Inilah 8 Kegiatan Positif Yang Bisa Kalian Lakukan Saat Liburan Sekolah

No Comment Sunday, December 22, 2019
Inilah Kegiatan Positif Yang Bisa Kalian Lakukan Saat Liburan Sekolah - Libur sekolah yang panjang untuk para pelajar SMA/SMK akhirnya telah tiba setelah melalui Ujian Akhir Semester (UAS) dan pengambilan raport di sekolah, dan untuk para mahasiswa juga sepertinya ikut libur karena juga telah selesai melaksanakan UAS di kampus mereka.

Libur panjang memang sangat menyenangkan sekali, karena kita dapat bersantai-santai di rumah, tapi jika kita berada di rumah terus menerus maka kita juga akan merasa jenuh dan bosan dengan keadaan tersebut sehingga hal itu dapat membuat kita menjadi kurang produktif, maka dari itu marilah kita isi liburan tersebut dengan melakukan kegiatan positif agar waktu luang kita tidak sia-sia.

Namun apa yang akan kita lakukan saat masa libur panjang telah tiba? dan aktifitas apa saja yang akan kita lakukan untuk mengisi waktu luang tersebut?
Untuk itulah saya disini akan memberikan beberapa ide menarik serta bermanfaat yang mungkin saja kalian berminat untuk mencobanya di masa liburan kali ini.

Cara Mengisi Liburan Sekolah Dengan Kegiatan Bermanfaat Yang Bisa Dilakukan Oleh Para Remaja

Inilah Kegiatan Positif Yang Bisa Kalian Lakukan Saat Liburan Sekolah
Liburan | Pixabay stux

1. Membaca Buku

Membaca Buku
Seseorang sedang membaca buku | Pixabay Pexels
Membaca adalah jembatan ilmu, karena dengan membaca kita dapat mengetahui dan memahami sesuatu. Jika di sekolah kalian membaca buku karena sebuah kewajiban dan tuntutan dalam mencari ilmu, maka di liburan kali ini kalian harus membaca dengan ikhlas dan murni karena rasa ingin tahu kalian sendiri.

Dengan adanya liburan bukan berarti kita bebas dengan membaca sesuatu, sebab sering kali banyak anak remaja jaman sekarang yang menghabiskan waktunya dengan sia-sia untuk membaca komik dan novel, padahal itu tidak terlalu berguna bagi masa depan.

Maka dari itu hindari buku seperti itu, karena itu tidak bisa membuat pandai dan kurang bermanfaat bagi masa depanmu, contohlah Almarhum B.J. Habibi dia adalah seorang visioner dunia karena rajin membaca buku di saat waktu senggangnya.
Kita juga bisa menjadi seperti dia dengan membaca buku yang berkualitas sesuai dengan minat kita, seperti belajar sejarah, ilmu bahasa, pengetahuan alam, kisah sukses dari tokoh terkenal dunia yang bisa kita jadikan sebagai motivasi hidup.

Siapa tau kita akan menjadi salah satu cendekiawan yang akan mengharumkan nama bangsa, atau setidaknya berguna bagi masa depan seperti Al-Khawarizmi penemu aljabar dan algoritma yang saat ini dipakai untuk program dasar dalam sebuah komputer.

2. Menekuni Hobi Dan Upgrade Skill

Buat kamu yang masih sekolah atau kuliah, cobalah untuk mengasah kemampuanmu sesuai dengan hobi dan jurusan akademik. Seperti yang saya lakukan dulu saat masih di bangku SMK Multimedia saya sering menghabiskan waktu luang saya untuk belajar otodidak di internet tentang komputer dan ngeblog, sehingga saya bersyukur karena saat ini bisa menjadi seorang blogger.

Buat kalian yang memiliki hobi positif, maka tekuni dengan sungguh sungguh sebab itu bisa menjadi pekerjaanmu di masa mendatang. Contoh hobi membuat desain akan menjadi desainer, hobi fotografi akan menjadi fotografer porfesional, hobi coding bisa menjadi programmer.

Untuk kamu yang ingin mengasah kemampuan dari hobi tersebut untuk menjadi sebuah keahlian, kamu bisa bergabung kedalam grup di sosial media seperti Facebook dan Telegram ataupun forum-forum online di internet.

Tapi untuk kalian yang berasal dari keluarga mampu, kamu bisa mengikuti sekolah kursus untuk mendapatkan pembelajaran secara langsung dari mentornya dan juga memperoleh sertifikat yang menyatakan bahwa kamu kompeten dalam bidang tersebut.

3. Belajar Berbisnis

Belajar berisnis bukan berarti kita harus menunggu menjadi dewasa terlebih dahulu, Nabi Muhammad Saw. saja saat remaja ikut berdagang bersama pamannya sampai ke negeri syam.

