Macam Macam Contoh Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

No Comment Tuesday, December 22, 2020
Macam Macam Contoh Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya - Hardware disebut juga dengan perangkat keras komputer adalah sebuah alat komponen komputer yang memiliki bentuk fisik sehingga dapat dilihat dan dipegang secara langsung, sedangkan fungsi perangkat keras komputer adalah sebagai alat pendukung untuk proses pengoperasian komputer.

Secara umum ada bermacam macam jenis perangkat keras berdasarkan fungsinya, dan hardware komputer tersebut dibagi menjadi 4 bagian yang terdiri atas hardware process device (unit proses), input device (unit keluaran), output device (unit keluaran), dan storage device (unit penyimpanan).

Sedangkan untuk macam macam sifat hardware terdiri atas hardware primary device (komponen atau unit utama) dan peripheral device (komponen atau unit tambahan). Untuk mengetahui apa saja contoh contoh perangkat keras yang digunakan pada komputer, berikut ini adalah ringkasan mengenai contoh hardware komputer dan fungsinya.

25+ Contoh Komponen Komputer - Macam Macam Contoh Perangkat Keras (Hardware) Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya


A. Macam Macam Hardware Primary Device (Perangkat Keras Unit Utama) Dan Fungsinya Beserta Gambarnya


a. Contoh Hardware Process Device (Perangkat Keras Unit Proses)


1. CPU (Central Processing Unit)
Gambar Hardware Proses Komputer CPU
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis proses (CPU)
CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang terdiri oleh kumpulan komponen CPU dan menjadi pusat pemrosesan data untuk saling bersinergi dalam menerjemahkan perintah dari perangkat lunak (software) yang sedang dijalankan oleh pengguna komputer (brainware).

2. Mainboard/Motherboard (Mobo)
Gambar Hardware Proses Komputer Motherboard
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis proses (Motherboard)
Mainboard alias Motherboard atau seringkali disingkat Mobo adalah sebuah komponen utama pada CPU karena bertugas menyambungkan seluruh hardware komputer menjadi dalam satu kesatuan. Singkatnya Motherboard adalah sebuah tempat untuk semua periferal hardware terpadu.

Bentuk Motherboard berupa sebuah papan sirkuit cetak atau biasa disebut PCB (Printed Circuit Board). Pada papan PCB tersebut terdapat sebuah socket khusus yang berguna untuk menghubungkan semua komponen-komponen cpu dan perangkat komputer lainnya, seperti Input/Output Port (I/O Port), Processor, RAM, VGA Card, NIC Card, Sound Card dan masih banyak lagi.

3. Processor
Gambar Hardware Proses Komputer Processor
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis proses (Processor)
Processor atau prosesor adalah contoh komponen cpu komputer yang menjadi otak atau inti dari pemrosesan komputer, sebab fungsi dari processor yaitu mengatur semua program yang komputer yang sedang berjalan, karena tugas dari processor yaitu menerima intruksi, mengolah intruksi dan mengeksekusi intruksi. Sehingga semua proses lalu lintas program pada komputer tersebut bisa berjalan lancar.

Dalam komponen processor terdapat 3 bagian penting, di antaranya yaitu:
  • Control Unit (CU): Berfungsi untuk mengatur semua lalu lintas data pada komputer seperti input output.
  • Aritmatics Logical Unit (ALU): Berfungsi untuk melakukan perhitungan logika aritmatika yang diintruksikan oleh software dan hardware.
  • Register Unit (RU): Berfungsi sebagai menyimpan data Control Unit dan Aritmatics Logical Unit sebelum akhirnya diproses kembali.

4. VGA (Video Graphics Array) Card
Gambar Hardware Proses Komputer VGA Card
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis proses (VGA Card)
VGA (Video Graphics Array) Card termasuk contoh hardware komputer jenis process device. Fungsi dari VGA card yaitu memproses data grafis pada komputer yang nantinya akan ditampilkan pada layar monitor. VGA juga memiliki komponen processor yang disebut dengan GPU (Graphic Processing Unit) dan juga terdapat memori yang bertugas untuk memproses data visual.

