15 Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya

No Comment Tuesday, September 22, 2020
15 Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - Pada setiap PC pasti memiliki CPU, baik itu pada perangkat komputer maupun perangkat laptop. Bagi para teknisi komputer pastinya sudah tidak asing lagi dengan komponen CPU komputer, namun bagi orang awam tentunya belum tentu bisa mengetahui macam-macam fungsi komponen yang ada di dalam CPU komputer tersebut. Sebab di dalam CPU tersebut terdapat banyak sekali komponen-komponen yang berbeda dengan fungsinya masing-masing.

Untuk mengetahui apa itu komponen CPU dan macam-macam bentuk komponen CPU beserta fungsinya, saya akan mengulasnya secara singkat di bawah ini.

Pengertian CPU Komputer Dan Komponen CPU

Apa itu CPU Komputer?
CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang terdiri oleh kumpulan komponen CPU dan menjadi pusat pemrosesan data untuk saling bersinergi dalam menerjemahkan perintah dari perangkat lunak (software) yang sedang dijalankan oleh pengguna komputer (brainware).

Apa Komponen CPU Komputer?
Komponen CPU adalah sebuah perangkat keras yang ada di dalam bagian CPU, setiap masing-masing komponen CPU tersebut memiliki tugas yang berbeda-beda. Ada yang bertugas sebagai process device, input device, output device dan storage device.

Macam-Macam Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya

1. Mainboard/Motherboard (Mobo)
Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - Motherboard
Gambar Komponen CPU - Motherboard
Mainboard alias Motherboard atau seringkali disingkat mobo adalah sebuah komponen utama pada CPU karena bertugas untuk menghubungkan semua hardware komputer menjadi satu dalam kesatuan. Singkatnya Motherboard adalah sebuah tempat untuk semua periferal hardware terpadu.

Rupa dari Motherboard itu sendiri merupakan adalah sebuah papan sirkuit cetak atau biasa disebut dengan PCB (Printed Circuit Board). Pada papan PCB tersebut terdapat sebuah tempat atau socket khusus untuk menghubungkan semua komponen-komponen cpu dan komputer, seperti Input/Output Port (I/O Port), Processor, RAM, VGA Card, NIC Card, Sound Card dan masih banyak lagi.

2. Processor/Prosesor
Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - Processor
Gambar Komponen CPU - Processor
Processor atau prosesor adalah sebuah otak atau inti dari cpu, sebab fungsi dari CPU yaitu mengatur semua program yang komputer yang sedang berjalan, karena CPU bertugas untuk menerima intruksi, mengolah intruksi dan mengeksekusi intruksi. Sehingga semua lalu lintas program komputer dapat berjalan lancar.

Terdapat 3 bagian penting dalam prosesor:
  1. Control Unit (CU): Berfungsi untuk mengatur semua lalu lintas data pada komputer seperti input output.
  2. Aritmatics Logical Unit (ALU): Berfungsi untuk melakukan perhitungan logika aritmatika yang diintruksikan oleh software dan hardware.
  3. Register Unit (RU): Berfungsi sebagai menyimpan data Control Unit dan Aritmatics Logical Unit sebelum akhirnya diproses kembali.

Di sisi lain, Processor juga sangat mempengaruhi kinerja komputer. Setiap prosesor memiliki kecepatan dalam satuan MHz (Mega Hertz) dan GHZ (Giga Hertz), semakin tinggi nilai tersebut maka semakin cepat kinerja prosesor.

3. RAM (Random Access Memory)
Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - RAM
Gambar Komponen CPU - RAM
RAM (Random Access Memory) ialah komponen cpu yang bertugas sebagai memori sementara yang berfungsi untuk menyimpan data sementara pada program aplikasi yang sedang berjalan. Semakin besar penyimpanan RAM komputer maka semakin baik kinerja komputer.

Biasanya pada sebuah CPU terdapat 2 buah slot RAM, sehingga jika kita ingin mempercepat kinerja RAM maka kita bisa mengupgradenya dengan menambah sebuah RAM baru yang sejenis.

4. ROM (Read Only Memory)

ROM (Read Only Memory) ialah sebuah memori permanen pada komputer yang sifatnya tidak dapat diubah, sehingga media penyimpanan ini hanya bisa dibaca oleh komputer dan isi dari ROM tersebut adalah sebuah firmware komputer seperti BIOS (Basic Input Output System) yang berguna untuk menerjemahkan bahasa mesin pada komponen komputer.

5. Hard Drive (Hardisk)
Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - Hardisk
Gambar Komponen CPU - Hardisk
Hard Drive alias Hardisk adalah sebuah media penyimpanan data permanen yang bisa ditulis dan dibaca. Jadi fungsi dari Hard Drive yaitu dapat menyimpan data komputer seperti Data Program Aplikasi, Sistem Operasi dan berbagai jenis Format Media File (JPG, PDF, MP4, dan lain lain).

6. SSD Card (Solid State Drive)
Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - SSD Card
Gambar Komponen CPU - SSD Card
Solid State Drive atau Solid State Disk yang disingkat menjadi (SSD) adalah sebuah media penyimpanan data komputer yang sifatnya sama seperti Hard Drive namun susunannya seperti Flash Drive sehingga memiliki tampilan IC yang portable.

