shopee elektronik

Kenapa Story WA Pecah? Ini Cara Agar SW Tidak Buram Tanpa Aplikasi

Wednesday, December 28, 2022
Daftar Isi
Kenapa Story WA Pecah? Ini Cara Agar SW Tidak Buram Tanpa Aplikasi Vuiral.com -  Status WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah video atau foto ke status sementara yang dapat dilihat oleh teman-teman WhatsApp selama 24 jam. Status atau Story WhatsApp seringkali disingkat menjadi SW oleh para pengguna WA.

Namun, terkadang status foto dan video di WhatsApp bisa menjadi terlihat buram atau tidak jelas, sehingga dapat mengurangi kualitas pengalaman menonton untuk teman kontak WA kita.

Kenapa Story WA Pecah Atau Buram? Inilah Cara Agar SW Tidak Buram Tanpa Aplikasi Tambahan Di Perangkat iPhone Dan Android

Kenapa Story WA Pecah? Ini Cara Agar SW Tidak Buram Tanpa Aplikasi

Kenapa Story WA Buram Di iPhone Dan Android?

Ada beberapa alasan mengapa foto dan video di Story WA mungkin terlihat buram atau pecah-pecah sehingga menjadi kurang jelas. Berikut ini beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan kenapa gambar/video di status WA buram atau pecah:

1. Koneksi Internet Yang Lemah
Jika kamu mengirim atau menonton video di Story WA dengan koneksi internet yang lemah, maka foto dan video mungkin akan terlihat buram karena tidak dapat memuat dengan cepat. Hal itulah yang menjadi penyebab status WA buram.

2. Kualitas Video Yang Rendah
Jika foto dan video yang kamu unggah ke Story WA memiliki kualitas rendah, maka hal itu akan membuat gambar di status WhatsApp pecah meskipun jaringan internet lancar.

3. Pembesaran Foto
Kenapa gambar di status WA buram? Hal ini dapat terkjadi apabila kita membesarkan (zoom in) gambar di Story WA, maka gambar atau foto tersebut mungkin terlihat buram karena tidak memiliki resolusi yang cukup tinggi untuk ditampilkan dengan jelas saat diperbesar.

4. Masalah Dengan Perangkat
Jika perangkat kalian mengalami masalah, maka video di Story WA mungkin juga terlihat buram. Cobalah mengecek apakah perangkatmu memiliki cukup ruang penyimpanan, baterai yang cukup, dan perangkat lunak yang terbaru untuk memastikan bahwa perangkatmu berfungsi dengan baik.

5. File Terkompresi Otomatis Di WhatsApp
Beberapa jenis file seperti foto dan video yang dikirim ke WhatsApp biasanya akan mengalami kompresi pada ukuran file tersebut, sehingga hal itu akan membuat kualitas file menjadi menurun dan mengakibatkan status foto dan video di WA menjadi buram alias burik.

Cara Mengatasi Status WA Buram Tanpa Aplikasi

Setelah mengetahui penyebab kenapa status WA buram atau pecah, maka kalian bisa mengikuti panduan berikut tentang cara agar status WA tidak pecah di iPhone dan Android tanpa aplikasi tambahan:

1. Pastikan Internet Stabil
Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang cukup stabil saat mengirim atau menonton video di status WhatsApp. Jika koneksi internet kamu lemah, maka video mungkin akan terlihat buram karena tidak dapat memuat dengan cepat.

2. Gunakan Resolusi HD
Gunakan resolusi video yang sesuai dengan kualitas yang diinginkan. resolusi status WA video yang direkomendasikan yaitu sekitar 720p atau 1080p. 

Sedangkan untuk resolusi story WA hd pada foto, kalian bisa memakai resolusi 1080 x 720 pixel (HD), 1920 x 1080 pixel (FHD). Dengan begitu story WA kalian tidak akan pecah lagi.

3. Lakukan Kompresi File Sebelum Upload Foto
Cara mengatasi story WA buram dapat dicegah dengan melakukan kompresi file foto atau video terlebih dahulu sebelum diupload di story WA. Sehingga dengan begitu kualitas file akan tetap terjaga. Untuk melakukannya, kalian bisa menggunakan aplikasi kompresi file media di HP Android. 

Selain itu, cara agar status WA tidak pecah tanpa aplikasi dapat dilakukan dengan mengirim file ke kontak/grup WhatsApp terlebih dahulu, kemudian membagikannya ke story WA. Sebab dengan mengirim file media foto/video ke WA, maka file tersebut akan mengalami kompresi ukuran secara otomatis.

4. Pastikan File Tidak Rusak
Jika kamu mengirim video yang sudah di-download dari internet, pastikan bahwa video tersebut tidak rusak atau corrupt. Jika video tersebut rusak, maka hal itu dapat menjadi penyebab gambar dan video status WhatsApp pecah ketika dilihat.

5. Pilih Opsi Kualitas Foto Unggahan Terbaik
Opsi kualitas unggahan pada pengaturan aplikasi WhatsApp juga dapat mempengaruhi hasil story WA yang telah kita upload. Untuk cara upload story WA hd Android dengan kualitas bagus, maka gunakan opsi kualitas terbaik.

Itulah beberapa penyebab dan juga cara agar video tidak pecah di status WA tanpa aplikasi. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka kita dapat menghindari status WA buram dan menikmati video di status WhatsApp dengan kualitas yang baik.
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
× Tenang, iklan ini hanya muncul 1x saja
Klik tombol X untuk menutup iklan
Iklan Shopee