Komponen komputer yang satu ini sangat mempengaruhi tingkat kualitas grafis. sehingga spesifikasi VGA card seringkali dijadikan sebagai acuan untuk mengoperasikan sebuah software seperti Game, Aplikasi Desain Grafis, Aplikasi Editing Video, dan sejenisnya.

VGA juga biasa sering disebut dengan Video Graphics Adapter, selain itu VGA juga memiliki 2 jenis yang berbeda.

Jenis-Jenis VGA Card
  • VGA Onboard: VGA yang menempel atau menjadi satu bagian dengan Motherboard sehingga memakai RAM sebagai media penyimpanan data visualnya.
  • VGA Addon: VGA yang mempunyai media penyimpanan data visual sendiri sehingga tidak bergantung pada RAM komputer, serta tidak menjadi satu bagian dengan Motherboard.

5. RAM (Random Access Memory)
Gambar Hardware Proses Komputer RAM
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis proses (RAM)
RAM (Random Access Memory) ialah contoh hardware proses yang merupakan sebuah komponen memori komputer untuk menyimpan data sementara pada program aplikasi yang sedang berjalan. Semakin besar kapasitas penyimpanan RAM komputer maka semakin baik kinerja komputer tersebut.

Biasanya pada sebuah motherboad CPU terdapat 2 buah socket RAM, sehingga apabila ingin mempercepat kinerja  komputer maka kita bisa mengupgrade jumlah RAM baru yang sejenis.

6. PSU (Power Supply Unit)
Gambar Hardware Proses Komputer Power Supply
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis proses (Power Supply)
PSU (Power Supply Unit) adalah perangkat keras atau hardware yang berfungsi menyuplai tegangan listrik pada motherboard dan memberikannya langsung kepada semua hardware yang terhubung dengan cpu komputer. Contohnya yaitu seperti Motherboard, Hardisk, VGA Card, RAM dan komponen lainnya.

Di dalam power supply terdapat sebuah kipas angin yang berguna untuk mengeluarkan hawa panas supaya suhu dalam power supply tetap stabil.

Ada 2 jenis Power Supply Unit yang pada komputer, yaitu Power Supply AT dan Power Supply ATX. Namun jenis power supply yang paling banyak dipakai pada komputer saat ini yaitu PSU jenis ATX.

b. Contoh Hardware Input Device (Perangkat Keras Unit Masukan)


1. Mouse
Gambar Hardware Input Komputer Mouse
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis input (Mouse)
Mouse ialah contoh perangkat keras komputer yang berguna untuk memberikan perintah pada pointer atau kursor di layar komputer. Adapun beberapa perintah yang dapat dijalankan melalui mouse, seperti menggerakkan pointer, klik kanan, klik kiri dan scroll tampilan layar.

2. Keyboard
Gambar Hardware Proses Komputer Keyboard
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis input (Keyboard)
Contoh hardware komputer yang selanjutnya yaitu keyboard, yang dimana hardware ini memiliki fungsi untuk memberikan perintah dalam menginputkan sebuah karakter berupa huruf, simbol dan angka. Selain itu tombol keyboard juga dapat memberikan berbagai macam perintah langsung melalui kumpulan shortcut yang ada pada sistem operasi tersebut.

c. Contoh Hardware Output Device (Perangkat Keras Unit Keluaran)


1. Monitor

Gambar Hardware Proses Komputer Monitor
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis output (Monitor)
Monitor merupakan sebuah contoh perangkat keras unit keluaran yang berfungsi untuk menampilkan proses data visual melalui layar komputer yang sebelumnya telah dikelola oleh VGA.