Di sisi lain media penyimpanan SSD seringkali dipakai untuk media penyimpanan data utama (sekunder) pada komputer karena memiliki kecepatan booting yang lebih baik dan lebih stabil jika dibandingkan Hard Drive. SSD sendiri merupakan termasuk inovasi baru pada komputer canggih masa kini.

7. VGA Card (Video Graphics Array)
Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - VGA Card
Gambar Komponen CPU - VGA Gard
VGA Card (Video Graphics Array) adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk mengolah data grafis pada komputer lalu menampilkannya secara visual melalui tampilan layar monitor.

VGA Card juga memiliki memori individu untuk menyimpan dan mengolah data sendiri. Semakin besar memori VGA maka semakin baik dalam menampilkan data grafis 2D dan 3D komputer. Oleh karena itu VGA Card menjadi bagian komponen CPU komputer yang sangat vital bagi kelas PC Gaming dan Editor.

VGA juga sering disebut dengan nama Video Graphics Adapter, dan VGA juga memiliki 2 jenis yang berbeda.

Jenis-Jenis VGA:
  1. VGA Onboard: VGA yang menempel atau menjadi satu bagian dengan Motherboard sehingga memakai RAM sebagai media penyimpanan data visualnya.
  2. VGA Addon: VGA yang mempunyai media penyimpanan data visual sendiri sehingga tidak bergantung pada RAM komputer, serta tidak menjadi satu bagian dengan Motherboard.

8. NIC Card (Network Interface Card)
Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - NIC Card
Gambar Komponen CPU - NIC Card
NIC Card (Network Interface Card) atau LAN Card (Local Area Network) / Ethernet Card ialah sebuah komponen yang berfungsi untuk mengubungkan komputer kedalam jaringan melalui kabel jaringan.

Baca juga:

9. WLAN Card (Wireless Local Area Network)
Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - WLAN Card
Gambar Komponen CPU - WLAN Card
WLAN Card (Wireless Local Area Network) juga memiliki tugas yang sama seperti NIC Card/LAN Card, namun WLAN Card sifatnya nirkabel sehingga kita dapat terhubung dengan suatu jaringan tanpa harus menggunakan kabel, akan tapi melalui sinyal frekuensi tertentu.

10. Sound Card
Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - Sound Card
Gambar Komponen CPU - Sound Card
Sesuai dengan namanya yaitu Sound Card, komponen ini bertugas untuk mengolah data audio atau suara pada komputer. Semua yang berhubungan dengan input output suara komputer maka akan melalui pemrosesan Sound Card.

11. Heatsink
Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - Heatsink
Gambar Komponen CPU - Heatsink
Heatsink menjadi komponen CPU komputer yang berguna mendinginkan komponen CPU dengan cara menindahkan suhu panas pada rangkaian elektronika seperti Chipset, Processor dan VGA Card lalu suhu panas tersebut akan dikeluarkan oleh Fan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya panas berlebih (overheat) pada CPU.

12. Fan (Kipas Angin)
Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - Fan
Gambar Komponen CPU - Fan
Dalam komponen CPU juga terdapat Fan (Kipas Angin) yang berguna untuk menstabilkan suhu di dalam CPU agar komponen CPU tidak mengalami suhu panas berlebih (overheat). Melalui kipas angin inilah hawa panas yang ada di dalam CPU akan disedot lalu dikeluarkan dari CPU, terutama panas dari Heatsink.

13. Baterai CMOS

Baterai CMOS berfungsi untuk menyuplai daya listrik untuk ROM agar dapat menyimpan data yang telah di setting pada dirmware seperti BIOS. Salah satu efek jika baterai CMOS habis adalah jam dan kalender pada komputer itu akan tidak berfungsi alias mati.

14. PSU (Power Supply Unit)
Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - Power Supply Unit
Gambar Komponen CPU - Power Supply Unit
PSU (Power Supply Unit) adalah perangkat keras (hardware) yang bertugas untuk menyuplai tegangan listrik pada CPU dan memberikannya langsung kepada komponen-komponen yang terhubung pada komputer. Contohnya yaitu seperti Motherboard, Hardisk, VGA Card, RAM dan komponen lainnya. Di dalam Power Supply juga terdapat kipas angin yang berfungsi untuk mengeluarkan hawa panas agar suhunya tetap stabil.

Power Supply Unit juga memiliki 2 jenis yang berbeda, yaitu Power Supply AT dan Power Supply ATX. Namun yang paling dominan dipakai komputer saat ini yaitu PSU jenis ATX.

15. Casing CPU
Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - Casing CPU
Gambar Komponen CPU - Casing
Casing CPU adalah wadah untuk komponen CPU, sudah jelas jika Casing CPU ini berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan semua komponen CPU menjadi satu bagian agar tersusun rapi dan tidak berserakan.

Selain itu, Casing CPU juga berfungsi sebagai pelindung komponen-komponen CPU yang ada di dalamnya agar terlindungi dari panas, air, debu dan gangguan lainnya yang bisa mempengaruhi kinerja CPU.

Sekian ringkasan singkat mengenai Contoh Komponen CPU Dan Fungsinya Beserta Gambarnya. Semoga bermanfaat

Comments