Cara Mengatasi Download Tertunda Diverifikasi Oleh Play Protect

No Comment Thursday, January 06, 2022
Cara Mengatasi Download Tertunda Diverifikasi Oleh Play Protect Service - Google Play Protect itu apa? Play Protect adalah sebuah fitur yang berguna untuk melindungi perangkat pengguna dari aplikasi yang berpotensi berbahaya.

Diverifikasi oleh Play Protect maksudnya yaitu aplikasi tersebut telah terjamin keamanannya karena telah berhasil diperiksa oleh Play Protect, sehingga tidak berbahaya dan aman dari malware.

Fungsi Play Protect Google Play Store

Berikut ini ada beberapa fungsi dari Play Protect yang berguna untuk para pengguna layanan Google Play Store, diantaranya ialah:
  1. Google Play Protect akan melakukan pemeriksaan keamanan pada aplikasi dari Google Play Store sebelum didownload.
  2. Google Play Protect memeriksa perangkatmu untuk mendeteksi aplikasi yang berpotensi membahayakan dari sumber-sumber lain. Aplikasi berbahaya tersebut biasa disebut sebagai malware.
  3. Google Play Protect akan memberikan peringatan apabila mendeteksi aplikasi yang berpotensi membahayakan, dan menghapus aplikasi tersebut dari perangkat.
  4. Google Play Protect memberikan peringatan tentang aplikasi terdeteksi yang melanggar Kebijakan Software yang Tidak Diinginkan karena telah menyembunyikan informasi penting atau menampilkan informasi penting secara keliru.
  5. Google Play Protect mengirimkan pemberitahuan privasi tentang aplikasi yang dapat memperoleh izin pengguna untuk mengakses informasi pribadi Anda, yang melanggar Kebijakan Developer Google PlayStore.

Dengan adanya fitur Play Protect tersebut, pemilik perangkat dapat terhindar dari aplikasi berbahaya ketika ingin memasang aplikasi Google PlayStore.

Meskipun begitu, ada beberapa orang yang lebih memilih ingin menonaktifkan Play Protect dengan alasan tertentu. Diantaranya yaitu untuk cara mengatasi download tertunda di Play Store Xiaomi dan mendownload aplikasi yang diblokir oleh Play Protect.

Baca juga:

Cara Mengatasi Download Tertunda Diverifikasi Oleh Play Protect Atau Diverifikasi Oleh Play Protect Tidak Bisa Download Di Play Store

Cara Mengatasi Download Tertunda Diverifikasi Oleh Play Protect
Download Tertunda Diverifikasi Oleh Play Protect

Lalu bagaimana cara mengatasi diverifikasi oleh Play Protect? Solusinya yakni dengan cara menghilangkan diverifikasi oleh Play Protect.

Berikut ini adalah cara mengaktifkan dan menonaktifkan Google Play Protect di HP Android.

Cara Menonaktifkan Google Play Protect Service

1. Buka menu "Pengaturan" atau "Setelan". Setelah itu pilih menu "Keamanan" lalu ketuk "Google Play Protect".
Cara Mengatasi Download Tertunda Diverifikasi Oleh Play Protect 1
Atau bisa juga dengan membuka aplikasi "Play Store" lalu klik "Avatar/Ikon Profil" dan pilih "Play Protect".
2. Kemudian ketuk pada ikon "Gear/Gerigi" untuk masuk ke pengaturan Play Protect.
Cara Mengatasi Download Tertunda Diverifikasi Oleh Play Protect 2
3. Setelah itu nonaktifkan Google Play Protect dengan cara memilih opsi "Nonaktifkan". Dan akhirnya kini Google Play Protect telah tidak aktif.
Cara Menonaktifkan Google Play Protect Service
Cara Mengatasi Download Tertunda Diverifikasi Oleh Play Protect

Cara Mengaktifkan Google Play Protect Service

1. Buka aplikasi "Play Store" lalu klik "Avatar/Ikon Profil" dan pilih "Play Protect".
Atau bisa juga dengan membuka menu "Pengaturan" atau "Setelan". Setelah itu pilih menu "Keamanan" lalu ketuk "Google Play Protect".
2. Kemudian ketuk pada ikon "Gear/Gerigi" untuk masuk ke pengaturan Play Protect.
3. Selanjutnya pilih opsi "Aktifkan" pada bagian "Pindai Aplikasi Dengan Play Protect" dan "Tingkatkan Deteksi Aplikasi Berbahaya" hingga menyala.

Demikianlah informasi yang berisi panduan untuk Cara Mengatasi Download Tertunda Diverifikasi Oleh Play Protect Service.

Saran saya, lebih baik kalian aktifkan terus fitur Play Protect Google Play Store supaya perangkatmu aman dari aplikasi berbahaya menurut Developer Google. Walaupun itu kita harus menunggu sedikit lebih lama ketika ingin memasang aplikasi baru di Play Store.

Comments

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]