Ingin Menggunakan Software Payroll? Ini 5 Hal yang Harus Ada!

Monday, August 22, 2022
Daftar Isi
Ingin Menggunakan Software Payroll? Ini 5 Hal yang Harus Ada! - Setiap perusahaan atau bisnis, tentunya memiliki sistem payrollnya masing-masing. Sistem ini berguna untuk menjalankan aktivitas penggajian karyawan dengan baik dan benar.

Tanpa adanya sistem payroll yang memadai, HRD atau tim manajemen akan kesulitan dalam membayarkan gaji karyawan, terlebih jika perusahaan memiliki jumlah karyawan yang terbilang cukup banyak.

Maka dari itu, saat ini sudah banyak perusahaan yang beralih dari menggunakan sistem payroll lama atau manual menjadi menggunakan software payroll.

Nah, pada kesempatan kali ini, Admin akan membahas mengenai 5 hal yang harus ada pada sebuah payroll system Indonesia. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!
Ingin Menggunakan Software Payroll? Ini 5 Hal yang Harus Ada!

1. Memiliki Sistem Keamanan yang Baik

Hal atau aspek utama yang harus ada pada sebuah software payroll yaitu memiliki sistem keamanan yang baik dan optimal.

Perhitungan payroll, berarti terdapat juga data-data karyawan di dalamnya. Perusahaan wajib menyimpan dan melindungi data-data karyawannya dari segala ancaman yang ada, termasuk kehilangan dan kecolongan data.

Maka dari itu, keamanan adalah aspek utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan, sebelum memilih sebuah software payroll.

2. Perhitungan dan Pengarsipan Pajak

Software payroll yang baik tidak hanya mampu menghitung gaji karyawan saja, tetapi mampu juga untuk melakukan perhitungan, serta pengarsipan pajak karyawan.

Ini amat sangat membantu perusahaan dalam mengajukan pajak setiap karyawannya, agar tidak melewati batas atau ketentuan yang sudah diatur oleh pemerintah. Dengan begitu, kerugian akibat denda keterlambatan pajak bisa dicegah oleh perusahaan.

3. Terintegrasi dengan Sistem Lain

Hal ketiga yang harus ada pada sebuah software payroll modern yaitu terintegrasi dengan sistem lainnya, seperti absensi, akuntansi, dan komponen penting lainnya.

Dengan sistem memiliki sistem yang terintegrasi, pihak manajemen atau HR dapat menyelesaikan berbagai macam tugas hanya dengan bermodalkan satu aplikasi saja. Ini tentunya dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja dari HR atau manajemen itu sendiri.

Tak hanya itu, perusahaan pun akan lebih untung, sebab tidak perlu repot-repot menggunakan banyak software untuk menyelesaikan berbagai macam tugas tersebut.

Baca juga:

4. Dapat Diakses dengan Mudah

Di era seperti saat ini, aspek paling penting yang harus ada di sebuah software payroll yaitu kemudahan dalam mengaksesnya.

Tentunya, Anda bisa membayangkan jika memiliki software yang kaku dan susah untuk diakses, terlebih jika Anda tidak selalu bekerja secara on-site atau di kantor. Hal ini tentunya akan sangat menyulitkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan, bukan?

Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih software payroll yang memiliki kemudahan akses, jika perlu pilihlah software yang bisa diakses oleh banyak pengguna sekaligus.

5. Dapat Membuat Slip Gaji atau Laporan Payroll Secara Otomatis

Slip gaji atau laporan payroll merupakan dokumen penting yang berfungsi sebagai bukti, bahwa perusahaan telah memenuhi kewajibannya dalam membayarkan upah kepada setiap karyawannya.

Selain itu, laporan payroll juga berfungsi untuk melihat besaran uang yang telah dikeluarkan perusahaan dalam membayarkan upah setiap karyawannya, serta bisa juga dijadikan sebagai bahan evaluasi perusahaan ke depannya.

Walaupun terlihat sepele, nyatanya hal ini sangatlah penting dan memiliki fungsi yang besar bagi perusahaan maupun karyawan itu sendiri.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 hal yang harus ada pada sebuah software payroll. Mengingat payroll merupakan kegiatan yang berhubungan dengan hajat hidup banyak orang, maka dari itu pengelolaannya pun harus dengan metode yang tepat.

Seperti LinovHR, Software HR Indonesia yang sudah dipercaya oleh banyak perusahaan dalam mengelola payroll perusahaan yang mereka miliki.

Dengan bantuan Payroll System Indonesia LinovHR, Anda dapat menyelesaikan kegiatan payroll perusahaan dengan mudah, cepat, dan akurat.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Lazada