Melihat Sejarah Apa Itu Perayaan Hari Valentine Atau Valentine Day?

No Comment Friday, February 14, 2020
Melihat Sejarah Apa Itu Perayaan Hari Valentine Atau Valentine Day - Hari valentine merupakan sebuah perayaan yang seringkali diartikan sebagai hari kasih sayang kepada semua orang yang kita cintai dan hari valentine ini selalu dirayakan pada setiap tanggal 14 Februari.

Lalu bagaimanakah sejarahnya "Kapan Hari Peringatan Valentine Itu Dimulai"? Untuk mengetahui berikut ini ada beberapa sejarah yang menceritakan tentang hari perayaan valentine.

Sejarah Munculnya Perayaan Hari Valentine Dari Beberapa Versi Cerita

Berbagi coklat untuk merayakan Valentine Day
Berbagi coklat untuk merayakan Valentine Day | Pixabay Jill Wellington

1. Versi Festival Lupercalia

Pada pertengahan bulan Februari lebih tepatnya di tanggal 15, bangsa Romawi kuno merayakan hari raya Lupercalia, yaitu sebuah perayaan untuk menghormati Lupercus (dewa kesuburan).

Sebagai bagian dari ritual, para pendeta Lupercus Romawi mempersembahkan domba kepada sang dewa dan setelah meminum anggur, mereka akan berlari ke jalanan kota Roma sambil membawa potongan-potongan kulit domba dan menyentuh siapapun yang mereka jumpai, terutama kaum wanita yang percaya bahwa mereka bisa mendapatkan kesuburan dan melahirkan dengan mudah.

Di sisi lain ada yang mengatakan bahwa festival Lupercalia yang dilakukan oleh bangsa Romawi ini sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau seks bebas.

Baca juga:

2. Versi Pendeta Valentine Dan Claudius II

Berdasarkan sejarah bahwa kaisar Claudius II melarang semua prajuritnya untuk melakukan pernikahan ataupun pertunangan, hal ini dikarenakan para prajuritnya enggan berangkat ke medan perang karena telah memiliki ikatan dengan istri dan kekasihnya.

Namun kebijakan tersebut rupanya telah ditentang oleh pendeta Valentinus, dengan berani dia menikahkan para pemuda secara diam-diam, sehingga pendeta tersebut pada akhirnya dimasukkan kedalam penjara hingga mendapatkan hukuman mati dengan cara dipancung pada tanggal 14 Februari.

Pada waktu sore hari sebelum Santo Valentine menjalani hukuman mati, dia memberikan surat kecil untuk menyatakan cintanya yang diberikan kepada sipir penjara tersebut yang menjadi temannya, isi suratnya bertuliskan "From Your Valentine (yang artinya Dari Valentinusmu)".

Karena surat tersebutlah banyak orang yang terinspirasi atas kisah tersebut tersebut dan menjadi populer sampai saat ini. Atas jasanya tersebut pendeta Valentine mendapat julukan Santo (yang artinya orang suci).

Karena setiap cerita yang sama akan terlihat berbeda jika dilihat dari sudut pandang yang lain. Jadi asal usul Sejarah Apa Itu Perayaan Hari Valentine Atau Valentine Day yang sebenarnya masih diragukan dari cerita yang mana yang asli.

Namun kebanyakan sebagian orang menganggap bahwa cerita Versi St. Valentine Dan Claudius II di atas merupakan cerita yang paling kuat di antara sejarah tentang hari Valentine lainnya.

Comments