4 Cara Membuat Google Drive Yang Bisa Diakses Semua Orang

No Comment Saturday, August 14, 2021
4 Cara Membuat Google Drive Yang Bisa Diakses Semua Orang - Berbagi sebuah file foto, video dan dokumen lainnya sepertinya kini bukan menjadi sebuah persoalan yang sulit. Dengan menggunakan layanan Google Drive, kita dapat menyimpan dan berbagi file kepada orang lain di seluruh dunia menggunakan internet.

Apabila kalian ingin berbagi sebuah file yang bersifat umum, namun tidak mengetahui cara untuk melakukannya, maka kalian bisa mengikuti panduan cara buat link Google Drive yang bisa diakses semua orang berikut ini.

Panduan Untuk Cara Membuat Google Drive Yang Bisa Diakses Semua Orang Di HP Android Dan PC Windows


1. Cara Memberi Akses Google Drive Kepada Orang Lain Via Email

Cara Memberi Akses Google Drive Kepada Orang Lain Via Email
Cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang yaitu dengan memberikan akses melalui link file tersebut dengan mengirimnya lewat email.

1. Login kedalam akun google milikmu.
2. Klik kanan pada file yang ingin dibagikan. Kemudian pilih menu "Bagikan".
3. Pada kotak form "Tambahkan orang dan grup", ketik semua alamat email tujuan yang ingin diberi akses untuk membuka file Google Drive tersebut, dan ketik pesan sebagai opsi.
4. Atur kedudukan atau hak akses si penerima link Google Drive:
  • Pengakses lihat saja: Orang yang hanya dapat melihat dan mendownload, tetapi tidak dapat mengubah atau membagikan file kepada orang lain.
  • Pemberi komentar: Orang yang dapat memberi komentar dan saran, tetapi tidak dapat mengubah atau membagikan file kepada orang lain.
  • Editor: Orang yang dapat melakukan perubahan, menerima, atau menolak saran, serta membagikan
  • file kepada orang lain.
5. Klik tombol ikon "Gear" untuk membuka menu "Setelan berbagi" pada file Google Drive. Beri tanda centang untuk memberikan izin, atau hilangkan tanda centang untuk menghilangkan izin tersebut.
6. Klik tombol "Selesai" untuk mengirim link file Google Drive tersebut lewat email.
Catatan: Jika kalian membagikan file ke alamat email yang bukan Akun Google (Gmail), mereka hanya dapat melihat dan tidak bisa mengedit file tersebut.

2. Cara Membuat Link Google Drive Bisa Diakses Semua Orang

Cara Membuat Link Google Drive Bisa Diakses Semua Orang
Selain mengirim file via email, cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang yaitu dengan memberikan sebuah link Google Drive yang bisa diakses oleh orang-orang selama mereka memiliki link tersebut.

1. Masuk kedalam akun google milikmu.
2. Klik kanan pada file yang ingin dibagikan. Kemudian pilih menu "Dapatkan Link".
3. Pada opsi menu "Dibatasi", ganti pilihan tersebut menjadi "Siapa saja yang memiliki link".
4. Jangan lupa untuk mengatur hak akses penerima link, kalian bisa memilih berbagai opsi berikut "Pengakses lihat saja, Pemberi komentar, Editor".
5. Klik tombol "Salin link" untuk menyalin link Google Drive itu.
6. Setelah mengedit pengaturan link berbagi file di Google Drive, klik tombol "Selesai" untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Dengan begini kalian bisa bagikan link Google Drive tersebut kepada orang lain melalui email dan media sosial dengan cara menempelkannya.

Baca juga:

3. Cara Share File Google Drive Tanpa Permission Untuk Publik

Cara Share File Google Drive Tanpa Permission Untuk Publik
Cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang dan bisa diedit tanpa izin, yakni dapat dilakukan dengan cara mengubah settingan menjadi "Editor". Berikut adalah panduan untuk cara share Google Drive tanpa permission.

1. Masuk kedalam akun google kalian.
2. Klik kanan pada file yang ingin dibagikan. Lalu pilih menu "Dapatkan Link" atau "Bagikan".
3. Selanjutnya pada opsi menu "Dibatasi", silahkan ganti menjadi "Publik" atau "Siapa saja yang memiliki link".
4. Kemudian, ubah opsi "Pengakses lihat saja" menjadi "Editor" supaya orang lain dapat mengedit file tanpa izin.
5. Klik tombol ikon "Gear" untuk membuka menu "Setelan link". Beri tanda centang untuk mengizinkan file tersebut supaya terindex di mesin pencarian, atau hilangkan centang untuk menolaknya.
6. Terakhir klik tombol "Salin link" lalu klik "Selesai" untuk menyimpan pengaturan tersebut.
Setelah itu kalian bisa membagikan link tersebut ke internet.

Dengan mengikuti panduan tersebut, maka si penerima file dapat mengedit dan membagikannya tanpa harus meminta izin kepada si pemiliknya.

4. Cara Mengirim File Ke Link Google Drive Orang Lain (Publik)

Cara Mengirim File Ke Link Google Drive Orang Lain (Publik)
Ketika kalian berselancar di internet kemudian menemukan sebuah file yang penting atau menarik untuk dibagikan kepada orang lain, maka kalian hanya menyalin link tersebut dan membagikannya melalui internet seperti email, website, Youtube, WhatsApp, Facebook dan lainnya.

1. Buka link file Google Drive orang lain tersebut.
2. Pilih menu "Titik Tiga" pada pojok kanan atas halaman, lalu klik menu "Bagikan".
  • Ketik semua alamat email yang ingin kalian kirimi link tersebut, jika sudah klik tombol "Kirim". Jika ingin mengirim file via email.
  • Klik tombol "Salin link", atau bisa juga dengan menyalin url pada kotak url di browser tersebut. Apabila kalian ingin mengirim file lewat link, kalian hanya perlu paste/menempelkan link tersebut untuk membagikannya kepada orang lain.

Untuk panduan Cara Membuat Google Drive Yang Bisa Diakses Semua Orang Di HP, kalian hanya perlu menyesuaikannya dengan aplikasi Google Drive ataupun di browser.
Meskipun beda perangkat, namun aplikasi Google Drive di HP Android memiliki tampilan yang sangat mirip seperti tampilan browser pada PC.

Demikianlah tutorial yang berupa Cara Membuat Google Drive Yang Bisa Diakses Semua Orang. Semoga tutorial ini dapat berguna untuk membagikan file yang bermanfaat.

Comments