membuat berbagai macam kerajinan anyaman, biasanya rotan dipakai untuk kebutuhan peralatan rumah tangga, tapi selain itu kerajinan rotan juga dapat difungsikan sebagai dekorasi eksterior dan interior rumah, kantor, kafe hingga hotel.

Namun sayangya masih banyak pengrajin rotan yang belum memanfaatkan kreatifitasnya secara penuh sehingga karya yang dihasilkan hanya itu itu saja dan membuat bosan.

Maka dari itu kita bisa mencoba untuk membuka bisnis rumahan kerajinan rotan yang out of the box alias unik agar bisa membuat konsumen lebih tertarik. Tapi jika kamu tidak memiliki keahlian menganyam rotan maka kamu bisa bekerja sama dengan para pengrajin untuk memasarkan produk mereka, serta kamu juga bisa memberikan inovasi baru untuk membuat desain-desain unik, seperti tas rotan berbentuk ikan, vas berbentuk angry bird, tempat penyimpanan barang berbentuk kepala Ice Bear (Bare Bears).

2. Usaha Kerajinan Tangan (Handcraft) Dari Barang Bekas

Ide Bisnis Rumahan Kerajinan Tangan
Ide usaha rumahan kerajinan tangan | Interiordesign id
Selain kerajinan rotan, kalian juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk dikelola menjadi barang baru yang unik sehingga memiliki nilai jual. Kalian bisa membuat banyak sekali kerajinan unik dari barang bekas, seperti tas, topi, gelang, aksesoris pakaian, souvenir pernikahan dan bisa juga untuk menghasilkan dekorasi rumah seperti vas bunga dan hiasan dinding.

Contoh usaha rumahan kreatif yang satu ini sangat cocok sekali untuk dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga, karena kita bisa bekerja tanpa terikat oleh waktu dan bisa dikerjakan di rumah sambil mengawasi anak.

3. Bisnis Camilan Dan Kue

Ide Bisnis Rumahan Camilan
Ide bisnis rumahan camilan dan kue | Pixabay
Jika kalian adalah orang suka ngemil atau jajan pastinya kamu sudah tau betul mana makanan ringan yang membosankan dan yang bikin ketagihan. Dari pengalaman tersebut, kamu dapat mencoba ide bisnis rumahan kreatif untuk pemula dengan cara mencari inovasi baru untuk membuat camilan unik yang menggiurkan sehingga bikin orang lain penasaran, karena di jaman sekarang ini banyak orang yang ingin merasakan jajanan aneh dan antimainstream asalkan bisa trending di media sosial.

Selain camilan kamu juga dapat membuka usaha rumahan dengan menjual kue kering ataupun kue basah, karena bisnis yang satu ini sangat menguntungkan sekali pada saat waktu-waktu tertentu seperti musimnya hajatan untuk pesta pernikahan, khitan, atau pada saat di hari raya Idul Fitri.

4. Usaha Katering Rumahan

Selain contoh usaha rumahan makanan ringan dengan menjual camilan dan kue, bisnis makanan berat juga tak kalah menguntungkannya. Namun untuk menjalankan usaha ini sangatlah berat karena kita perlu mengeluarkan modal yang sedikit lebih besar serta harus memiliki keahlian memasak yang handal.

Sebab bisnis katering akan dinilai dari cita rasa makanan tersebut, karena makanan yang dipesan oleh konsumen biasanya dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari, seperti para buruh, karyawan kantor, maupun untuk acara besar seperti pesta pernikahan dan ulang tahun.

5. Penjahit

Sebagian besar orang meremehkan upah seorang penjahit, padahal jika kita telusuri lebih dalam gaji yang mereka dapatkan dari menjahit meskipun berada di pedesaan bisa melebihi dari upah buruh pabrik yang gajinya UMR di perkotaan, sehingga menjadi penjahit dapat dijadikan sebagai contoh usaha rumahan dengan modal kecil untung besar.

Apalagi jika pada saat lebaran hampir tiba maka pesanan atau orderan yang mereka terima sangat banyak sekali hingga para penjahit mengalami kewalahan. Selain itu pada waktu tertentu seperti sebelum hari pertama masuk sekolah mereka juga menerima banyak sekali pesanan seragam sekolah.

Di sisi lain jika tidak ada pesanan maka kita bisa merancang busana ataupun membuat aksesoris pakaian sendiri seperti jilbab untuk dipasarkan melalui media online seperti Facebook dan Instagram, serta situs marketplace lainnya.

6. Jasa Penyewaan Busana

Ide Bisnis Rumahan Jasa Penyewaan Busana
Ide bisnis jasa penyewaan busana | Ruangmom com
Menyewakan busana adalah salah satu contoh ide bisnis rumahan yang bisa membawa keuntungan besar bagi kita. Busana-busana yang kita sewakan sangatlah beragam, bisa untuk kebutuhan formal seperti acara wisuda, untuk perayaan seperti busana pernikahan, prewedding, hari kartini, hari pahlawan, hari kemerdekaan dan juga acara-acara besar lainnya.

Kita bisa bekerja sama dengan para penjahit pakaian untuk memesan model busana sesuai dengan kebutuhan, serta bekerja sama dengan Wedding Organizer dan Studio Foto untuk mendapatkan banyak pelanggan yang ingin menyewa busana.

