Macam Macam Teknik Dasar Permainan Tenis Meja (Pingpong) Lengkap

No Comment Monday, January 18, 2021
Macam Macam Teknik Dasar Permainan Tenis Meja (Pingpong) Lengkap - Dalam permainan bola kecil seperti tenis meja atau pingpong membutuhkan fokus dan juga teknik yang tepat untuk mengendalikan sebuah arah bola.

Sebab dengan memakai sebuah teknik dalam bermain maka pemain dapat menguasai pergerakan bola selama masa pertandingan.

Teknik dasar permainan tenis meja meliputi grip (memegang bet), stance (posisi siap), strokes (pukulan). Bagi kalian yang ingin mengetahui macam macam teknik dasar dalam permainan tenis meja dan penjelasannya maka kamu dapat membaca ringkasan berikut ini.

Baca juga:

Macam Macam Teknik Dasar Permainan Tenis Meja (Pingpong) Dan Penjelasannya Beserta Gambarnya


A. Teknik Grip (Memegang Raket/Bet)

Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Snakehand Dan Penhold Grip
Gambar teknik dasar permainan tenis meja snakehand dan penhold
Dalam permainan tenis meja setiap pemain diharuskan menggunakan bet sebagai alat pemukul bola yang dimainkan di atas meja.

Meskipun permainan ini secara sekilas terlihat seperti permainan tenis lapangan, namun ada banyak perbedaan, di antaranya ialah bentuk bet atau raket yang digunakan untuk memukul bola.

Sehingga setiap pemain harus memahami betul tentang bagaimana cara memegang bet yang benar supaya dapat merasa nyaman saat bermain. Dan berikut ini ada macam macam teknik dasar memegang bet dalam permainan tenis meja.

1. Snakehand Grip
Snakehand grip adalah sebuah teknik dasar memegang bet tenis meja seperti melakukan jabat tangan atau bersalaman.

Keunggulan dari teknik snakehand yaitu dapat dengan mudah digunakan untuk memukul bola dengan kedua sisi bet tenis meja. Teknik snakehand dipakai oleh para pemain profesional dari Eropa.

2. Penhold Grip
Disebut dengan nama penhold grip, karena teknik dasar tenis meja ini dilakukan dengan menggenggam bet seperti layaknya memegang sebuah pena. Sehingga teknik penhold grip hanya bisa memiliki satu sisi bed yang dirasa nyaman untuk memukul bola.

Sebagian besar teknik penhold seringkali digunakan oleh para pemain tenis meja yang berasal dari wilayah Asia seperti Cina, Jepang dan Korea.

3. Seemiller Grip
Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Seemiller Grip
Gambar teknik dasar permainan tenis meja seemiller
Seemiller merupakan sebuah teknik memegang bet dengan menempatkan ibu jari dan jari telunjuk di kedua sisi bet, lalu ketiga jari lainnya dipakai untuk memegang pegangan bet.

Nama teknik seemiller grip ini diambil dari nama pemain tenis meja yang berasal dari Amerika yaitu Danny Seemiller, yang menggunakan teknik ini dan menjadi juara. Oleh karena itu teknik ini juga disebut dengan american grip.

B. Teknik Stance (Posisi Siap)

Stance merupakan sebuah teknik posisi badan yang bersiap siaga saat bermain tenis meja. Stance dilakukan para pemain untuk menyesuaikan diri dan gaya bermain yang akan dimainkannya.

1. Square Stance
Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Square Stance
Gambar teknik dasar permainan tenis meja square stance
Square stance merupakan sikap pemain yang berada di posisi tengah meja dan menghadap ke arah net. Teknik ini sangat identik dengan mode bertahan karena seringkali dipakai untuk bersiap menahan serangan lawan.

2. Side Stance
Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Side Stance
Gambar teknik dasar permainan tenis meja side stance
Side stance adalah sikap pemain yang berada di posisi samping kanan ataupun kiri meja. Teknik ini biasa dipakai untuk bersiap dalam melakukan sebuah pukulan serangan ke daerah lawan.

C. Teknik Strokes (Pukulan Tenis Meja)

Strokes adalah macam macam teknik dasar memukul bola dalam permainan tenis meja, baik itu digunakan untuk bertahan ataupun menyerang daerah lawan.

1. Teknik Service Strokes (Pukulan Servis)
Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Servis
Gambar teknik dasar permainan tenis meja servis | Wikihow
Teknik pukulan servis merupakan sebuah pukulan pertama yang digunakan untuk memulai pertandingan tenis meja dengan memukul bola pingpong ke daerah lawan menggunakan bet.

Dalam melakukan pukulan servis, para pemain seringkali memberikan efek putaran berupa topspin, backspin, sidespin ataupun corkspin pada bola supaya pemain lawan tidak dapat menerima servis dengan mudah.

Macam Macam Teknik Offensive Strokes (Pukulan Serangan)

2. Flip/Flick
Flip atau flick adalah teknik dasar tenis meja untuk memukul bola ke arah lawan dengan cara memantulkan bola ke meja terlebih dahulu sebelum menyeberangi net dan jatuh ke daerah lawan.

