Macam Macam Peraturan Permainan Bulu Tangkis (Badminton) Lengkap

No Comment Wednesday, January 27, 2021
Macam Macam Peraturan Permainan Bulu Tangkis (Badminton) Lengkap - Bulu tangkis atau badminton merupakan sebuah permainan raket yang populer di dunia. Berbicara soal badminton tentunya permainan olahraga tersebut mempunyai aturan sendiri dalam memainkannya.

Dengan adanya peraturan maka jalannya suatu permainan selama pertandingan dapat berjalan lancar dan bermain adil (sportif). Selain itu peraturan bulu tangkis juga memudahkan wasit untuk menentukan pemenang dari hasil pertandingan tersebut.

Peraturan permainan bulu tangkis ditetapkan oleh Badminton World Federation (BWF) alias Induk Organsasi Badminton Internasional. Berikut ini adalah daftar peraturannya.

Baca juga:

Macam Macam Peraturan Permainan Bulu Tangkis (Badminton) Beserta Penjelasannya Lengkap

Macam Macam Peraturan Permainan Bulu Tangkis (Badminton) Lengkap
Wasit sedang mengawasi jalannya permainan bulu tangkis | badmintoncentral.com


A. Peraturan Penilaian Permainan Bulu Tangkis (Badminton)

  • Untuk mendapatkan 1 set poin maka setiap tim harus memenangkan satu babak atau ronde permainan bulu tangkis dengan memperoleh nilai 21 poin dan harus selisih angka minimal 2 poin. Apabila kedua tim memperoleh poin yang sama pada angka 20 - 20 maka akan memasuki masa deuce, yang dimana tim yang terlebih dahulu mendapatkan 2 poin lebih banyak atau mencapai angka 30 poin maka dialah pemenang babak tersebut.
  • Tim yang memenangkan 2 babak secara berturut-turut maka secara otomatis akan dinyatakan sebagai pemenang. Namun jika kedua tim tersebut memperoleh angka seri dalam 2 babak, maka permainan badminton akan dilanjutkan pada babak ketiga yang disebut rubber game untuk menentukan tim pemenang.

B. Pokok Peraturan Permainan Bulu Tangkis (Badminton)

  • Sebelum pertandingan dimulai, wasit telah menetapkan tim mana yang akan melakukan servis pertama kali.
  • Si pemain penerima servis hanya boleh berpindah tempat ke bidang lainnya setelah pemain lawan selesai memukul kok.
  • Apabila sebuah tim berhasil memukul kok dan jatuh ke daerah lawan saat servis maupun reli maka dia akan memperoleh poin dan mendapatkan kesempatan melakukan servis kembali.
  • Seorang pemain hanya boleh melakukan pukulan servis apabila pemain lawan telah siap untuk menerima servis tersebut. Apabila pemain lawan belum siap, maka dia boleh mengangkat tangannya sebagai tanda bahwa dia memang belum siap.

C. Larangan Dan Kesalahan Pemain Bulu Tangkis (Badminton)

  • Apabila pemain melakukan pukulan servis namun saat memukul kok bagian kepala (daun) raket berada lebih tinggi dari pinggang atau sejajar dengan pegangan (grip) raket.
  • Apabila pelaku servis menjatuhkan shuttlecock ke bidang yang salah yaitu bukan garis diagonalnya, jatuh di depan garis servis pendek ataupun jatuh di garis luar lapangan maka hal itu akan memberikan poin kepada lawan.
  • Kaki pemain yang melakukan pukulan servis tidak berada di dalam bidang servisnya, atau kaki pemain si penerima servis tidak berada di dalam bidangnya. Maka yang melakukan kesalahan akan memberikan poin kepada lawannya.
  • Pemain yang melakukan teriakan atau gestur tubuh yang secara sengaja untuk mengganggu konsentrasi lawannya maka termasuk sebuah pelanggaran.
  • Apabila saat servis atau reli berlangsung, namun pukulan kok tidak melewati net maka termasuk dalam kesalahan dan tim lawan akan mendapat tambahan poin.
  • Ketika pemain melakukan servis atau reli kemudian shuttlecock menyentuh tubuh pemain lawan, tiang dan net ataupun keluar lapangan, maka poin tersebut akan diberikan kepada tim lawan.
  • Setiap tim ataupun pemain tidak diperbolehkan memukul kok dua kali. Hal ini biasanya terjadi pada permainan ganda yang dimana raket pemain rekan bagian depan sudah mengenai kok namun dipukul kembali oleh rekan satu timnya yang ada di belakang.
Baca juga:

D. Peraturan Permainan Bulu Tangkis Tim Tunggal Putra Atau Putri

  • Pemain harus melakukan servis pada bidang kanan apabila nilai tim yang diperoleh adalah angka 0 dan angka genap seperti nilai 2, 4, 6 dan seterusnya pada saat pertandingan. Begitu pula sebaliknya, pemain akan melakukan servis dari bidang kiri apabila nilai pemain tersebut memperoleh poin angka ganjil seperti 1, 3, 5 dan seterusnya.
  • Kedua tim yang bertanding akan terus mengubah posisi atau bidang servis mereka masing-masing sesuai dengan angka yang telah dihasilkan dalam setiap pertandingan.

E. Peraturan Permainan Bulu Tangkis Tim Ganda Putra Putri Dan Campuran

  • Pemain yang berada di bidang servis kanan akan memulai pukulan servis ke arah lawan yang berdiri dihadapannya secara diagonal.
  • Hanya pemain lawan yang berdiri secara diagonal di hadapan pemain servislah yang diperbolehkan menerima servis tersebut. Apabila pukulan servis tersebut tersentuh atau dipukul oleh pemain pasangannya atau yang tidak berhadapan secara diagonal dengan si pemain servis, maka pihak yang melakukan servis akan memperoleh poin.
  • Pukulan servis pertama kali selalu dilakukan dari bidang kanan lapangan, setelah itu akan terus berubah sesuai dengan nilai angka yang dihasilkan pada setiap pertandingan. Servis dilakukan dari kanan apabila mendapat nilai genap, sedangkan servis dari kiri dilakukan saat memperoleh nilai ganjil.

Demikian informasi mengenai Macam Macam Peraturan Permainan Bulu Tangkis (Badminton) Beserta Penjelasannya Lengkap.

Comments