Perbedaan Kartu Undangan Pernikahan Softcover Dan Hardcover

No Comment Sunday, February 16, 2020
Perbedaan Kartu Undangan Pernikahan Softcover Dan Hardcover
Perbedaan Kartu Undangan Pernikahan Softcover Dan Hardcover - Pada saat calon pasangan mempelai sebelum melakukan pernikahan biasanya mereka yang akan mengadakan sebuah acara resepsi dan walimah tentunya harus membuat undangan untuk para tamu terlebih dahulu, baik itu undangan custom ataupun undangan blanko.

Untuk membuat undangan pernikahan terdapat ada dua jenis undangan yang bisa kita pilih sebagai kartu undangan yang akan dibagikan kepada para tamu, yaitu undangan Softcover dan Hardcover.

Seringkali orang mengira bahwa kedua jenis undangan tersebut memiliki tampilan yang sama, namun kenyataannya perbedaan dari kedua jenis undangan tersebut sangatlah jauh sekali.

Jenis-Jenis Undangan Pernikahan

1. Kartu Undangan Softcover
Kartu Undangan Softcover
Contoh undangan softcover
Undangan Softcover memiliki tampilan desain cetak seperti biasa tanpa ada efek ataupun material khusus yang dipakai sebagai aksesorisnya, tingkat ketebalan undangan ini sangatlah tipis karena tidak memakai material tambahan seperti papan karton (board) yang berguna sebagai cover.

2. Kartu Undangan Hardcover
Kartu Undangan Hardcover
Contoh undangan hardcover
Undangan Hardcover memiliki tampilan desain cetak yang sangat luar biasa jika dibandingkan dengan undangan Softcover, sebab kartu undangan yang satu ini diberi efek-efek khusus pada desainnya. Seperti efek emboss (timbul) dan hotprint (poly), menggunakan lapisan papan karton sehingga memiliki ketebalan yang lebih, biasanya terdapat aksesoris khusus seperti pita atau tali berwarana emas agar terlihat lebih elegan dan mewah.

Baca juga:

Perbedaan Undangan Softcover Dan Hardcover

1. Tampilan Undangan
Undangan Softcover memiliki tampilan biasa, namun untuk membuatnya lebih menarik biasanya si calon pengantin (pemesan) memilih model cetakan seperti amplop ataupun model lipatan yang unik agar terlihat menarik.

Di sisi lain undangan Hardcover dapat menggunakan kertas karton sebagai cover ataupun melapisinya dengan laminating glossy sehingga terlihat lebig mengkilat dan memiliki ketahanan yang kuat.

2. Ketahanan Kertas
Karena menggunakan material yang lebih baik, undangan Hardcover memiliki keunggulan pada tingkat keawetannya sehingga dapat bertahan lebih lama.

Berbeda dengan undangan Hardcover, kartu undangan Softcover menggunakan kertas yang lebih tipis sehingga masih kalah tingkat ketahanannya dengan undangan Hardcover yang menggunakan karton bahkan laminating.

3. Tingkat Kerumitan Selama Pengerjaan
Proses pengerjaan pencetakan kartu undangan pernikahan softcover biasanya dapat memakan waktu paling tidak 7 hari untuk model cetakan biasa, namun untuk proses lamanya pengerjakan undangan Hardcover bisa saja memakan waktu dua kali lipat dari undangan softcover, terlebih lagi jika undangan tersebut menggunakan material yang terbatas.

4. Harga Undangan
Jika dilihat dari perbandingan sebelumnya tentunya kita sudah mengetahui bahwa harga undangan cetak Hardcover per lembar membutuhkan biaya yang lebih besar dari undangan cetak Softcover, karena perbandingan spesifikasi yang sangat jauh antara tingkat kerumitan selama proses pengerjaan serta bahan material yang digunakan.

Itulah Perbedaan Kartu Undangan Pernikahan Softcover Dan Hardcover yang bisa saya tunjukkan kepada kalian, semoga ini dapat membantu para calon pengantin untuk memilih jenis undangan yang tepat dengan apa yang diinginkan.

Comments