10+ Cara Merawat Dan Menghemat Baterai HP Agar Tidak Boros

No Comment Friday, October 02, 2020
10+ Cara Merawat Dan Menghemat Baterai HP Agar Tidak Boros - Ada banyak sekali penyebab yang dapat mengakibatkan baterai hp menjadi cepat habis alias boros daya sehingga membuat hp cepat sekali mengalami drop, terutama saat melakukan aktifitas internet dan game.

Bagi kalian yang memiliki baterai hp yang boros, maka kamu dapat mencoba tips berikut supaya baterai hp kamu dapat kembali seperti normal. Tetapi jika baterai hp kalian sudah menjadi kembung maka tips ini mungkin tidak dapat memberikan efek samping yang sepenuhnya.

Tips Terbaik Untuk Cara Merawat Dan Menghemat Baterai HP Agar Tidak Boros Dan Tahan Lama

Cara Merawat Dan Menghemat Baterai HP Agar Tidak Boros
Merawat dan menghemat baterai hp

1. Paksa Berhenti Aplikasi
Langkah pertama yang dapat kita lakukan untuk cara menghemat baterai hp android yaitu dengan memaksa berhenti aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

Seringkali kita lupa setelah keluar dari sebuah aplikasi yang telah kita pakai, biasanya kita tidak memaksa aplikasi tersebut berhenti sehingga aplikasi itu akan terus bekerja di background hp dan menghabiskan daya baterai. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang hp maka semakin boros baterai hp kita.

Solusi mengatasi aplikasi yang terus berjalan di background yaitu dengan masuk ke menu "Pengaturan > Aplikasi" selanjutnya pilih aplikasi yang ingin kalian berhentikan, lalu pilih tombol "Paksa Berhenti".

2. Copot Pemasangan Aplikasi
Terlalu banyak aplikasi juga dapat mengakibatkan baterai hp menjadi boros, hal ini disebabkan oleh banyaknya permintaan aplikasi untuk berjalan di background.

Aplikasi ini memang memiliki hak akses untuk berjalan di latar belakang hp meskipun kita tidak memberikan izin, contohnya ialah notifikasi dari aplikasi media sosial, notifikasi update aplikasi dan update sistem otomatis. Jadi, untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan mencopot atau meng-uninstal aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi.

3. Matikan HP Saat Dicas
Mematikan ponsel saat dicas adalah tindakan yang tepat untuk cara merawat baterai hp supaya tetap awet, hal ini dikarenakan jika kita melakukan charging dengan mematikan ponsel maka aliran listrik pada saat proses charging hp akan menjadi stabil.

4. Diamkan HP Selama Bebebapa Waktu Setelah Dicas
Seringkali setelah hp kita selesai mengisi daya biasanya suhu pada komponen ponsel menjadi panas, sehingga hal ini dapat mengakibatkan hp mengalami overheat dan menjadi boros baterai.

Jadi solusi yang tepat adalah mendiamkan hp selama beberapa waktu setelah dicas, hal ini dapat diartikan sebagai salah satu cara merawat baterai hp supaya menjadi awet.

5. Aktifkan Mode Penghemat Daya
Cara menghemat baterai hp android yang paling ampuh yaitu dengan mengaktifkan mode penghemat daya. Sebagian besar hp keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi fitur ini.

Fitur mode penghemat daya ini sangat berfungsi untuk merawat dan menghemat baterai hp dengan cara mematikan semua aktifitas aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang hp dan menonaktifkan efek animasi slideshow, sehingga hal ini juga dapat meningkatkan kinerja hp.

6. Aktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode)
Mengaktifkan mode pesawat juga dapat menghemat baterai hp, sebab fitur mode pesawat akan mematikan semua jenis sinyal hp seperti Bluetooth, Wifi dan Data Seluler.

Mode pesawat lebih baik diaktifkan apabila keadaan hp sedang dalam tidak digunakan alias menganggur, seperti saat dicas, malam hari dan ketika baterai tinggal sedikit.

7. Matikan Sinyal Jaringan Telepon
Apabila kalian menggunakan 2 SIM Card secara bersamaan pada hp android yang sama, namun salah satu SIM tersebut tidak terlalu sering digunakan untuk internet, telepon ataupun sms maka lebih baik sinyal tersebut dimatikan.

Dengan mematikan sinyal jaringan telepon maka tentu saja hal ini dapat menghemat baterai hp android sehingga dapat bertahan lebih lama. Untuk mematikan sinyal jaringan telepon di hp android dapat dilakukan melalui "Pengaturan > Jaringan Telepon" lalu nonaktifkan SIM 1 atau SIM 2.

8. Meredupkan Kecerahan Layar HP
Cara menghemat baterai hp yang paling ampuh ialah dengan mengurangi atau meredupkan kecerahan layar hp, hal ini dapat mengurangi konsumsi daya baterai hp android kita menjadi lebih sedikit.

Untuk mengatur kecerahan layar hp android biasanya terdapat pada menu "Pengaturan > Tampilan > Kecerahan" setelah itu atur tingkat kecerahan layar hp menjadi redup.

9. Gunakan Background Statis Dan Berwarna Gelap
Background animasi akan mengakibatkan baterai hp kamu menjadi boros, sebab dengan memakai background animasi/dinamis maka hal itu akan menambah proses kinerja hp pada latar belakang sehingga membutuhkan lebih daya.

Selain background dinamis, tampilan background yang memiliki berwarna terang juga dapat membuat baterai hp menjadi cepat habis, sebab hal itu membutuhkan daya baterai untuk konsumsi sinar biru pada layar.

Solusi terbaik itu mengatasi baterai hp yang boros adalah dengan menggunakan background statis dan berwarna gelap karena background tersebut dapat tidak membebani kinerja dan daya baterai hp.

10. Jangan Gunakan HP Saat Dicas
Cara merawat baterai hp yang paling mudah yaitu kita hanya perlu berhenti menggunakan ponsel saat dicharging, sebab jika kita memakai ponsel sambil dicas maka hal itu dapat membuat baterai menjadi boros dan cepat rusak.

11. Jangan Gunakan HP Sampai Ngedrop
Apabila kita sudah terbiasa menggunakan hp sampai ngedrop alias baterai hp habis sepenuhnya, maka hal itu dapat merusak umur baterai dan membuat baterai hp menjadi boros. Jadi mulai sekarang hilangkan kebiasan memakai hp hingga ngedrop.

12. Pakailah HP Dengan Jeda Waktu Tertentu
Jika kalian memang ingin bersungguh-sungguh untuk merawat baterai hp agar tetap awet dan tidak boros, maka kamu tidak boleh menggunakan hp tersebut secara terus-menerus tanpa henti.

Jadi, kalian harus memberikan jeda waktu tertentu setelah memakai hp dalam beberapa waktu. Contoh, setelah dipakai 1 jam penuh hp harus diberikan waktu istirahat dengan tidak memakainya selama 15 menit. Hal ini bertujuan untuk menghindari overheat pada hp.

Demikianlah panduan mengenai 10+ Cara Merawat Dan Menghemat Baterai HP Agar Tidak Boros. Cara ini juga dapat dilakukan untuk menghemat baterai hp Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Asus, Infinix, Realme, Meizu dan juga merek lainnya. Semoga tips ini berguna.

Comments