3 Cara Memperkecil Dan Memperbesar Layar HP Android

No Comment Thursday, February 17, 2022
Daftar Isi
3 Cara Memperkecil Dan Memperbesar Layar HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan - Ukuran layar smartphone tentunya sangat mempengaruhi kenyamanan pada pengguna perangkat tersebut.

Selain itu, ukuran layar smartphone Android juga berpengaruh pada resolusi layar dan DPI layar HP, yang di mana hal ini dapat mempengaruhi kinerja GPU smartphone.

Bagi setiap pengguna smartphone tentunya memiliki standar tersendiri mengenai kenyamanan yang berhubungan dengan ukuran tampilan layar. Sehingga hal ini dapat mempengaruhi produktifitas penggunanya.

Contohnya saja seperti saya sendiri yang menggunakan HP Android dengan layar 6.5 Inchi, yang di mana tampilan layarnya terlalu besar buat saya. Sehingga saya harus mencari cara memperkecil layar HP Realme tersebut supaya jangkauannya lebih luas dan lebih nyaman untuk digunakan.

Apabila kalian mengalami masalah yang serupa, maka kalian bisa mencoba cara memperbesar layar HP Xiaomi, Vivo, Samsung, Realme. Atau bisa juga mencoba panduan cara memperkecil layar HP Xiaomi, Oppo, Realme, Vivo, Samsung dan merk lainnya.

Baca juga:

Cara Memperkecil Dan Memperbesar Layar HP Android - Cara Mengecilkan Tampilan Aplikasi Dan Layar HP Tanpa Aplikasi Tambahan


Dengan mengikuti panduan berikut, maka kita tidak perlu memasang aplikasi pembesar layar HP untuk mengatur ukuran tampilan layar HP.

1. Mengatur Fungsi Lebar Terkecil Di Opsi Pengembang

Cara Memperkecil Dan Memperbesar Layar HP Android
Perbedaan tampilan setelah mengatur fungsi Lebar terkecil di Opsi Pengembang

Berikut ini adalah panduan untuk cara mengecilkan tampilan aplikasi ataupun memperbesar tampilan aplikasi Android tanpa harus memakai aplikasi pembesar layar HP.

Cara pertama ini memanfaatkan fitur dari fungsi lebar terkecil di opsi pengembang sebagai metode untuk cara mengecilkan layar HP ataupun sebaliknya.

Sebelum mengikuti panduan cara memperkecil layar HP ini, kalian harus mengaktifkan menu Opsi Pengembang atau Opsi Developer terlebih dahulu. Jika kalian tidak mengetahuinya, ikuti langkah di bawah ini.

Pengaturan > Tentang Ponsel > Informasi Versi. Setelah itu ketuk beberapa kali pada bagian Nomor Kompilasi, Nomor Build, Versi Baseband, Versi Kernel ataupun Versi Perangkat Keras sebanyak mungkin hingga muncul notifikasi "Anda telah mengaktifkan mode opsi pengembang".

Setelah membuka menu Opsi Pengembang, maka kalian bisa memakai fungsi lebar terkecil di opsi pengembang untuk mengatur resolusi layar HP Android.

Mengatur Fungsi Lebar Terkecil Di Opsi Pengembang
Cara mengatur fungsi Lebar Terkecil di Opsi Pengembang
  1. Buka menu "Pengaturan" lalu pilih "Pengaturan Tambahan".
  2. Setelah itu pilih "Opsi Pengembang".
  3. Selanjutnya cari opsi "Lebar terkecil" yang ada pada bagian submenu bernama Gambar.
  4. Kemudian isikan nilai dpi yang ingin kalian ubah. Setelah selesai menentukan nilainya, pilih ikon "Centang" untuk menyimpannya.

Catatan:
Semakian besar nilai dpi pada settingan "Lebar terkecil", maka ukuran tampilan layar HP tersebut akan semakin kecil. Apabila nilai dpi semakin kecil maka ukuran tampilan layar HP itu menjadi lebih besar.

Rekomendasi nilai dpi pada lebar terkecil 320 sampai 540 dpi. Apabila lebih dari 600 dpi maka hal itu dapat menimbulkan terjadinya bootloop ataupun blank hitam. Sahingga kalian perlu berhati-hati ketika menggunakan fitur ini, karena saya pernah mengalaminya sendiri.

2. Mengubah Ukuran Font Dan Tampilan Layar Android

Metode berikutnya untuk cara mengecilkan layar HP Oppo, Vivo, Samsung, Xiaomi, Realme, Infinix dan lainnya ialah dengan mengatur ukuran font dan tampilan layar Android.

Dengan adanya fitur ukuran font dan tampilan layar Android, maka kita dapat dengan mudah memanfaatkannya sebagai cara memperkecil layar HP dan cara memperbesar layar HP dengan mudah tanpa harus melakukan root Android.

Cara Memperkecil Dan Memperbesar Layar HP Android Dengan Mengatur Ukuran Font Dan Tampilan
Cara mengubah ukuran font dan tampilan layar Android
  1. Buka menu aplikasi "Pengaturan" di perangkat Android kalian.
  2. Setelah itu carilah pengaturan "Layar & Kecerahan".
  3. Kemudian pilihlah "Font & ukuran tampilan".
  4. Silakan kalian sesuaikan settingan yang ada pada bagian "Ukuran Font" dan "Ukuran Tampilan".
  5. Setelah menyesuaikannya, ketuk tombol "Terapkan" untuk menyimpan perubahan tersebut.

3. Memakai Fitur Pembesaran Di Aksesibilitas

Apabila kalian mengalami masalah pada penglihatan pada saat menggukan smartphone Android. Maka kalian bisa mencoba cara memperbesar layar HP Oppo, Vivo, Xiaomi, Samsung, Realme dan lainnya tanpa memakai aplikasi pembesar layar HP.

Cara Memperkecil Dan Memperbesar Layar HP Android Menggunakan Fitur Pembesaran
Cara mengaktifkan fitur Pembesaran di Aksesibilitas
  1. Bukalah menu "Pengaturan" di HP kamu.
  2. Setelah itu carilah menu "Aksesibilitas" dan pilih "Pembesaran".
  3. Kemudian aktifkan fitur "Fitur Pembesaran". Kalian juga bisa mengatur opsi pintasan untuk menjalankan Fitur Pembesaran tersebut.

Itulah tutorial lengkap yang membahas tentang 3 Cara Memperkecil Dan Memperbesar Layar HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan. Semoga panduan cara mengecilkan layar HP ataupun cara mengecilkan tampilan aplikasi tersebut dapat berguna.
Promo Menarik
Thumbnail
Tinta Printer Epson Kemasan Terbaru
Rp20.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
SoftCase HP Aesthetic Murah Untuk Merek Vivo, Oppo, Samsung, Realme
Rp18.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Baju Wanita Muslim - DRESS AYU bahan katun apel - gamis - homey dress - gamis wanita - gamis busui - dress - dress muslim - gamis muslim - dress wanita - dress menyusui
Rp60.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Tas Selempang Wanita Sophie Fairiese T3036P3 Esmonia Lopper Hardware Gold Original Seri E1416 U2R2
Rp45.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Sandal Wanita Modis Hak Tahu Kepang Terlaris
Rp.40.0000 RpXX.000
Cek disini

Comments

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]