Dari sini kita dapat mencontoh sifat nabi bahwa umur bukanlah sebuah halangan dalam melakukan pekerjaan. Untuk kalian yang masih sekolah kamu bisa mencobanya dengan mengikuti bisnis yang sedang dijalankan oleh keluarga atau kerabat dekatmu, seperti mencoba ikut berternak, bercocok tanam/berladang, membuka lapak sendiri. Atau buat kamu yang sebagai mahasiswa, kamu bisa mencoba magang di sebuah perusahaan untuk mencari pengalaman kerja.
Baca juga:

4. Travelling

Travelling
Travelling | Pixabay Free-Photos
Siapa bilang melakukan travelling atau mengembara ke suatu tempat hanyalah untuk bersenang-senang saja. Dalam islam kita dianjurkan untuk melakukan perjalanan agar kita dapat mengetahui alam semesta bahwa ciptaan Allah itu sangatlah luas dan indah.

Dari melakukan touring atau travelling inilah kita dapat mempelajari betapa banyaknya suku, budaya, agama, serta kemajuan pendidikan, teknologi, dan juga ilmu-ilmu lainnya yang belum pernah kita jumpai di tempat kita sendiri.

Selain itu, kita juga bisa berkunjung ke tempat-tempat bersejarah, seperti museum, monumen, serta tempat lainnya yang bisa menambah wawasan.

Dari pengalaman tersebutlah kita dapat belajar untuk menghargai satu sama lain, serta dapat menerapkan ilmu yang mereka gunakan dan mencobanya di tempat kita.

5. Melakukan Bakti Sosial (Relawan)

Buatlah liburan kita kali ini menjadi bermanfaat bagi orang lain, sebab jika kita memberikan contoh kebaikan maka seseorang akan menilai kita baik dan juga mereka akan mencontohnya, jika kita berbuat buruk maka kita jugalah yang akan dinilai buruk oleh masyarakat.

Oleh sebab itulah daripada kalian menganggur, gabut atau mainan HP mulu di rumah, lebih baik jika kita mengumpulkan teman teman kita untuk membentuk sebuah komunitas atau relawan sementara untuk melakukan bakti sosial.

Bakti sosial tidak melulu dengan memberikan sumbangan, namun kita bisa juga dengan membantu kegiatan masyarakat, seperti gotong royong kerja bakti desa dan kota, membantu mengamankan perlintasan rel kereta api yang tidak ada palang pintu penutupnya, mengikuti kegiatan penyembelihan hewan kurban, menjadi panitia dan membagikan zakat fitrah, serta masih banyak lagi kegiatan positif lainnya yang dapat kalian lakukan di lingkungan sekitarmu.

6. Mengikuti Kompetisi

Mengikuti Kompetisi
Menjadi juara dalam berkompetisi | Pixabay mohamed_hassan
Buat kamu yang sudah memiliki keahlian khusus ataupun masih belajar, cobalah untuk mengikuti sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh perusahaan swasta ataupun pemerintah. Dengan begini siapa tau kita bisa berkesempatan untuk memperoleh beasiswa atau memiliki peluang besar untuk di terima kerja di perusahaan tersebut.

Kompetisi yang dapat kalian ikuti bermacam-macam sekali, mulai dari fotografi, coding, content writer, lomba olahraga lari, sepeda, bela diri, panahan dan masih banyak lagi. Intinya cari kompetisi yang sesuai dengan bakatmu agar bisa mendapat juara.

7. Perbanyak Data CV Dan Portofolio

Saya yakin jika kamu memanfaatkan cuti atau liburan sekolah dengan kegiatan positif maka kamu akan memperoleh banyak pengalaman yang telah kamu peroleh, dengan demikian hal itu dapat memperkaya data yang ada di CV kamu.

Contohnya saja pengalaman magang kerja, menang lomba atau menjadi juara dengan mengikuti kompetisi, memiliki kemampuan yang cukup setelah memperdalam hobi sehingga menjadi sebuah potensi.
Baca juga: Contoh Pembuatan Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang Baik Dan Benar

8. Menyiapkan Peralatan Sekolah Atau Kuliah

Sebelum liburan sekolah atau kuliah akan berakhir, lebih baik kita menyiapkan semua peralatan sekolah kita dengan lengkap supaya saat hari pertama masuk sekolah nanti kita tidak akan disibukkan dengan peralatan sekolah.

Bagi para mahasiswa yang kuliahnya jauh dari rumah sehingga menginap di kos, kamu juga perlu menyiapkan barang-barang pribadimu agar kamu tidak direpotkan oleh masalah tersebut.

Itulah berbagai macam kegiatan yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu senggang saat liburan sekolah dan kuliah telah tiba, namun sebebnarnya kita juga bisa mencobanya di setiap weekend.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Comments