Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis Software Dan Contohnya

4 Comments Friday, August 21, 2020
Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis Software Dan Contohnya - Pembahasan lengkap mengenai pengertian software komputer, fungsi software komputer, jenis-jenis software komputer dan contohnya pada materi pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis Software Dan Contohnya

Pengertian Software (Perangkat Lunak) Komputer

Software (Perangkat Lunak) adalah sebuah alat komponen komputer berupa data yang sudah diprogram sedemikian rupa dalam bentuk digital sehingga tidak memiliki bentuk fisik dan hanya bisa digunakan melalui komputer untuk menjalankan sebuah perintah.

Fungsi Software (Perangkat Lunak) Komputer


  1. Sebagai penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware komputer.
  2. Mengatur hardware agar dapat bekerja optimal.
  3. Menyediakan fungsi dasar untuk komputer agar dapat dioperasikan, seperti penggunaan sistem operasi ataupun software pendukung.
  4. Mengidentifikasi suatu program yang ada di komputer.
  5. Untuk menerjemahkan suatu perintah software ke bahasa mesin agar dapat diproses oleh hardware.

Baca juga:

Jenis-Jenis Software (Perangkat Lunak) Komputer

1. Software Sistem Operasi (Operating System)
Software Sistem Operasi merupakan sebuah perangkat lunak berfungsi untuk mengontrol fungsi dari komponen komputer seperti Processor, VGA, RAM dan komponen lainnya agar dapat saling terhubung dengan perangkat keras tersebut.

Contoh Software Sistem Operasi (Operating System):
  1. Windows
  2. Disk Operating System (DOS)
  3. Machintosh (Mac OS)
  4. Linux
  5. Unix

2. Software Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Software Bahasa Pemrograman adalah sebuah bahasa komputer yang berfungsi untuk memberikan intruksi standar guna memberikan perintah pada komputer. Bahasa Pemrograman terdiri dari suatu aturan sintaks dan sematik yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah program komputer.

Contoh Software Bahasa Pemrograman (Programming Language):
  1. HTML
  2. Java
  3. PHP
  4. C++
  5. Python

3. Software Program Aplikasi (Aplication Program)
Program Aplikasi adalah sebuah perangkat lunak yang dibuat dengan fungsi khusus untuk melakukan pekerjaan tertentu. Misalnya yaitu berupa software untuk mengelola dokumen, menganalisa data, mengedit foto dan fungsi lainnya.

Contoh Software Program Aplikasi (Aplication Program):
  1. Microsoft Word
  2. Microsoft Excel
  3. Notepad
  4. Google Chrome
  5. CCleaner
  6. GOM Player
  7. Adobe Photoshop
  8. CorelDraw

Klasifikasi Distibrusi Software (Perangkat Lunak)

1. Freeware
Freeware merupakan perangkat lunak yang dapat kita gunakan secara gratis tanpa ada batasan waktu yang bisa dipakai oleh siapapun, namun pengguna tidak memiliki ijin dalam memodifikasi atau menyebarluaskannya.

2. Adware
Adware adalah perangkat lunak yang bisa kita pakai dengan gratis, namun mereka menampilkan iklan kedalam software tersebut sebagai biaya kompensasi untuk para pengembang perangkat lunak.

3. Shareware
Shareware ialah perangkat lunak yang dibagikan secara gratis namun memiliki batasan waktu tertentu serta fitur yang terbatas sebagai alat uji coba kepada pemakainya. Hal ini termasuk merupakan strategi marketing yang bertujuan untuk memperkenalkan produk software tersebut agar dapat dikenal secara luas. Nama lain dari Shareware ini adalah Trialware.

4. Malware
Malware termasuk salah satu jenis software komputer, namun tujuan dari perangkat lunak yang satu ini adalah untuk merusak sistem perangkat komputer. Malware juga biasa disebut dengan nama Virus Komputer.

5. Spyware
Spyware merupakan perangkat lunak yang dipakai untuk memata-matai aktifitas pengguna komputer. Karena hal tersebut, Spyware seringkali dipakai untuk melakukan kejahatan dalam pencurian data.

6. Open Source Software
Open Source Software ialah perangkat lunak mengijinkan para penggunanya untuk mempelajari, mengubah, meningkatkan ataupun menyebarluaskan kode sumber software tersebut secara gratis. Contoh dari software Open Source adalah Linux, Android, VLC Media dan Mozilla Firefox.

7. Proprietary Software
Proprietary Software berkebalikan dengan Open Source, Proprietary Software atau perangkat lunak berpemilik adalah sebuah software yang memiliki pembatasan dalam pemakaian, penyalinan dan modifikasi yang telah ditentukan oleh pemegang hak milik.

Sebab itulah Proprietary Software hanya bisa dipakai oleh orang atau kelompok tertentu karena sifatnya berbayar dan tertutup. Contoh dari Proprietary Software yaitu Windows OS, Mac OS, Adobe Photoshop, CorelDraw dan AutoCAD.

Demikian artikel yang membahas mengenai Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis Software Dan Contohnya.

4 comments:

  1. Wahh... lengkap banget infonya. Jadi ngerti seluk beluk komputer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya merasa senang sekali kalau artikel ini telah bermanfaat.

      Terima kasih telah berkunjung.

      Delete