Gambar Dan Ukuran Lapangan Lempar Lembing Beserta Keterangannya

No Comment Monday, October 12, 2020
Gambar Dan Ukuran Lapangan Lempar Lembing Beserta Keterangannya - Lapangan lempar lembing adalah sebuah area yang dipakai para atlet untuk bermain melemparkan sebuah lembing sejauh mungkin. Dalam melakukan lempar lembing para atlet tidak diperbolehkan melewati garis pembatas pada lapangan lempar lembing yang berbentuk persegi dan busur lingkaran.

Fasilitas lapangan lempar lembing meliputi area lintasan, garis lempar dan pendaratan lembing. Setiap area tersebut memiliki ukurannya sendiri, berikut ini adalah gambar lapangan lempar lembing beserta ukurannya yang sesuai dengan standar nasional dan nternasional yang ditetapkan oleh International Association of Athletics Federations (IAAF).

Gambar Dan Ukuran Lapangan Lempar Lembing Beserta Keterangannya Lengkap


Gambar Lapangan Lempar Lembing Beserta Ukurannya Lengkap

Gambar Lapangan Lempar Lembing Beserta Ukurannya Lengkap
Gambar lapangan lempar lembing beserta ukurannya

Keterangan Gambar Ukuran Lapangan Lempar Lembing:
  • Panjang Runway = minimal 30 m.
  • Lebar Runway = 4 m.
  • Besar sudut garis Throwing Arc = 28,96°.
  • Titik pusat jari-jari busur lingkaran yang masuk kedalam runway = 8 m.
  • Besar sudut proyeksi Landing Sector = 28,96°.
  • Lebar/ketebalan garis Runway = 5 cm.
  • Lebar/ketebalan garis Throwing Arc = 7 cm.
  • Lebar/ketebalan garis Landing Sector = 5 cm.

Gambar Lapangan Lempar Lembing Beserta Keterangannya

Gambar Lapangan Lempar Lembing Beserta Keterangannya
Gambar lapangan lempar lembing dan keterangannya

Keterangan Gambar Dan Ukuran Gawang Lapangan Lempar Lembing:
1. Runway
Runway adalah sebuah lintasan yang digunakan sebagai jalur awalan sebelum melakukan lempar lembing. Panjang lintasan Runway yaitu minimal 30 meter dan lebar 4 meter, selain itu lintasan Runway juga dibatasi dengan sebuah garis yang memiliki lebar 5 cm.

2. Throwing Arc Line
Throwing Arc Line merupakan sebuah garis pembatas untuk melakukan lempar lembing yang berada di ujung lintasan Runway. Garis lempar lembing memiliki lebar 7 cm dan panjang 75 cm pada ujung kanan & kiri runway, garis ini dibuat berdasarkan busur lingkaran dengan panjang jari-jari lingkaran 8 meter dan besar sudut 28,96° yang masuk kedalam area Runway sebagai titik pusatnya.

3. Landing Sector
Landing Sector adalah sebuah area yang digunakan sebagai landasan atau pendaratan lembing. Untuk ukuran Landing Sector dibuat berdasarkan garis persimpangan yang ada pada garis Throwing Arc dan Runway sehingga akan terus meluas sesuai dengan besar sudutnya yaitu 28,96°.
Jadi, apabila panjang Landing Sector memiliki panjang 20 meter maka lebar Landing Sector yaitu 10 meter dan begitu pula dengan seterusnya. Untuk ketebalan garis area pendaratan memiliki lebar 5 cm pada setiap sisinya.

Baca juga:

Contoh Gambar Lapangan Lempar Lembing

Contoh Gambar Lapangan Lempar Lembing
Foto lapangan lempar lembing

Itulah informasi mengenai Gambar Dan Ukuran Lapangan Lempar Lembing Beserta Keterangannya Lengkap yang dapat saya sampaikan kepada kalian semua, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

Comments