2. Speaker
Gambar Hardware Proses Komputer Speaker
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis output (Speaker)
Speaker merupakan contoh hardware output yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara dari file digital pada komputer yang sebelumnya telah diproses oleh komponen Sound Card.

d. Contoh Hardware Storage Device (Perangkat Keras Unit Penyimpanan)


1. Hardisk/Hard Drive
Gambar Hardware Penyimpanan Komputer Hardisk
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis penyimpanan (Hardisk)
Hardisk alias Hard Drive adalah contoh perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data utama pada komputer, seperti menyimpan file teks, gambar, video, audio, script, program dan data aplikasi komputer lainnya.

2. ROM (Read Only Memory)
Gambar Hardware Penyimpanan Komputer ROM
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis penyimpanan (ROM)
ROM (Read Only Memory) ialah sebuah komponen komputer yang berupa memori permanen pada komputer yang sifatnya tidak dapat diubah, sehingga media penyimpanan ini hanya bisa dibaca oleh komputer.

Isi dari ROM adalah sebuah firmware komputer seperti BIOS (Basic Input Output System) yang berguna untuk menerjemahkan bahasa mesin pada komponen komputer.

Baca juga:

B. Macam Macam Hardware Peripheral Device (Perangkat Keras Unit Tambahan) Dan Fungsinya Beserta Gambarnya


a. Contoh Hardware Process Device (Perangkat Keras Unit Proses)


1. Modem
Gambar Hardware Proses Komputer Modem
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis proses (Modem)
Modem (Modulator Demodulator) yaitu aksesoris komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer kedalam jaringan internet dengan cara mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital begitu pula sebaliknya.

Seperti yang kita ketahui bahwa data pada komputer masih berupa sinyal digital, sehingga modem akan mengubahnya menjadi sinyal analog. Tetapi apabila modem menerima data dari luar maka dia akan mengonversi sinyal analog menjadi sinyal digital agar dapat diproses oleh komputer.

Selain itu juga terdapat jenis modem yang dilengkapi dengan slot Micro SD Card sehingga dapat dipakai sebagai media penyimpanan data komputer.

2. HUB
Gambar Hardware Proses Komputer HUB
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis proses (HUB)
HUB merupakan salah satu jenis perangkat jaringan komputer dan berfungsi untuk menerima sinyal dari komputer server yang bertindak sebagai host jaringan, kemudian sinyal tersebut transmisikan ke komputer client sehingga akan membentuk sebuah jaringan komputer.

3. Card Reader
Gambar Hardware Proses Komputer Card Reader
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis proses (Card Reader)
Card Reader adalah contoh hardware proses yang berfungsi untuk mengubungkan port USB dengan berbagai macam jenis memori digital, seperti kartu memori HP yaitu Micro SD dan memori kamera digital DSLR.

4. USB Wi-fi Adapter
Gambar Hardware Proses Komputer USB Wifi Adapter
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis proses (USB Wifi Adapter)
USB Wi-Fi Adapter ialah salah satu contoh komponen komputer portable yang mempunyai fungsi sebagai penangkap sinyal jaringan wifi yang dihubungkan melalui port USB komputer supaya dapat mengakses jaringan internet.

b. Contoh Hardware Input Device (Perangkat Keras Unit Masukan) Dan Fungsinya Beserta Gambarnya


1. Microphone
Gambar Hardware Input Komputer Microphone
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis input (Microphone)
Jika Speaker berguna untuk mengeluarkan suara, maka fungsi hardware komputer pada microphone adalah untuk menginputkan suara kedalam komputer dan kemudian diproses data tersebut akan diproses oleh Sound Card untuk diubah menjadi suara digital.

2. Webcam
Gambar Hardware Input Komputer Webcam
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis input (Webcam)
Webcam ialah sebuah contoh hardware komputer jenis input yang berfungsi untuk merekam data visual berupa gambar dan video kedalam komputer melalui rekaman kamera digital.

3. Scanner
Gambar Hardware Input Komputer Scanner
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis input (Scanner)
Scanner yaitu salah satu jenis hardware input pada komputer yang berguna untuk memindai data visual hard copy menjadi soft copy, sehingga data visual tersebut dapat disimpan menjadi format digital.

