Kumpulan Contoh Kata Sandi Yang Sulit Ditebak Dan Susah DiHack

No Comment Thursday, August 05, 2021
Kumpulan Contoh Kata Sandi Yang Sulit Ditebak Dan Susah DiHack - Password atau kata sandi merupakan sebuah kode unik yang terdiri dari susunan string/karakter yang digunakan pada suatu sistem operasi ataupun jaringan.

Tujuan diadakannya kata sandi adalah untuk melakukan proses verifikasi pada sebuah identitas/username seseorang ketika mereka ingin mengakses sebuah sistem keamanan yang sudah diterapkan pada sistem jaringan tersebut. Seperti password wifi, akun admin indihome, media sosial dan sebagainya.

Sehingga apabila ada orang lain yang hendak mencoba untuk mengakses akun yang bukan miliknya (tidak memiliki hak akses), maka tentu saja hal itu akan ditolak oleh sistem keamanan tersebut.

Kumpulan Contoh Password Atau Kata Sandi Yang Sulit Ditebak, Susah DiHack, Kuat Dan Mudah Untuk Diingat

Kumpulan Contoh Kata Sandi Yang Sulit Ditebak Dan Susah DiHack

Tips Cara Membuat Kata Sandi Yang Kuat Dan Bagus Supaya Akun Lebih Aman


1. Jangan Memakai Kata Sandi Yang Umum/Familiar
Salah satu contoh password yang mudah ditebak atau mudah dibobol oleh hacker adalah kata sandi yang dibuat dari kata umum ataupun data pribadi pengguna tersebut.

Contohnya adalah seperti data dari tanggal lahir, tanggal pernikahan, nama pekerjaan, jenis hewan yang disukai, alamat tempat tinggal, makanan favorit, dan nama orang tua.

Kenapa data tersebut rawan dibobol? Sebab data tersebut dapat ditemukan di bagian profil akun, atau hacker juga dapat menelusuri data dokumen pribadi kita.

2. Membuat Kata Sandi Yang Panjang Supaya Kuat
Panjang suatu password juga dapat mempengaruhi tingkat keamanan sebuah akun. Sebab, semakin panjang kata sandi yang kita buat, maka semakin sulit password kita ditebak ataupun dibobol oleh hacker.

3. Membuat Kata Sandi Yang Sulit Ditebak Alias Rumit
a. Gunakan Kata/Frasa Yang Acak
contoh password unik adalah dengan memakai kata yang acak, yaitu sebuah kata yang tidak umum atau tidak masuk akal, sehingga kata tersebut tidak ada di sebuah kamus bahasa.

b. Hindari Penggunaan Kata Bahasa Inggris
Contoh kata sandi yang bagus adalah password yang memakai bahasa Inggris yang keren, seperti admin, hunter, leader, lord, king, knight dan sebagainya.

Namun hal itu sangat tidak disarankan. Kenapa tidak disarankan untuk membuat password dengan bahasa Inggris? Sebab bahasa inggris merupakan bahasa internasional, sehingga hal itu dapat dengan mudah untuk ditebak.

c. Memakai Bahasa Campuran
Memakai bahasa campuran juga bisa menjadi sebuah tips untuk membuat kata sandi yang susah di hack, karena lebih acak dan menjadi tidak umum.

d. Jangan Memakai Karakter Berurutan Pada Keyboard
Seringkali orang membuat kumpulan kata sandi 6 karakter yang berurutan, seperti "123456, qwerty, abcdef". Padahal kata sandi tersebut sangat rawan untuk dibobol karena banyak yang memakainya, sehingga kalian harus menghindari hal ini.

4. Membuat Kata Sandi Dengan Kombinasi Karakter Khusus
Boleh saja kita memakai contoh kata sandi yang unik dan mudah diingat. Namun cobalah untuk memakai sebuah kata sandi yang menggabungkan karakter spesial atau karakter khusus.

Contohnya seperti memakai password kombinasi huruf dan angka, menggunakan huruf besar dan huruf kecil, serta menambahkan sebuah karakter khusus berupa simbol.

Contoh kata sandi 8 karakter terdiri dari angka dan huruf dan simbol adalah "$15T3m949aL" tanpa tanda kutip, kalau dibaca ialah "siSTEm gAgaL".

5. Membuat Kata Sandi Yang Berbeda Pada Setiap Akun
Membuat kata sandi yang berbeda pada setiap akun adalah hal yang wajib bagi para pemilik akun jika ingin tetap aman.