3. Smash
Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Smash
Gambar teknik dasar permainan tenis meja smash | Wikihow
Smash adalah sebuah teknik memukul bola menggunakan kekuatan penuh dengan tempo yang cepat sehingga pemain lawan tidak dapat melakukan pertahanan dengan tepat waktu.

Karena lebih mengutamakan tembakan kecepatan bola, maka efek putaran bola dari smash sangat jarang terjadi meskipun hal itu dapat dilakukan oleh pemain.

Teknik smash biasa dipakai ketika pemain lawan mengembalikan bola yang memantul terlalu tinggi atau terlalu dekat dengan net.

4. Drive
Drive adalah teknik dasar permainan tenis meja untuk melakukan serangan dengan cara memukul bola dengan ayunan panjang, sehingga akan menghasilkan sebuah pukulan bola yang mendatar dan bergerak cepat.

Macam Macam Teknik Defensive Strokes (Pukulan Bertahan)

5. Block
Block merupakan teknik dasar yang dipakai untuk melakukan pertahanan pada daerah pemain dengan cara menangkis atau memblokir jalur bola tepat setelah memantul.

Dengan begitu maka bola akan kembali ke arah lawan dengan energi yang hampir sama banyaknya yang dimilikinya.

6. Push
Push adalah teknik pertahanan dalam permainan tenis meja dengan gerakan mendorong bola menggunakan bet supaya dapat mengembalikan bola pada lawan.

7. Chop
Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Forehand Chop
Gambar teknik dasar permainan tenis meja forehand chop
Chop adalah sebuah teknik pukulan dengan ayunan yang kuat layaknya seperti menebang sebuah pohon menggunakan kapak. Teknik chop dipakai untuk melakukan mode bertahan.

Cara melakukan teknik pukulan chop yaitu bagian depan bet menunjuk ke arah horizontal dengan sedikit ke atas dan arah pukulan bola harus mengarah ke bawah.

8. Lob
Penggunaan teknik lob bertujuan untuk mengangkat bola pada ketinggian yang sangat tinggi sebelum jatuh ke sisi meja lawan. Teknik lob hampir dapat menghasilkan semua jenis putaran pada bola.

Macam Macam Posisi Tangan Saat Memukul Bola Pingpong

Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Backhand Forehand
Contoh gambar teknik dasar posisi tangan forehand dan backhand | Wikihow
Dalam melakukan sebuah pukulan pada sebuah bola pingpong, maka seorang pemain harus pandai dalam mengambil keputusan seperti menentukan posisi tangan ketika memukul bola.

Berikut ini ada 2 jenis teknik dasar posisi tangan yang digunakan pada saat memukul bola dalam permainan tenis meja, yaitu pukulan forehand dan backhand.

1. Forehand 
Forehand adalah teknik dasar tenis meja saat memukul bola dengan memposisikan tangan berada di samping tubuh pemain. Biasanya pemain akan menggunakan posisi side stance.

2. Backhand
Backhand adalah teknik dasar tenis meja ketika memukul bola dengan memposisikan tangan berada di depan tubuh pemain. Biasanya pemain akan bersiap dengan posisi square stance.

Macam Macam Efek Putaran Pada Bola Pingpong

Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Topspin, Backspin, Sidespin, Corkspin
Contoh gambar efek putaran bola topspin, backspin, sidespin dan corkspin
Dalam permainan tenis meja setiap macam macam teknik pukulan tenis meja yang telah digunakan maka dapat menghasilkan sebuah rotasi atau perputaran pada bola pingpong.

Sehingga hal ini dapat dimanfaatkan oleh setiap pemain untuk menghasilkan pukulan bola yang bisa mempersulit keadaan lawan ketika menahan serangan tersebut.

1. TopSpin
Topspin adalah sebuah efek putaran bola pada sumbu horizontal dan berputar mengarah ke depan seperti sebuah roda yang berjalan maju.

2. BackSpin
Backspin merupakan efek putaran bola pada sumbu horizontal dan berputar ke arah belakang seperti roda yang berjalan mundur. Sehingga backspin adalah kebalikan dari topspin.

3. SideSpin
Sidespin ialah efek rotasi bola yang berputar pada sumbu vertikal, sehingga putarannya mengarah kesamping (bisa ke arah kanan atau kiri).

4. CorkSpin/DrillSpin
Corkspin atau drillspin yaitu efek rotasi bola pingpong yang memiliki sumbu putar yang relatif sejajar dengan lintasan bola seperti bor atau kincir angin yang berputar. Sehingga saat bola memantul maka akan melesat ke kanan atau kiri sesuai arah putaran tersebut.

Demikian informasi mengenai Macam Macam Teknik Dasar Permainan Tenis Meja (Pingpong) Dan Penjelasannya Beserta Gambarnya yang dapat kalian pelajari, semoga informasi ini dapat berguna.

Comments