Macam Macam Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap

No Comment Tuesday, January 26, 2021
Macam Macam Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap - Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling banyak digemari oleh sebagian besar orang dari berbagai kalangan, baik para orang dewasa, pemuda dan juga anak anak.

Karena itulah permainan sepak bola dijadikan sebagai kompetisi tingkat internasional seperti piala dunia (FIFA World Cup) dan juga piala AFF.

Untuk bermain sepak bola, para pemain diwajibkan untuk mematuhi semua peraturan sepak bola untuk menjaga sportifitas selama masa bertanding. Dan bagi siapa saja yang melanggar peraturan tersebut maka akan dikenakan sanksi berupa peringatan atau dikeluarkan dari lapangan.

Baca juga:

Macam Macam Contoh Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Dengan Penjelasannya

Macam Macam Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap
Contoh gambar pelanggaran pemain mendapat sanksi kartu merah | soccernews.id

Peraturan Sarana Permainan Sepak Bola


1. Lapangan
Untuk melaksanakan pertandingan sepak bola maka diperlukan sebuah lapangan khusus yang memenuhi standar seperti:
  • Pertandingan dapat dilakukan di lapangan rumput alami ataupun sintetis, tergantung dari ketentuan penyelenggara kompetisi/pertandingan.
  • Warna lapangan sintetis harus berwarna hijau.
  • Ukuran lapangan sepak bola:
    • Panjang lapangan = 90 - 120 meter (Nasional) / 100 - 110 meter (Internasional).
    • Lebar lapangan = 45 - 90 meter (Nasional) / 64 - 75 meter (Internasional).

2. Ukuran Gawang
  • Tinggi gawang = 2,44 meter.
  • Panjang gawang = 7,32 meter.
  • Lebar gawang = 1,55 meter.

3. Standar Bola
Dalam peraturan permainan sepak bola, sebuah bola merupakan komponen utama untuk mamainkan pertandingan sepak bola. Selain itu kualitas bola harus memenuhi standar dengan berbentuk bulat sempurna dan terbuat dari bahan kulit yang berkualitas.

Adapun standar ukuran bola, seperti berikut:
  • Diameter bola = 21 - 22,5 cm.
  • Keliling bola = 68 - 71 cm.
  • Berat = 410 - 450 gram.
  • Tekanan udara = 8 - 12 psi.

Apabila bola mengalami kerusakan saat berlangsung, maka permainan sepak bola akan dihentikan sementara untuk mengganti bola yang rusak dengan bola baru.

4. Perlengkapan Dasar Para Pemain
Jersey/Baju
Setiap tim harus memakai jersey dengan warna dan identitas yang berbeda dengan tim lain, wasit dan kiper. Setiap tim harus memiliki 2 warna jersey berbeda, 1 jersey digunakan untuk bertanding di arena sendiri (home) dan 1 jersey lain untuk bertandang di arena lawan (away).
Apabila seorang pemain ingin memakai pakaian dalam, maka warna lengan harus sama dengan warna utama jersey tersebut.

Kaos Kaki
Dalam pertandingan resmi maka setiap tim harus memakai warna yang sama. Selain itu semua pemain harus memakai shinguard alias pelindung tulang kering yang terbuat dari karet ataupun plastik untuk menghindari cedera.

Sarung Tangan
Setiap penjaga gawang (kiper) diwajibkan untuk memakai sarung tangan supaya dapat memudahkan dalam menangkap bola.

Aksesoris Yang Dilarang
Pemain sepak bola dilarang untuk memakai aksesoris seperti kalung, gelang, anting dan aksesoris lainnya yang dapat mengganggu pemain lain ataupun diri sendiri.

Baca juga:

Macam Macam Pokok Peraturan Permainan Sepak Bola Selama Pertandingan


5. Waktu Pertandingan
Waktu pertandingan permainan sepak bola dilakukan selama 90 menit dan dibagi menjadi 2 babak, setiap babak berjalan selama 45 menit dan waktu istirahat selama kurang dari 15 menit.

Jika waktu pertandingan 2 babak telah selesai, namun skor kedua tim masih seri maka akan dilakukan babak tambahan yaitu selama 2 x 15 menit. Apabila skor tersebut masih imbang maka diadakan adu penalti untuk menentukan pemenangnya.

6. Jumlah Pemain
Contoh peraturan permainan sepak bola yang selanjutnya yaitu mengenai jumlah pemain. Dalam pertandingan sepak bola terdapat 2 tim yang saling bertanding. Setiap masing-masing tim memiliki 11 orang pemain utama dan pemain cadangan.

Apabila salah satu tim tersisa 7 pemain karena 4 pemain lainnya yang meninggalkan lapangan karena kartu merah atau cedera, maka tim tersebut secara otomatis dianggap kalah.

7. Pergantian Pemain Sepak Bola
Pergantian pemain dilakukan untuk mengganti seorang pemain utama dengan pemain cadangan. Pergantian pemain hanya dapat dilakukan sebanyak 3 kali, atau bisa juga sebanyak 7 kali jika untuk pertandingan persahabatan.

Peraturan sepak bola untuk pergantian pemain:
  • Memberitahu wasit untuk mengganti pemain.
  • Pemain pengganti hanya diperbolehkan masuk lapangan ketika pemain yang diganti telah keluar lapangan.
  • Pemain pengganti masuk dari garis tengah lapangan dan ketika pertandingan sedang berhenti.
  • Proses pergantian pemain akan selesai ketika pemain yang diganti keluar lapangan dan pemain pengganti telah memasuki lapangan.
  • Pemain yang telah diganti tidak dapat lagi mengikuti pertandingan tersebut.

