7 Cara Merawat Dan Menghemat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

No Comment Thursday, September 24, 2020
7 Cara Merawat Dan Menghemat Baterai Laptop Agar Tahan Lama - Kapasitas penyimpanan daya pada baterai merupakan suatu komponen yang sangat penting pada laptop, karena semakin besar kapasitas daya penyimpanan baterai tersebut maka semakin lama kita bisa memakai laptop tersebut.

Namun tingkat daya ketahanan dan umur baterai laptop juga dapat dipengaruhi oleh kondisi tentang bagaimana cara kita menggunakan laptop tersebut. Untuk mengetahui cara merawat dan merawat baterai laptop dengan benar maka kalian dapat melihat ringkasannya di bawah ini.

Tips Ampuh Untuk Cara Merawat Dan Menghemat Baterai Laptop Dengan Benar Agar Tahan Lama

Cara Merawat Dan Menghemat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

1. Aktifkan Mode Power Saver

Menggunakan Mode Power Saver merupkan langkah pertama yang bisa kalian coba sebagai cara menghemat baterai laptop windows 7, 8 dan 10. Karena dengan mengaktifkan fitur ini maka penggunaan baterai laptopmu akan menjadi lebih awet sehingga usia baterai dapat bertahan lebih lama.

Untuk mengaktifkan fitur ini sangatlah mudah sekali, silahkan kalian klik "Icon Battery" pada taksbar pojok kanan bawah kemudian pilih menu "More power options" setelah itu pilih mode "Power Saver".

2. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar Monitor

Langkah selanjutnya untuk cara menghemat baterai laptop yaitu dengan mengurangi tingkat kecerahan pada layar laptop. Jika kita menggunakan tingkat kecerahan layar laptop yang terlalu terang maka hal itu akan membutuhkan konsumsi daya baterai laptop yang sangat besar sehingga baterai laptop akan menjadi cepat habis/boros.

Oleh karena itu lebih baik mengurangi tingkat kecerahan layar tersebut untuk menghemat daya baterai agar lebih awet. Untuk mengatur kecerahan layar laptop silahkan klik di "icon battery" pilih "Adjust screen brightness" lalu klik "Change plan settings" kemudian atur tingkat kecerahannya ke level yang paling rendah.

3. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara yang paling mudah untuk menghemat baterai laptop windows yaitu kita hanya perlu menutup aplikasi yang tidak kalian gunakan. Selain dapat memperlambat kinerja laptop, aplikasi yang banyak berjalan di latar belakang komputer juga dapat menyerap banyak sekali daya dari baterai laptop kita. Jadi solusi terbaiknya yakni dengan menghentikan atau menutup beberapa aplikasi yang sedang tidak kita gunakan.

Baca juga: Cara Membersihkan Layar Laptop Yang Kotor Dengan Aman

4. Perhatikan Suhu Lingkungan Sekitar

Cara merawat baterai laptop yang benar yaitu kita harus memperhatikan kondisi lingkungan sekitar sebelum memakai laptop di tempat tersebut. Jika lingkungan yang ada di sekitarmu sedang mengalami cuaca ekstrem seperti suhu minus atau terlalu panas, maka hal itu dapat merusak kondisi baterai baterai laptop milikmu.

Jadi alangkah baiknya jika kita memakai laptop di tempat yang nyaman dan aman untuk menghindari kerusakan pada laptop. Selain itu saat menyimpan laptop kita harus memperhatikannya dengan baik, apakah tempat tersebut aman dari suhu panas atau dingin, benturan, goresan, guncangan dan sebagainya.

5. Nonaktifkan Sinyal Wi-Fi Laptop Jika Tidak Digunakan

Seperti yang kalian ketahui, bahwasannya sebagian besar laptop saat ini memakai jaringan wifi untuk mengakses internet dan transfer data. Ternyata sinyal wifi juga dapat membuat baterai laptop menjadi boros.

Jadi solusi yang tepat sebagai cara menghemat baterai laptop windows 7, 8 dan 10 yaitu dengan mematikan/nonaktifkan sinyal wifi saat tidak digunakan. Untuk menonaktifkan sinya wifi silahkan kalian masuk ke menu "Start/Windows > Control Panel" lalu ubah tampilan control panel "View by: Large Icon" dan pilih menu "Windows Mobility Center" kemudian klik "Turn Wireless Off" pada Wireless Network.

6. Gunakanlah Charger Laptop Yang Original

Menggunakan charger laptop original buatan pabrik dari vendor laptop asli merupakan salah satu cara merawat baterai laptop yang benar dan mudah.

Apabila kita memakai charger merek lain ataupun kw maka hal itu dapat merusak daya baterai, sebab kapasitas penyimpanan daya listrik pada baterai laptop itu berbeda-beda, begitu juga dengan charger laptop yang memiliki arus listrik yang berbeda pada merek dan tipe laptop saat melakukan pengisian daya baterai. Jika kita terus-menerus menggunakan charger laptop lain maka baterai laptop kita cepat rusak dan eror.

7. Pakailah Laptop Sewajarnya

Saat kalian menggunakan laptop maka kalian harus menggunakannya dengan baik alias sewajarnya. Selain itu ada beberapa hal yang tidak boleh kalian lakukan sebagai cara merawat dan menghemat baterai laptop, yaitu seperti berikut:

  • Lebih baik mengecas laptop dalam keadaan mati.
  • Cabut charger jika sudah penuh 100%.
  • Jangan gunakan laptop hingga ngedrop alias baterai laptop habis sepenuhnya yaitu 0%.
  • Sangat tidak dianjurkan untuk memakai laptop sambil dicharger/cas.

Demikianlah info sekilas mengenai Cara Merawat Dan Menghemat Baterai Laptop Agar Tahan Lama yang dapat kalian buktikan sendiri pada semua merek laptop seperti Asus, Dell, HP, Acer dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Comments