Gambar Dan Ukuran Lapangan Lompat Tinggi Beserta Keterangannya

Friday, October 09, 2020
Daftar Isi
Gambar Dan Ukuran Lapangan Lompat Tinggi Beserta Keterangannya - Lompat tinggi adalah salah satu jenis olahraga cabang atletik yang dimana para pesertanya diharuskan untuk melompat melewati mistar sebagai penghalang dengan memakai berbagai macam jenis gaya asalkan tidak melanggar aturan standar internasional.

Untuk melakukan lompat tinggi, kita memerlukan sebuah wilayah atau lapangan khusus supaya dapat mendarat dengan aman dan selamat. Berikut ini saya akan menunjukkan gambar lapangan lompat tinggi beserta ukurannya yang sesuai dengan standar International Association of Athletics Federations (IAAF) dan standar nasional Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Gambar Dan Ukuran Lapangan Lompat Tinggi Beserta Keterangannya Lengkap

Contoh Gambar Lapangan Lompat Tinggi Beserta Ukurannya
Contoh gambar lapangan lompat tinggi beserta ukurannya


Keterangan Ukuran Lapangan Lompat Tinggi Adalah:

1. Runway
Runway adalah daerah awalan atau daerah tumpuan untuk mengambil ancang-ancang (persiapan) sebelum melakukan lompatan. Panjang lintasan ini berbentuk setengah lingkaran yang mempunyai jarak tak terbatas namun harus memiliki panjang minimal 15 m dari Crossbar sebagai titik pusatnya.
Selain itu, daerah tumpuan ini harus memiliki permukaan yang datar dengan tingkat kemiringan 1:100.

2. Crossbar
Crossbar ialah sebuah bilah lompat yang berfungsi sebagai alat penanda ketinggian lompatan atlet. Crossbar dapat terbuat dari kayu ataupun metal dengan bentuk potongan melintang bulat dengan diameter 25 - 30 mm serta memiliki panjang 3,98 - 4,02 m dan berat maksimal 2 kg. Bilah lompat atau crossbar juga memiliki ukuran penampang dengan panjang 15 - 20 cm, sedangkan untuk diameternya yaitu 30 - 35 mm.
Meskipun fungsi mistar yang sesungguhnya adalah sebuah untuk mengukur ketinggian lompatan yang terdapat pada tiang penyangga, namun dalam istilah lompat tinggi crossbar seringkali disebut dengan nama mistar.

3. High Jump Posts
High Jump Posts adalah sepasang tiang penyangga crossbar sekaligus sebagai alat pengukur ketinggian lompatan, jarak antar masing masing tiang adalah 4,02 - 4,04 m. Selain itu tiang tersebut mempunyai sebuah penopang khusus sebagai tempat untuk meletakkan crossbar dengan ukuran panjang 6 cm dan lebar 4 cm.

4. Landing Area
Landing Area merupakan tempat khusus untuk melakukan pendaratan lompat tinggi. Tempat ini terbuat dari busa dengan ukuran minimal panjang 5 m, lebar 3 m dan tinggi atau ketebalan busa 60 cm.
Selain busa yang berfungsi sebagai alas untuk area pendaratan lompatan, di atas busa tersebut harus ditutupi oleh matras dengan ketebalan 10 sampai 20 cm.

Baca juga:

Contoh Gambar Lapangan Lompat Tinggi

Contoh Gambar Lapangan Lompat Tinggi
Foto lapangan lompat tinggi | athleteacceleration com

Itulah informasi sekilas mengenai Gambar Dan Ukuran Lapangan Lompat Tinggi Beserta Keterangannya yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini dapat membantu kalian untuk menambah wawasan.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Lazada