12 Trik Yang Saya Lakukan Untuk Meningkatkan Pengunjung Website Hingga 300%

2 Comments Monday, December 09, 2019
Meningkatkan Pengunjung Website Dengan Optimasi On Page Dan Off Page
Trik Yang Saya Lakukan Untuk Meningkatkan Pengunjung Website Hingga 300% - Saya sebenarnya sudah sekitar 3 tahun lebih menjadi seorang blogger, namun trafik blog yang dapatkan saya dapatkan masih terlalu sedikit, sehingga saya pun melihat bergabung di beberapa forum untuk mencari tau bagaimana caranya agar visitor blogku cepat naik sehingga menjadi ramai pengunjungnya.

Setelah itu saya melihat ada anggota grup yang bertanya "Bagaimana sih cara untuk meningkatkan pengunjung?" lalu sebagian besar anggota grup tersebut mengatakan "Harus rajin bikin artikel yang banyak, jika sudah maka pengunjung blog akan datang sendiri".

Dan hal yang membuat saya sangat kegirangan adalah ketika ada seorang anggota grup yang menampilkan "screenshot traffic blog di google analytics dan penghasilan adsense" lalu menambahkan caption "Gak usah banyak nanya, karena resepnya hanyalah terus melakukan update artikel".

Setelah mengetahui hal tersebut saya pun menjadi semangat untuk membuat artikel banyak-banyak, bahkan yang biasanya 1 minggu hanya mampu membuat 3 artikel kini saya bisa buat hingga 3 artikel perharinya.

Namun setelah saya lakukan hal tersebut selama sekitar 2 bulan ternyata memang benar, trafik blog saya sedikit demi sedikit mengalami kenaikan yang stabil, yaitu hampir sekitar 20% perbulannya.

Meningkatkan Pengunjung Website Dengan Update Artikel
Tapi setelah beberapa hari tidak update konten baru, tiba tiba traffic blogpun mengalami penurunan yang drastis, ditambah lagi Algoritma mesin pencari Google telah mengalami update sehingga teknik SEO lama sudah tidak bisa memberikan banyak pengaruh lagi.

Merasa frustasi, akhirnya saya mencoba untuk membuat teknik baru sendiri yang akan saya pakai untuk uji coba di blog baru saya ini, dan akhirnya traffic blogpun mengalami kenaikan yang cukup signikan bagi blog yang berumur kurang dari 2 bulan tersebut.

Jika kalian mencoba teknik ini mungkin kalian bisa mendapatkan hasil yang lebih besar dari yang saya dapatkan, namun bisa juga sebaliknya. Karena saya tidak dapat menjaminnya,sebab usaha dan problem seseorang berbeda-beda.

Trik Yang Saya Pakai Untuk Mendapatkan Traffic Website Hingga 300%

A. Meningkatkan Traffic Organik


Untuk mendapatkan traffic yang organik, hal paling utama yang harus dilakukan ialah membangun kualitas on page itu yang telah menjadi pondasi web tersebut. Sebab dengan melakukan optimasi on page yang tepat akan membangun kualitas yang bagus untuk website kita di mata para pengunjung.

Ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk mengoptimasi bagian on page, yang di antaranya adalah seperti berikut.

1. Melakukan Riset Keyword Dengan Pencarian Tinggi

Meningkatkan Pengunjung Website Dengan Riset Keywprd
Sebelum membuat sebuah artikel, alangkah baiknya kita melakukan sebuah riset kata keyword terlebih dahulu untuk mencari kata kunci yang sangat potensial dalam menarik traffic.

Kalian dapat memanfaatkan tool gratis seperti Google Keyword Planner (GKP) dan Ubersuggest milik Neilpatel.

Dalam riset keyword kalian harus memakai kata kunci utama dan juga turunan agar lebih halaman website kita optimal. Selain itu carilah keyword yang memiliki pencarian tinggi namun persaingan yang rendah.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah halaman website kita tampil di page one google dan search engine lainnya.

2. Buatlah Konten Yang Saling Berhubungan

Jika dalam sebuah buku terdapat sebuah bagian bagian materi pelajaran yang dipisahkan oleh beberap BAB, maka kita juga dapat menerapkan hal yang serupa dalam konten blog kita.

