5 Cara Cek HP Android Asli Atau Palsu Dengan Mudah

Monday, September 28, 2020
Daftar Isi
5 Cara Cek HP Android Asli Atau Palsu Dengan Mudah - Android merupakan salah satu OS smartphone yang paling populer digunakan oleh para pengembang dan pengguna ponsel pintar di seluruh dunia.

Karena saking familiarnya sistem operasi Android kini telah diadopsi oleh banyak sekali produsen hp yang ingin mengaplikasikannya pada produk mereka, contohnya saja ada Realme, Vivo, Samsung, LG, Nubia, Xiaomi, Oppo, Nokia dan beserta merek lainnya.

Karena OS Android sifatnya open source maka siapapun dapat menerapkan dan mengembangkannya. Tapi karena demikian maka hal ini bisa dimanfaatkan seseorang yang tidak bertanggung jawab dengan membuat produk merk android palsu alias kw, atau biasa disebut dengan hp android replika.

Maka dari itu sebelum membeli sebuah ponsel pintar android, alangkah baiknya jika kita harus memeriksanya terlebih dahulu dengan teliti supaya terhindar dari penipuan produk kw. Untuk memeriksanya kita juga tidak perlu repot-repot dengan membongkarnya, yakni cukup lakukan tips berikut ini.

Cara Cek HP Android Asli Atau Palsu Dengan Mudah, Cek Keaslian HP Android Milikmu Sekarang!


1. Cara Cek HP Android Asli Atau Palsu Menggunakan Nomor IMEI

Cara Cek HP Android Asli Atau Palsu Menggunakan Nomor IMEI
Situs IMEI untuk cek keaslian android
Hal ini merupakan suatu langkah yang paling mutlak untuk dilakukan, karena dengan begini kita akan segera mengetahui keaslian hp android melalui kode unik di nomor IMEI sebagai identitas produk tersebut.

Untuk cara cek hp android asli atau palsu, kita dapat langsung mencoba dial atau melakukan panggilan ke kode rahasia *#06# atau *#06#*. Bisa juga yaitu dengan pergi ke menu "Pengaturan > Sistem > Tentang Ponsel > Status > Informasi IMEI" atau kalian juga dapat menemukannya di bagian tempat baterai hp tersebut (harus copot casing hp).

Jika kamu sudah mendapatkan nomor IMEI pada ponsel tersebut, maka selanjutnya kalian cek di situs resminya secara online melalui https://www.imei.info jika informasinya tidak sesuai yang ada di spesifikasi hp tersebut maka perangkat smarpthone itu bisa dikatakan sebagai barang palsu, karena kode IMEI ini merupakan nomor resmi yang digunakan sebagai regulasi daftar dagang resmi pada setiap negara termasuk Indonesia.

2. Periksa Bentuk Fisik Perangkat Smartphone

Hal selanjutnya yang bisa kita lakukan sebagai cara untuk mengecek hp android asli atau palsu ialah dengan memeriksa smartphone yang akan kita beli dengan jeli.

Dari setiap merek pada perangkat asli atau resmi biasanya di kemasan (box) tersebut ada sebuah disegel dengan hologram ciri khas perusahaan (vendor) mereka, jika segel ini rusak atau tidak ada maka sebaiknya kita membatalkannya untuk membeli hp tersebut.

Cek juga kualitasnya casing dan aksesorisnya, jika casing dan touchscreen (layar sentuh) mudah baret/lecet, atau warna chargernya terlihat buram dan mudah terkelupas maka bisa jadi barang itu palsu.

Untuk mengecek sebuah charger kita juga dapat memakai aplikasi Ampere, jika besaran arus pada charger tersebut sangat cocok dan stabil seperti yang ada di keterangannya maka charger tersebut asli, jika arusnya sangat rendah atau tidak satbil maka kemungkinan besar charger dan smarpthone itu adalah produk palsu alias tiruan.

3. Cara Cek HP Android Asli Atau Palsu Dengan Mengecek Spesifikasi HP

Cara Cek HP Android Asli Atau Palsu Dengan Mengecek Spesifikasi HP
Cara cek keaslian android dengan melihat spesifikasi hp
Cara cek hp android asli atau palsu yang selanjutnya yaitu dengan cara mengecek semua spesifikasi yang telah terdaftar pada hp tersebut, lalu bandingkan dengan keterangan dan informasi yang tertulis pada kemasan (box) atau bisa juga informasi spesifikasi pada situs resmi merk tersebut.

Untuk mengecek spesifikasi smartphone android dengan lengkap, kita bisa melihatnya ke menu "Pengaturan > Sistem > Tentang Ponsel" atau bisa juga dengan dial ke *#*#4636#*#* di menu tersebut akan tampil semua informasi spesifikasinya dengan lengkap.

Jika kalian tidak ingin susah dan repot maka kalian dapat memasang aplikasi yang bernama CPU-Z atau AIDA64. Setelah mengetahui spesifikasi hp, maka kita dapat mengetahui bahwa hp android asli atau palsu.

Baca juga:

4. Gunakan Aplikasi Antutu Benchmark

Memakai aplikasi pihak ketiga seperti Antutu Benchmark juga bisa dipakai untuk mengecek hp android asli atau palsu dengan cara memberikan keterangan "Unknown Device" pada perangkat palsu.

Aplikasi ini akan menunjukkan hasil nilai atau skor pada perangkat tersebut. Pastikan saat menggunakan aplikasi ini kalian mengikuti langkah-langkahnya sama persis pada situs review hp tersebut.

5. Perhatikan Harganya

Langkah yang terakhir untuk mengecek hp android asli atau palsu yakni dengan memperhatikan harganya. Seringkali hp android palsu atau replika alias kw dijual dengan harga miring antara 1/2 sampai 2/3 dari harga merek aslinya meskipun barang tersebut dalam keadaan baru, namun hal ini belum tentu juga bisa kita jadikan patokan lantaran setiap gerai memiliki perbedaan harga masing-masing terutama dalam memberikan diskon pada setiap waktu tertentu.

Untuk menghindari hal itu pastikan kalian hanya membeli hp di tempat yang resmi, terpercaya dan juga sudah mendapatkan izin (tersertifikasi) dari pihak yang berwajib.

Jangan membeli produk di pasar gelap (black market), sebab barang kw alias hp android mudah rusak karena kualitasnya berbeda dari barang yang asli.

Itulah beragam Cara Cek HP Android Asli Atau Palsu Dengan Mudah. Dengan melakukan trik ini maka kita dapat waspada untuk mengetahui smartphone asli dan palsu sehingga kita dapat terhindar dari terjadinya penipuan barang kw yang baru dan bekas.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Lazada