Cara Menulis Huruf Arab Berharakat Di Android Tanpa Aplikasi

No Comment Friday, August 27, 2021
Cara Menulis Huruf Arab Berharakat Di Android Tanpa Aplikasi Tambahan - Mungkin sebagian orang sudah mengetahui tentang cara menulis Arab di HP Android tanpa aplikasi tambahan dari pihak ketiga.

Akan tetapi huruf bahasa Arab yang mereka ketik di HP biasanya tidak memiliki harakat alias sering disebut dengan tulisan Arab gundul, sehingga tulisan Arab tersebut menjadi lebih susah untuk dibaca dan diterjemahkan oleh orang awam.

Lantas bagaimanakah cara memberi harakat pada tulisan Arab gundul di Android atau cara bikin tulisan Arab berharakat dengan ketikkan sendiri? Berikut ini adalah panduan yang bisa kalian ikuti.

Baca juga:

Cara Memberi Harakat Pada Tulisan Arab Gundul Atau Cara Menulis Huruf Arab Berharakat Di Android Tanpa Aplikasi Tambahan


1. Ubahlah Keyboard Android Menjadi Bahasa Arab Atau Al-Arabiyah

Baca artikel Cara Mengubah Keyboard Menjadi Bahasa Arab Di Android tersebut untuk melihat tutorialnya. Dengan mengikuti tutorial tersebut maka kalian sudah bisa menggunakannya untuk membuat tulisan Arab berharakat.
Cara Mengubah Keyboard Menjadi Bahasa Arab Di Android
Cara memakai keyboard bahasa Arab

2. Ganti Tampilan Bahasa Android Menjadi Bahasa Arab Atau Al-Arabiyah

Kenapa harus mengganti tampilan bahasa Android? Karena jika kita menulis bahasa Arab dengan harokatnya menggunakan pengaturan tampilan bahasa Indonesia, maka tulisan Arab tersebut tidak bisa tersambung atau terususun rapi. Sehingga akan terlihat seperti terpisah-pisah seperti gambar di bawah ini.
Cara Menulis Huruf Arab Berharakat Di Android Tanpa Aplikasi
Tampilan bahasa Indonesia (kiri) - Tampilan bahasa Arab (kanan)

Untuk cara mengganti tampilan bahasa HP Android sangatlah mudah, yaitu masuk ke dalam menu "Pengaturan > Setelan > Sistem > Bahasa (Language) & Masukan > Bahasa", lalu pilih bahasa "Arab".
CAra Mengganti Tampilan Bahasa Android Menjadi Bahasa Arab Atau Al-Arabiyah
Cara mengubah tampilan bahasa menjadi bahasa Arab

3. Cara Menulis Huruf Arab Berharakat Di HP Android Tanpa Aplikasi

Untuk cara menulis Arab di hp tanpa aplikasi, kalian hanya perlu mengetik tombol keyboard huruf Arab tersebut sesuai dengan keinginanmu.

Lalu bagaimana cara memberi harakat pada tulisan Arab gundul? Untuk cara memberi harakat pada tulisan Arab di android, maka kalian harus menekan simbol "titik" hingga beberapa saat sampai muncul pilihan harakat yang ingin kamu tambahkan.
Cara Menulis Huruf Arab Berharakat Di Android Tanpa Aplikasi 2
Cara menulis Arab di HP ada harokatnya

Demikianlah tutorial yang berisi tentang Cara Memberi Harakat Pada Tulisan Arab Gundul Dan Cara Menulis Huruf Arab Berharakat Di Android Tanpa Aplikasi. Semoga artikel dapat bermanfaat.

Catatan:
Saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan huruf bahasa Arab tersebut. Dan apabila ada kesalahan, silakan beritahu saya melalui kolom komentar atau halaman kontak yang ada di website ini supaya saya bisa langsung memperbaikinya.

Comments