7. Laundry Pakaian

Apabila kita memiliki modal yang lebih besar maka kita bisa memanfaatkannya untuk membuka usaha rumahan berupa Laundry alias jasa cuci pakaian. Sebab tidak semua orang memiliki mesin cuci dan juga tidak semua orang memiliki waktu untuk mencuci pakaiannya.

Jadi bisa dibilang contoh ide usaha rumahan yang satu ini sangatlah menguntungkan sekali. Namun kalian harus teliti dalam menjalankan bisnis ini karena biasanya selalu saja ada kesalahan seringkali kita alami, seperti pakaian yang hilang, tertukar, kurang bersih dan sebagainya sehingga kitalah yang akan terkena komplain dari para pelanggan dan membayar ganti rugi.

8. Dropshipper

Contoh ide bisnis rumahan yang sukses adalah menjadi Dropshipper, karena dalam pekerjaan ini kita hanya perlu mempromosikan barang milik orang lain tapi menjual sesuai dengan harga yang sudah kita tentukan.

Jadi disini kita bekerja sama dengan pemilik barang untuk menjual barang mereka. Jadi apabila ada pembeli maka pembeli tersebut membayar (harga penyalur) kepada kita terlebih dahulu, lalu kita membayar (harga produsen) ke pemilik barang, sehingga kita tidak perlu menyediakan stock barang.

Keuntungan yang kita peroleh dari bisnis ini sangat besar sekali apabila kita pandai dalam menjual produk-produk tersebut. Dan yang lebih enaknya lagi bisnis ini tidak memiliki resiko yang cukup besar karena kita hanya perlu modal smartphone dan internet untuk memasarkan produk tersebut.

Baca juga:

9. Menjadi Gamer

Contoh Ide bisnis rumahan online yang sukses adalah dengan menjadi Gamer. Menjadi Gamer pada saat ini telah termasuk dalam salah satu bisnis yang menguntungkan. Menjadi seorang gamer kita tidak perlu kerja diluar rumah serta bisa memilih waktu dengan bebas untuk bermain.

Untuk menjadi gamer kalian bisa mendapatkan penghasilan dari iklan online dan sponsor dari partner. Jika ingin menjadi Gamer maka kalian wajib membuat konten yang berisi tentang informasi update mengenai game terbaru dan juga tutorial memainkannya secara professional skill.

Platform paling cocok saat ini yang dapat kalian gunakan untuk menjalankan bisnis tersebut ialah di Youtube dan Facebook untuk upload konten video, jika memungkingkan kita bisa membuat website pribadi untuk mengupload video dan juga artikel yang membahas tentang game lainnya.

10. Menjadi Freelancer

Bekerja secara freelance merupakan sebuah contoh ide bisnis rumahan online yang tanpa terikat oleh perusahaan. Kalau kamu sudah bosan menjadi karyawan atau seorang buruh dan ingin bekerja secara bebas di rumah sendiri tanpa terikat oleh waktu apapun maka bekerja sebagai karyawan lepas (Freelancer) adalah pilihan yang tepat.

Dalam bisnis ini kamu hanya perlu menjual jasamu secara online, seperti menjadi desain grafis, editor foto dan video, content writer, bahkan bisa juga menjadi menjual jasa sebagai programmer aplikasi dan website.

11. Kebun Hidroponik

Ide Bisnis Rumahan Kebun Hidroponik
Ide bisnis kebun hidroponik | Erzifarm com
Berkebun dengan metode Hidroponik kini telah menjadi tren di kalangan petani, selain itu menanam dengan cara hidroponik juga sering dijadikan bisnis rumahan bagi para petani muda.

Untuk memulai bisnis rumahan kebun hidopronik kita dapat mencobanya di lahan yang sempit sekalipun, karena tujuan membuat kebun hidroponik sendiri dibuat untuk para petani yang tidak memiliki lahan luas. Beberapa contoh tanaman yang sering dijadikan sebagai bisnis hidopronik yaitu tumbuhan seperti sayuran seperti Cabai, Tomat, Kangkung dan Selada, adapun buah-buahan hidopronik seperti Semangka, Melon dan Stroberi.

12. Bonsai Tanaman

Contoh peluang usaha rumahan kreatif selanjutnya yaitu bisnis bonsai tanaman. Bonsai ialah seni yang bertujuan untuk membuat tanaman yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mirip miniatur dari refleksi pohon yang sebenarnya (di alam bebas).

Bisnis membuat bonsai tanaman sangatlah rumit, sebab kita harus memiliki keahlian teknik memotong, memangkas dan membentuk tanaman supaya terlihat eksotis. Tapi untungnya harga bonsai juga ditentukan dari tingkat kerumitan saat membuat bentuk bonsati tanaman tersebut.

Itulah 10+ Contoh Usaha Atau Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil yang dapat kalian coba. Semua ide usaha tersebut dapat mendatangkan keuntungan ataupun sebaliknya yang bisa membuat rugi, karena semua bisnis itu tergantung pada kita dalam membaca peluang dan juga kerja keras dalam mengelola usaha tersebut.

2 comments:

  1. Menurut saya, freenlancer dan dropshipper lebih mudah dijalani dengan rajin promosi dan pelayanan berkualitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, karena promosi dan pelayanan yang baik dapat meningkatkan brand awareness sehingga dapat mendatangkan lebih banyak konsumen

      Delete