Cara Mengembalikan Keyboard Seperti Semula Di HP Android

No Comment Tuesday, August 31, 2021
Cara Mengembalikan Keyboard Seperti Semula Di HP Android - Apakah keyboard kalian mengalami masalah seperti huruf keyboard Android tidak berfungsi dan keyboard yang hilang atau tidak muncul? Jika kalian mengalami masalah tersebut, maka kalian bisa melihat solusi cara mengatasi keyboard Android tidak muncul yang ada di dalam artikel ini.

Dan apabila kalian ingin menyetel ulang pengaturan keyboard Android milikmu? Saya juga telah menyiapkan panduan tentang cara mengembalikan keyboard HP Oppo, Vivo, Xiaomi, Samsung dan Android lainnya kembali seperti semula. Berikut ini adalah tutorialnya.

Cara Mengembalikan Keyboard Android Seperti Semula Dan Cara Mengembalikan Keyboard Yang Hilang/Tidak Muncul Di HP Android


Cara Mengembalikan Pengaturan Keyboard Seperti Semula Di HP Android


1. Menghapus Aplikasi Keyboard Lain
Apakah HP Android kalian telah terpasang banyak sekali aplikasi keyboard, namun kalian ingin memakai aplikasi keyboard standard? Jika iya, maka kalian hanya perlu mencopot aplikasi tersebut supaya dapat kembali menggunakan aplikasi keyboard bawaan.

2. Menghapus Data Aplikasi Keyboard Tersebut
Untuk cara mengembalikan keyboard seperti semula dapat dilakukan dengan menghapus data cache dan data aplikasi tersebut. Cara ini sangat mungkin untuk dilakukan, karena keyboard juga termasuk sebagai aplikasi Android.

Dengan menghapus semua data aplikasi keyboard tersebut, maka semua data pengaturan yang tersimpan pada keyboard tersebut akan kembali menjadi seperti semula.

Cara Menghapus Data Aplikasi Keyboard Android:
1. Buka aplikasi "Pengaturan" lalu pilih menu "Aplikasi".
2. Kemudian carilah aplikasi keyboard yang ingin kalian hapus datanya. Contohnya seperti Gboard, AOSP, Go Board, KIKA Keyboard, dll.
3. Setelah itu pilih menu "Penyimpanan" dan ketuk tombol "Hapus Cache" dan "Hapus Data". Setelah prosesnya sudah selesai, maka keyboard telah kembali seperti semula dan siap digunakan.
Cara Mengembalikan Pengaturan Keyboard Seperti Semula Di HP Android Dengan Menghapus Data Aplikasi
Cara menghapus data aplikasi keyboard Android

3. Memilih Opsi Setel Ulang Pengaturan Sistem
Cara berikutnya untuk mengembalikan keyboard Android seperti semula yakni melalui opsi setel ulang pengaturan sistem.

Dengan memakai opsi ini, maka semua setelan yang kita simpan pada HP Android tersebut maka akan dikembalikan seperti semula, termasuk pengaturan keyboard.

Perhatian:
Opsi ini hanya akan menghapus data yang disimpan untuk pengaturan sistem. Sehingga tidak akan menghapus data aplikasi ataupun data pribadi yang tersimpan di memori internal HP Android.

Cara Menghapus Data Pengaturan Sistem Android:
1. Pergi menuju ke "Pengaturan" lalu masuk ke menu halaman "Sistem".
2. Pada halaman Sistem, pilihlah menu "Opsi setel ulang".
3. Selanjutnya pilih "Setel ulang semua pengaturan sistem" dan lanjutkan dengan mengetuk tombol "Setel ulang setelan" untuk memulainya. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.
Cara Mengembalikan Pengaturan Keyboard Seperti Semula Di HP Android Dengan Menghapus Data Pengaturan Sistem
Cara menghapus data pengaturan sistem Android
Baca juga:

Cara Mengembalikan Keyboard Yang Hilang/Tidak Muncul Di HP Android


1. Mulai Ulang Atau Restart HP
Cara paling mudah untuk mengatasi keyboard Android tidak muncul dan tidak berfungsi yaitu dengan memulai ulang atau merestart HP tersebut. Ingat ya, bukan reset, tapi restart.

Dengan merestart smartphone, maka hal itu dapat mengatasi eror karena banyaknya aplikasi yang sedang berjalan sehingga membuat lag ataupun karena gagalnya sistem yang tidak bisa berjalan normal dalam memproses data.

2. Menghapus Data Aplikasi Keyboard
Menghapus data aplikasi keyboard juga bisa berpeluang untuk mengembalikan keyboard yang hilang, sebab opsi ini dapat menghapus semua data yang eror dan memulihkan setelan default pada keyboard tersebut.

3. Memasang Aplikasi Keyboard Android Lain
Apabila keyboard di HP kamu hilang atau tidak bisa muncul, maka cobalah untuk menggunakan aplikasi keyboard Android lainnya yang bisa kalian pasang melalui Google Play Store.

Ada banyak sekali pilihan aplikasi keyboard Android dengan berbagai macam fitur unik yang bisa kalian gunakan dengan gratis.

4. Memilih Opsi Setel Ulang Pengaturan Sistem
Apabila kalian sudah mencoba semua cara di atas namun masih tetap tidak membuahkan hasil, maka pilihlah opsi setel ulang pengaturan sistem yang berguna sebagai cara untuk mengembalikan keyboard seperti semula.

5. Mengembalikan Ke Setelan Pabrik
Mengembalikan ke setelan pabrik atau melakukan Factory Reset adalah merupakan sebagai langkah terakhir untuk cara mengembalikan keyboard yang hilang.

Meskipun cara ini sangatlah efektif, namun resikonya sangatlah besar karena akan menghapus semua data pribadi kamu yang tersimpan di memori internal HP Android tersebut.

Jika kalian masih tetap ingin mencoba opsi ini, maka kalian bisa melakukannya dengan masuk ke dalam menu "Pengaturan > Sistem > Opsi setel ulang > Kembalikan ke setelan pabrik" untuk memulai prosesnya.

Perhatian:
Untuk menghindari sistem eror, pastikan baterai HP kalian berada di atas angka 50% dan jangan diotak-atik ketika proses factory reset berlangsung.

Itulah panduan lengkap mengenai Cara Mengembalikan Keyboard Seperti Semula Di HP Android. Semoga artikel dapat membantumu dalam mengatasi masalah keyboard HP Android yang eror.

Comments