7 Cara Mengisi Waktu Liburan Sekolah Si Anak Dengan Kegiatan Bermanfaat

No Comment Tuesday, December 24, 2019
Cara Mengisi Waktu Liburan Sekolah Si Anak Dengan Kegiatan Yang Bermanfaat - Libur panjang semester di sekolah merupakan sebuah momen yang paling dinantikan oleh anak-anak, sebab mereka bisa dengan bebas dari tugas sekolah dan juga dapat bermain sepuasnya selama masa tersebut.

Kita sebagai orang tua harusnya terus memperhatikan semua aktifitas anak kita meskipun saat itu juga masih dalam masa liburan sekolah, sehingga jangan sampai liburan mereka terlewat sia-sia dengan kegiatan yang membosankan dan tidak mendidik.

Inilah Kegiatan Yang Mengedukasi Anak Di Saat Liburan Sekolah

Kegiatan Yang Mengedukasi Anak Di Saat Liburan Sekolah
Liburan anak | Pixabay Skitterphoto

1. Mengajak Berolahraga

Aktifitas pertama ialah bapak dan ibu bisa mengajak buah hatinya untuk melakukan olahraga kecil untuk melatih daya tahan tubuh sang anak. Selain itu juga berolahraga juga bisa menambah hobi si anak serta bisa saja menemukan bakat mereka. Contoh olahraga yang cocok untuk anak-anak adalah bermain sepak bola, bulu tangkis, berenang, bersepeda dan tentunya masih banyak lagi.

2. Menjalankan Hobinya

Untuk aktifitas selanjutnya ialah dengan mendukung hobi mereka, sebab melalui hobi inilah mereka sering menemukan keahlian dan bakatnya. Jika mereka sudah menemukan hal tersebut maka sang anak akan merasa percaya diri serta memiliki peluang yang besar untuk menggapai cita-citanya di masa depan.

3. Bermain Bareng Teman Mereka

Bermain Bareng Teman Mereka
Anak sedang bermain | Pixabay langll
Kita juga harus memberikan kebebasan kepada mereka untuk bergaul bersama teman mereka, sebab hubungan pertemanan dapat membantu si anak mencari pengetahuan tentang dunia luar yang bisa dijadikan sebagai pengalaman hidupnya.

Selain itu seorang teman juga bisa menjadi sebuah solusi untuk menghadapi masalah yang dialami oleh si anak.  Namun kita juga harus memperhatikan teman anak kita, apakah sahabatnya itu dapat memberikan dampak baik atau justru sebaliknya. Jadi hal ini juga harus diperhatikan dengan jeli oleh para orang tua.

4. Berkunjung Ke Rumah Saudara Dan Kerabat

Melakukan kunjungan ke rumah sanak saudara juga memberikan dampak positif bagi sang anak, sebab mereka dapat mengenali semua saudaranya serta hal ini juga dapat menjaga ikatan persaudaraan.

Selain itu pula hal ini dapat memberikan mereka sebuah pelajaran tentang apa itu kebersamaan, karena secara langsung hal itu bisa membangun sifat untuk bersosialisasi dan juga kepedulian terhadap orang lain sehingga tidak menjadi pribadi yang egois.

5. Rekreasi Keluarga

Kegiatan yang paling asik dan seru yang dapat dilakukan dengan sang anak ialah dengan mengajaknya ke tempat rekreasi yang dapat mengedukasi mereka. Contohnya saja berkunjung ke perpustakaan, museum, monumen dan serta ke bangunan-bangunan yang memiliki nilai sejarah.

Selain itu masih banyak tempat wisata yang bisa menambah pengetahuan si anak, seperti kebun binatang, ke tempat outbond untuk melatih motorik dan daya tahan tubuh anak, ke alam terbuka untuk membuat anak mengenal dunia luar dan lingkungan sekitarnya.
Baca juga:

6. Membaca Buku Dan Mengaji

Sediakanlah buku-buku yang bermanfaat agar sang anak dapat termotivasi untuk menjalani hidup ini dengan baik, sebab dengan membaca buku hal itu dapat mengasah dan memperkuat daya ingat otak anak.

Selain itu pula ajari mereka untuk belajar mengaji, sebab banyak sekali makna yang terkandung dalam sebuah Al-Qur'an sebagai pedoman hidup serta tempat untuk mencari ilmu dengan kebenaran. Orang yang mengamalkan Al-Qur'an juga memiliki ketenangan batin yang damai serta memiliki kesabaran dalam menghadapi semua cobaan dari tuhan dengan mensyukurinya.

7. Mendukung Mereka Untuk Berkreasi

Mendukung Mereka Untuk Berkreasi
Anak sedang berkarya | Pixabay Victoria_Borodinova
Dukunglah anak untuk berkreasi dalam membuat sesuatu, entah itu olahraga, membuat kue, kerajinan tangan dan menggambar sehingga mereka dapat menuangkan semua rasa senang, ide dan juga pikirannya menjadi sebuah karya dan prestasi.

Jangan pernah menghina hasil karya dan juga usaha yang telah dilakukan oleh si anak karena hal ini bisa membuat mereka sedih dan juga mengalami putus asa. Jadi hargailah usaha mereka, dukung terus mereka untuk terus maju sehingga mereka tidak pantang menyerah untuk mencapai mimpinya.

Itulah beberapa ide yang dapat dilakukan oleh para orang tua untuk mengisi liburan sekolah si anak agar dapat memberikan dampak positif dengan melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat.

Comments