Sebab jika kita memakai kata sandi yang sama di semua akun, maka hal itu bisa menjadi sebuah celah besar bagi hacker untuk membobol semua akun kita.

6. Cara Membuat Kata Sandi Yang Mudah Diingat
Apabila kalian ingin membuat kata sandi yang mudah ingat, maka buatlah berdasarkan momen atau peristiwa yang paling kamu kenang, tapi hanya dirimu sendiri yang tau. Atau bisa juga membuat kata sandi dari antonim (arti lawan kata) yang berhubungan dengan dirimu atau orang terdekatmu.

Jika kamu tidak ingin sampai lupa dengan kata sandi yang pernah kamu buat, maka kamu bisa mencatatnya di buku atau kertas untuk disimpan dirumah. Usahakan jangan disimpan di tas atau meja sekolah/kerja, karena hal itu bisa saja dilihat oleh orang lain.

Contoh password unik:
  • 4mei02kerja (momen hari pertama dapat kerja)
  • mancingtiaphari (padahal kesehariannya tidak pernah memancing)

7. Gunakan Angka Dan Simbol Sebagai Huruf Atau Sebaliknya
Untuk membuat kumpulan kata sandi 6-8 karakter yang sulit ditebak, kalian bisa mengubah huruf menjadi sebuah angka dan simbol supaya terlihat rumit.

Kamus Angka Dan Simbol Menjadi Huruf Atau Sebaliknya
  • I menjadi 1
  • Z menjadi 2
  • E menjadi 3
  • A menjadi 4
  • S menjadi 5
  • b menjadi 6
  • J menjadi 7
  • B menjadi 8
  • g menjadi 9
  • O menjadi 0
  • i menjadi !
  • a menjadi @
  • h menjadi #
  • C menjadi <
  • s menjadi $
  • P menjadi ?
  • Q menjadi &

8. Menerapkan Metode Kata Sandi Bruce Schneier
Metode ini dipakai untuk membuat kata sandi dengan cara memakai suku kata awal untuk menyusun sebuah kata sandi baru.

Contoh:
  • aingmenpahter (aku ingin menjadi pahlawan terhebat)
  • ahadipo1topgloal (aku harus berada di posisi satu top global aldous)
Baca juga:

Kumpulan Contoh Kata Sandi Yang Sulit Ditebak Dan Susah DiHack

Setelah kalian sudah memahami tentang bagaimana Cara Membuat Kata Sandi Yang Kuat Dan Bagus Supaya Akun Lebih Aman. Maka kalian bisa menghasilkan kata sandi yang susah dihack dengan cara mengkombinasikan tips di atas.

Berikut ini akan saya berikan sebuah contoh password unik yang bisa kalian jadikan sebagai referensi untuk membuat kata sandi yang lebih aman.

1. Contoh Kata Sandi 6 Karakter Dan 8 Karakter
  • 515tem (SIStem) - contoh kata sandi 6 karakter terdiri dari angka dan huruf.
  • H@d@n9 (Hadang) - contoh kata sandi 6 karakter terdiri dari angka, huruf, dan simbol.
  • M3m8E$@r (MEmBEsar) - contoh kata sandi 8 karakter terdiri dari angka dan huruf.
  • T3r#38@T (TErHEBaT) - contoh kata sandi 8 karakter terdiri dari angka, huruf dan simbol.

2. Contoh Kata Sandi Yang Sulit Ditebak Dan Susah DiHack
  • $4y@lup4@kun (sAya lupA akun) - contoh password kombinasi huruf, angka dan simbol.
  • isuksiangnight (isuk = pagi, siang, night = malam) - contoh kata sandi yang susah ditebak karena memakai bahasa campuran.
  • 4kuL!k3D0l@n@ng@m3(Aku LikE DOlanan gamE) - contoh kata sandi yang susah dihack karena memakai karakter huruf, angka, simbol dan bahasa campuran.

Demikianlah informasi tentang Kumpulan Contoh Kata Sandi Yang Sulit Ditebak Dan Susah DiHack. Semoga dapat menambah wawasan kita.

Catatan: kalian jangan memakai contoh kata sandi yang sudah ada di dalam artikel ini untuk membuat akun apapun, sebab bisa saja password tersebut menjadi mudah dibobol karena banyak yang menggunakannya.
Jadi gunakanlah artikel ini sebagai contoh referensi saja untuk membuat kata sandi yang lebih baik dan aman.

Comments