Tips dan Cara Membuat Website Sekolah

No Comment Friday, October 21, 2022
Daftar Isi
Tips dan Cara Membuat Website Sekolah - Di era serba digital seperti sekarang sudah banyak sekolah yang menerapkan sistem online dengan memanfaatkan website. Inilah yang kemudian membuat website sekolah sangat penting untuk dibuat. Tidak hanya untuk kebutuhan internal, tapi juga untuk kebutuhan eksternal seperti menyebarkan informasi penting kepada murid, tenaga pendidik, dan masyarakat. Lalu, bagaimana cara membuat website sekolah itu?

Apa Itu Website Sekolah?

Website sekolah adalah salah satu tempat atau sarana bagi pihak sekolah mengenalkan diri, memberikan informasi, serta sebagai alat berkomunikasi dengan masyarakat luar dengan lebih cepat dan leluasa. Biasanya dalam web sekolah dicantumkan program yang ada di sekolah tersebut, murid-murid berprestasi, penghargaan, profil sekolah, dan informasi penting lain terkait sekolah itu sendiri.

Hal ini tentu baik untuk membangun citra sekolah serta menarik perhatian pengunjung situs. Membuat website sekolah ini sendiri tidak sulit, caranya cukup sederhana dan bisa dilakukan secara mandiri. Asalkan tahu langkah-langkahnya pembuatan situs resmi sekolah akan selesai dalam waktu singkat.

Cara Membuat Website Sekolah

Tips dan Cara Membuat Website Sekolah
Contoh tampilan website untuk sekolah dan universitas
Untuk membuat web sekolah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Baiknya ikuti step by stepnya di sini dengan teliti. Berikut ini adalah cara pembuatan situs resmi sebuah sekolah yang perlu diketahui:

1. Memilih Nama Domain

Langkah paling awal adalah menentukan nama domain untuk website sekolah. Nama ini nanti yang akan diingat dan digunakan pengunjung ketika ingin membuka situs resmi sekolah. Pastikan untuk menggunakan nama sekolah agar lebih mudah diingat.

2. Menentukan Paket Hosting

Setelah memilih domain, langkah selanjutnya adalah memilih layanan hosting yang tepat. Pemilihan hosting ini sangat penting untuk memastikan kinerja website resmi sekolah tetap terjaga meski memiliki traffic yang tinggi. Di Indonesia sendiri ada banyak penyedia layanan hosting yang bisa Anda pilih.

Dari banyaknya penyedia jasa tersebut, sebaiknya memilih Niagahoster karena terpercaya dan memiliki layanan prima untuk kebutuhan website profesional. Di Niagahoster Anda bisa memilih vps hosting yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Ini bisa mencegah terjadinya masalah pada website kedepannya. Baiknya diskusikan dengan pihak Niagahoster tentang paket hosting dan vpsnya yang sesuai untuk web sekolah. Aplagi ada layanan CS tersedia 24 jam dan siap membantu klien kapan saja.

3. Pilih Tema

Jika sudah mendapatkan layanan hosting berkualitas dan paket yang sesuai saatnya untuk menentukan tema website sekolah. Tema ini bisa disesuaikan kebutuhan, apa yang ingin ditonjolkan pada situs sekolah itu sendiri. Ada banyak pilihan tema yang bisa digunakan, templatenya cukup beragam dan bervariasi. Jadi pengguna tinggal menerapkan tema yang sesuai dengan isi website.

Pastikan dalam website tersebut memuat informasi yang bisa menarik perhatian pengunjung. Tentukan juga tone warna yang sesuai dengan karakter sekolah. Warna yang menjadi ciri khas sebuah website akan lebih mudah diingat oleh pengunjung dan menarik perhatian juga.

Baca juga:

4. Tambahkan Konten

Jika website sudah jadi dan tersusun dengan rapi, pastikan untuk rutin membuat konten. Jangan sampai website tidak diisi dengan konten yang update. Bisa juga tambahkan blog pada situs tersebut yang berisi konten menarik dan unik. Setiap ada kegiatan sekolah baiknya buat dokumentasi dan masukkan ke dalam website. Hal ini juga bisa memberikan informasi pada pengunjung tentang kegiatan yang biasa dilakukan di sekolah.
 
Semakin banyak konten dan informasi yang dimuat semakin bagus kualitas website sekolah tersebut. Pengembangan sekolah pun bisa terus berjalan dengan bantuan situs resmi yang sudah dibuat tersebut. Citra sekolah juga turut bertambah baik karena memiliki website resmi sendiri.

Itulah beberapa cara membuat website sekolah yang bisa Anda simak. Karena memiliki peranan yang besar untuk mengenalkan sekolah ke masyarakat yang lebih luas, maka pastikan Anda membuat website yang bagus dengan kinerja yang prima ya!

Comments

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]