4. Light Pen
Gambar Hardware Input Komputer Light Pen
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis input (Light Pen)
Light pen merupakan salah satu contoh aksesoris komputer yang berfungsi sebagai pointer elektronik dengan cara mengirim sensor cahaya ke layar komputer. Sehingga light pen seringkali dipakai untuk kebutuhan desain visual.

c. Contoh Hardware Output Device (Perangkat Keras Unit Keluaran)


1. Headset
Gambar Hardware Output Komputer Headset
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis output (Headset)
Headset adalah contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam jenis hardware input dan output, sebab Headset dapat dipakai merekam suara melalui microphone dan mengeluarkan suara melalui speaker. Untuk penggunaannya sama seperti Speaker dan Microphone, kita hanya perlu menghubungkannya melalui port Sound Card.

2. Earphone
Gambar Hardware Output Komputer Earphone
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis output (Earphone)
Earphone merupakan jenis hardware output komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan suara dari komputer, sehingga fungsi earphone sama seperti speaker namun suara earphone hanya bisa didengar melalui speaker kecil yang diletakkan di telinga.

3. LCD Proyektor
Gambar Hardware Output Komputer LCD Proyektor
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis output (LCD Proyektor)
LCD Proyektor merupakan jenis hardware output yang memiliki fungsi hampir mirip seperti monitor, sebab lcd proyektor berfungsi menampilkan data visual komputer melalui cahaya berbentuk prisma yang dipantulkan pada permukaan datar di depannya.

4. Printer
Gambar Hardware Output Komputer Printer
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis output (Printer)
Contoh perangkat keras output komputer yaitu printer yang dapat digunakan untuk menyalin data berupa teks dan gambar yang ada di dalam komputer (soft copy) lalu mencetaknya menjadi bentuk nyata (hard copy) di kertas.

d. Contoh Hardware Storage Device (Perangkat Keras Unit Penyimpanan)


1. Flashdisk/Flash Drive
Gambar Hardware Penyimpanan Komputer Flashdisk
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis penyimpanan (Flashdisk)
Flashdisk alias Flash Drive merupakan sebuah hardware komputer yang berguna sebagai media penyimpanan data portable melalui USB. Sehingga flashdisk dapat dipakai untuk berbagi data dengan komputer lain.

Selain itu flashdisk memiliki bentuk dan ukuran yang kecil sehingga dapat dengan mudah untuk disimpan dan dibawa kemana-mana.

2. CD/DVD
Gambar Hardware Penyimpanan Komputer CD/DVD
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis penyimpanan (CD/DVD)
CD/DVD adalah perangkat keras yang bisa dipakai untuk menyimpan data digital komputer kedalam bentuk piringan. Kapasitas memori penyimpanan DVD lebih besar dari CD.

Perlu kalian ketahui bahwa ada 2 jenis CD/DVD. Yang pertama yaitu jenis CD-R/DVD-R artinya Read sehingga isi pada CD/DVD ini hanya bisa dibaca saja, sedangkan jenis CD-RW/DVD-RW artinya Re-Write sehingga isi dalam CD/DVD tersebut dapat dibaca dan ditulis ulang.

3. SSD (Solid State Drive) Card
Gambar Hardware Penyimpanan Komputer SSD Card
Contoh gambar perangkat keras komputer jenis penyimpanan (SSD Card)
Solid State Drive atau Solid State Disk yang disingkat menjadi SSD adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data komputer. Media penyimpanan data komputer SSD ini sifatnya sama seperti Hard Drive namun susunannya seperti Flash Drive sehingga memiliki tampilan IC yang portable.

Karena kapasitas penyimpanannya yang sedikit lebih kecil dan lebih mahal dari hardisk maka SSD biasanya hanya digunakan sebagai media penyimpanan data utama saja, seperti menyimpan data file program aplikasi dan sistem operasi komputer.

Demikianlah ringkasan mengenai 25+ Contoh Komponen Komputer - Macam Macam Contoh Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya.

Comments