Pengertian, Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer

No Comment Monday, August 10, 2020

Pengertian Jaringan Peer To Peer

Jaringan Peer To Peer adalah sebuah rangkaian sistem jaringan yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu sama lain, serta memiliki kedudukan yang setara yaitu dapat bertindak sebagai Client maupun Server.

Jadi dapat disimpulkan kalau seluruh perangkat yang terhubung kedalam jaringan ini semuanya akan dianggap memiliki kedudukan yang setara, serta memiliki hak akses yang sama karena tidak tergantung pada manajemen server.

Baca juga:

Contoh Gambar Sistem Jaringan Peer To Peer

Pengertian, Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer

A. Kelebihan Sistem Jaringan Peer To Peer

1. Jaringan Tidak Tergantung Pada Server
Karena tidak tergantung pada komputer server yang bertugas sebagai pengelola jaringan, maka kelangsungan aktifitas lalu lintas jaringan tidak dipengaruhi oleh satu komputer saja.

2. Penggunaan Yang Mudah
Dalam pemakaian jaringan Peer to Peer kita tidak memerlukan seorang admin profesional untuk menjalankan operasional jaringan karena untuk melakukan memakai jaringan Peer to Peer sangat mudah.

3. Biaya Instalasi Jaringan Yang Relatif Murah
Dengan menerapkan jaringan ini maka biaya yang akan kita keluarkan untuk instalasi jaringan relatif cukup murah, karena kita tidak memerlukan perangkat komputer dengan spesifikasi hardware dan software khusus seperti yang dibutuhkan oleh komputer server.

Jadi, apabila ada salah satu komputer peer to peer yang mengalami gangguan maka lalu lintas jaringan pada komputer lainnya tidak akan terpengaruh oleh gangguan tersebut.

B. Kekurangan Sistem Jaringan Peer To Peer

1. Penggunaan Jaringan Hanya Untuk Skala Kecil
Jaringan Peer To Peer hanya bisa bekerja optimal apabila dipakai dalam skala atau jangkauan yang lebih kecil saja, karena jika terlalu banyak perangkat terhubung yang kedalam jaringan ini maka proses lalu lintas jaringan akan berantakan.

2. Permasalahan Pada Jaringan Lebih Rumit
Penanganan troubleshooting yang lebih sulit untuk ditangani, hal ini disebabkan oleh semua komputer terlibat kedalam sistem komunikasi jaringan tersebut.

3. Tidak Adanya Pusat Manajamen Kontrol
Kerugian yang dapat dialami jika menggunakan jaringan ini adalah memiliki kinerja yang kurang praktis, hal itu dikarenakan keamanan jaringan dan backup data ditentukan oleh masing-masing komputer yang terhubung ke jaringan peer to peer. Sehingga jaringan ini sangat sulit sekali untuk dikelola lantaran tidak memiliki server yang berfungsi sebagai pusat kontrol jaringan.

Comments