Contoh, konten pertama kita membuat artikel "Cara Membuat Blog Untuk Pemula" selanjutnya bikin lagi yang membahas hal yang serupa "Cara Membuat Blog Agar Berkualitas" lanjut lagi "Cara Mendongkrak Visitor Blog Dengan Cepat" dan seterusnya.

Nah konten-konten yang saling berhubungan seperti ini biasanya lebih disukai oleh robot search engine, sebab memiliki related content yang sangat relevan dan juga memiliki pembahasan yang lebih lengkap karena terus berlanjut.

3. Membuat Konten Berkualitas

Trik Utama Meningkatkan Pengunjung Website adalah fokus pada konten.

Konten adalah raja, mungkin itulah kata-kata yang sering diucapkan oleh para mastah.

Konten memang bisa dikatakan sebagai pondasi utama yang bisa dipakai untuk mendatangkan visitor, sebab tujuan dari visitor itu sendiri adalah mencari informasi yang sedang mereka butuhkan.

Oleh sebab itu buatlah konten yang berkualitas dan lengkap, seperti mencatumkan sumber rujukan, menyisipkan dokumen sebagai bahan pendukung seperti gambar, video, ebook, tool, dan lainnya.

Pasang juga internal link untuk meningkatkan pageview, selain itu hal ini juga bisa meningkatkan kualitas SEO dan juga mempercepat kerja robot mencari untuk melakukan perayapan.

4. Gunakan Kalimat Yang Menarik Pada Judul

Judul adalah kunci utama yang bisa dipakai untuk dijadikan umpan yang berguna untuk memancing para pengguna internet. Sebab konten yang ditampilkan paling mencolok di halaman SERP adalah judul artikel itu sendiri.

Maka dari itu buatlah judul yang sangat unik, bombastis, fantastis dan juga fenomenal agar pengunjung internet sangat tertarik untuk membuka konten kita sehingga traffic website kita akan terus naik.

5. Membuat Konten Unggulan

Buatlah konten yang sangat berkualitas serta mengagumkan agar bisa kamu gunakan sebagai konten unggulan. Dengan membuat konten unggulan maka konten ini akan kita fokuskan agar bisa tampil di page one dengan cara membuat konten artikel yang lebih berbobot supaya bisa mendapat backlink dari blog lain.

6. Melakukan Link Building

Melakukan link building adalah sebuah teknik untuk membangun sebuah backlink yang berkualitas dan hal yang wajib dilakukan oleh semua blogger agar artikelnya bisa tampil di posisi pertama pada SERP.

Selain itu membangun backlink juga bisa mendatangkan banyak visitor yang potensial.

7. Terus Update

Pastikan setelah kalian selalu update untuk membuat artikel-artikel baru. Sebab robot mesin pencari suka merayapi blog yang selalu melakukan update konten alias masih aktif.
Baca juga:

B. Meningkatkan Traffic Non Organik


Traffic organik dari mesin pencarian memang sangatlah penting dan sangat potensial, namun jika kita hanya mengandalkan optimasi on page maka lalu lintas pengunjung blog kita akan mengalami kenaikan yang cukup lamban, bahkan bisa saja posisi halaman website kita tergeser oleh para kompetitor lain.
Meningkatkan Pengunjung Website Hingga 300% Dari Traffic Non Organik
Maka dari itu kita juga harus melakukan optimasi off page. Berikut ini adalah cara yang pernah saya lakukan untuk meningkatkan traffic hingga 300% alias 3x lipat hanya dalam waktu 1 minggu.

8. Membangun Popularitas

Hal pertama yang harus kalian lakukan untuk Meningkatkan Pengunjung Website adalah membangun popularitas dari identitas kita sendiri. Maksudnya gimana? maksudnya ialah kita harus membuat nama personal maupun brand kita sendiri dikenal oleh banyak orang.

Caranya yaitu kita hanya perlu bergabung kedalam forum-forum atau grup yang membahas sebuah topik yang sesuai dengan pembahasan website kita (relevan). Kalian bisa bergabung di grup Facebook, Whatsapp, Telegram, maupun forum seperti Kaskus dan ads.id.