8. Wasit (Referee)
Wasit adalah seseorang yang berperan sebagai pemimpin jalannya pertandingan sepak bola. Tugas wasit utama yaitu memberikan keputusan kepada seorang pemain sepak bola yang melanggar peraturan.

Semua keputusan dari wasit merupakan sebuah kebijakan mutlak yang tidak dapat ditentang, jika ada pemain yang menentang maka dapat terkena sebuah sanksi berupa kartu kuning.

9. Asisten Wasit (Linesman)
Asisten wasit atau linesman adalah sebuah wasit yang berada di garis tepi lapangan untuk memberikan keputusan apabila terjadi offside, bola keluar dan tendangan sudut dengan memberikan tanda melalui bendera khusus.

10. Pemain Kapten Tim (Captain)
Kapten tim sepak bola adalah seorang pemain yang menjadi pemimpin dari sebuah tim sepak bola. Hal ini bertujuan apabila ada suatu masalah dalam tim maka sang kapten yang akan diajak berdisukusi oleh wasit.

11. Kick Off Dan Awal Permainan
Kick off merupakan sebuah tendangan awal yang digunakan untuk memulai permainan sepak bola ketika:
  • Memulai pertandingan babak pertama.
  • Terjadinya sebuah gol.
  • Memulai pertandingan babak kedua.
  • Memulai pertandingan babak tambahan.

Selain kick-off, wasit juga dapat melakukan awal permainan dengan melempar bola ke atas secara vertikal untuk memulai ulang pertandingan yang sempat terhenti karena adanya sebuah insiden selama masa pertandingan.

Contohnya yaitu seperti karena ada kerusuhan dari para supporter, hujan lebat, cedera pemain, hingga bola yang terkena tubuh wasit.

12. Gol Dan Perolehan Skor
Gol adalah memasukkan bola kedalam gawang lawan dan menjadi tujuan utama dari permainan sepak bola.

Gol yang sah apabila bola melewati garis dalam gawang ataupun masuk kedalam gawang tanpa adanya pelanggaran offside dan handsball dari para pemain. Gol juga sah meskipun dilakukan secara tidak sengaja oleh tim sendiri (gol bunuh diri).

13. Offside
Offside terjadi apabila posisi pemain penerima operan berada di belakang pemain terakhir tim lawan selain kiper. Saat terjadi offside maka asisten wasit akan menangkat bendera dan meniup peluit.

14. Bola Keluar (Out) Dan Bola Masuk (In)
Contoh peraturan permainan sepak bola lainnya yaitu tentang bola out yang keluar dari samping lapangan, maka akan dilakukan lemparan bola kedalam lapangan. Tetapi apabila bola out yang keluar dari samping gawang maka akan dilakukan tendangan sudut atau tendangan gawang.

15. Lemparan Bola Kedalam Lapangan (Throw In)
Lemparan bola kedalam lapangan terjadi karena bola yang keluar melewati garis samping lapangan, dan pemain terakhir yang menyentuh bola tersebut sebelum keluar lapangan maka tim lawan yang akan mendapatkan lemparan bola kedalam.

16. Pelanggaran Pemain
Pelanggaran adalah sebuah tindakan yang tidak boleh dilakukan oleh semua pemain sepak bola dan menjadi sebuah larangan yang harus dipatuhi. Berikut ini larangan pemain sepak bola:

Mencederai pemain tim lawan dengan menyerang fisik secara sengaja. Contohnya yaitu seperti melakukan sliding tackle dari belakang, menyikut lawan hingga terjatuh, mendorong, menarik, dan menabrak/membenturkan pemain lawan.

Adapun pelanggaran sikap pemain. Seperti menggunakan kata-kata kasar terhadap pemain lawan, wasit ataupun penonton. Menyentuh bola hidup menggunakan tangan secara sengaja. Melepas seragam sepak bola.

17. Tendangan Penalti (Penalty Kick)
Tendangan penalti dilakukan apabila ada salah satu pemain yang melakukan pelanggaran dan handsball ketika berada di dalam area kotak penalti.

Sebelum melakukan tendangan penalti para pemain harus berada di luar area kotak penalti hingga bola tersebut ditendang, kecuali kiper yang diharuskan berada di wilayah area kotak gawang.

18. Tendangan Bebas (Free Kick)
Tendangan bebas merupakan sebuah tendangan yang diberikan oleh wasit akibat adanya pelanggaran dari pemain tim lawan. Selain itu tendangan bebas juga dibagi menjadi 2 jenis, yaitu tendangan bebas langsung dan tidak langsung.

Tendangan bebas langsung adalah tendangan yang terjadi karena adanya pelanggaran dan biasanya tim lawan melakukan penjagaan dengan pagar betis, sehingga pemain yang menendang biasanya harus mengambil ancang-ancang terlebih dahulu.

Tendangan bebas tidak langsung adalah tendangan yang terjadi akibat adanya offside ataupun pelanggaran yang terjadi sebelum melewati garis tengah lapangan atau tim lawan.

19. Tendangan Sudut (Corner Kick)
Tendangan sudut atau sepak pojok adalah sebuah tendangan yang dilakukan di pojok kiri atau kanan lapangan.

Tendangan sudut diberikan kepada tim rekan apabila bola tersebut keluar dari garis samping gawang tim lawan, dan sebelum bola keluar tersentuh oleh tubuh pemain lawan.

20. Tendangan Gawang
Tendangan gawang ialah sebuah tendangan bola mati yang ditendang kiper di dalam area kotak gawang. Tendangan gawang terjadi karena pemain lawan yang gagal memasukkan bola kedalam gawang, sehingga bola tersebut keluar melewati garis samping gawang.

Sekian informasi rinci tentang Macam Macam Contoh Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Dengan Penjelasannya. Semoga info ini dapat menambah wawasan kalian seputar dunia olahraga dan juga bermanfaat.

Comments