Langkah selanjutnya adalah kita harus menjadi sebuah solusi untuk mengatasi masalah yang sering dialami oleh member dari grup tersebut. Dengan cara itu maka bisa membuat nama kita dikenal oleh banyak orang dan memiliki kesan positif di mata para anggota grup tersebut.

Jika perlu, kalian bisa membuat grup atau halaman khusus agar kamu dapat melakukan promosi blog secara bebas dan juga meningkatkan audience yang potensial.

Apabila kamu sudah memiliki konten artikel yang berhubungan dengan masalah tersebut maka kamu bisa mencatumkan link blog kalian sebagai bahan rujukan. Jika sudah begitu maka kita bisa membangun brand atau blog kita melalui promosi gratis tersebut.

9. Buatlah Konten Yang Sedang Viral

Terkadang untuk mendongkrak trafik dan juga popularitas blog kita harus ikut-ikutan membuat konten yang sedang menjadi trending topik alias viral. Setelah itu kita bagikan ke semua akun media sosialmu agar mendapatkan lebih banyak pengunjung blog.

Sebab dengan cara itulah para pengunjung blog bisa mengetahui apa saja konten yang ada di alam website kita.

10. Menjalin Kerja Sama Dengan Blogger Lain

Selanjutnya adalah dengan menjalin hubungan kerja sama dengan para blogger lainnya untuk membangun personal brand maupun product brand.

Langkah-langkah yang dapat kalian lakukan untuk memulai kerja ialah dengan melakukan hal berikut:
  • Cari blogger yang memiliki konten dengan niche yang relevan.
  • Follow atau Add Friend akun dan fanspage media sosial mereka.
  • Reshare dan berikan tanggapan tentang konten tersebut.
  • Berikan backlink yang menuju ke blognya.

Lakukan hal tersebut secara rutin selama beberapa hari, setidaknya paling cepat adalah 7 hari.

Cara tadi merupakan awal yang baik untuk membangun kerja sama, sebab dengan begitu keberadaan kita bisa dianggap sangat penting untuk membantu blog mereka.

Kemudian ajukan penawaran kerja sama kepada mereka dengan hal yang saling menguntungkan, seperti melakukan Guest Post, membuat daftar partner blog, bertukar backlink.
Meningkatkan Pengunjung Website Dengan Mencari Partner Blog
Seperti halnya yang sudah saya lakukan ini, yaitu membuat halaman khusus partner untuk saling bertukar baklink dengan gratis.

11. Share Konten Ke Media Sosial

Meningkatkan Pengunjung Website Dengan Share Artikel Ke Media Sosial
Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa dengan membagikan artikel blog kita ke media sosial itu bisa mendatangkan lebih banyak trafik, dan hal ini juga bisa meningkatkan pageview yang sangat siginifikan.

Maka dari itu setelah kita melakukan update artikel jangan lupa untuk membagikannya ke media sosial.

12. Pasang Thumbnail Blog Yang Menarik

Para pengguna media sosial seringkali lebih memperhatikan thumbnail dan judul daripada konten caption postingan tersebut, maka dari itu jika kita ingin membagikan artikel ke medsos lebih menggunakan gambar utama yang menarik agar bisa mencuri perhatian para calon pengunjung blog.

Itulah beberapa tips dan trik yang saya lakukan untuk mendapatkan banyak traffic website secara singkat. Mungkin kalian bisa mencobanya sendiri dan mengkombinasikannya dengan teknik yang sudah kalian miliki agar hasilnya lebih optimal.

2 comments:

  1. Waah mantap mas artikelnya. Kebetulan saya juga lagi butuh artikel seperti ini, artikel yg membuat semangat ngeblog saya muncul kembali. Terima kasih mas!

    Tapi by the way, dari semua tips diatas saya hampir tidak melakukan satupun huhuhu... :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang bisa membantu gan.

      lebih baik dipraktekkan sekarang agar blognya semakin ramai dikunjungi oleh banyak orang.
      Karena melakukan optimasi blog itu sangat penting untuk mendapatkan visitor.

      Delete