Daftar Kode Nomor SMSC All Operator Indonesia Lengkap

No Comment Monday, June 27, 2022
Daftar Isi
Daftar Kode Nomor SMSC All Operator Indonesia Lengkap - SMS atau Short Message Service adalah sebuah layanan untuk mengirimkan pesan singkat lewat telepon seluler, dan SMS ini menggunakan pulsa sebagai biaya atas pemakaian layanan tersebut.

Walaupun untuk menggunakan SMS sangatlah mudah dan singkat, terkadang ada beberapa pengguna SMS yang mengalami masalah dalam menggunakannya.

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna SMS yaitu tidak dapat mengirim SMS ke nomor lain. Apabila kita tidak dapat mengirim SMS, biasanya hal itu dikarenakan kode nomor SMSC yang kosong atau tidak sesuai sehingga menyebabkan eror.

Karena masalah tersebut banyak pengguna internet yang mencari informasi mengenai daftar kode nomor SMSC all operator indonesia lengkap beserta cara mengatasi SMSC update error. Apabila kalian mengalami hal yang sama, maka kalian bisa membaca artikel ini untuk mendapatkan solusinya.

Baca juga:

Daftar Kode Nomor SMSC All Operator Tri, XL Axiata, Axis, Indosat, Telkomsel, Smartfren Dan Cara Mengatasi SMSC Update Error


Pengertian Dan Fungsi SMSC

Apa itu SMSC dalam jaringan? SMSC atau Short Message Service Center (Pusat Layanan Pesan) adalah sebuah pengaturan jaringan yang berguna untuk menyimpan, memperkuat dan meneruskan SMS ke perangkat lainnya.

SMSC ini berupa sebuah kode berbentuk nomor khusus untuk mengatur nomor pusat pesan. Untuk setiap penyedia jaringan (provider) di Indonesia juga mempunyai kode nomor pusat SMS yang berbeda-beda. 

Oleh sebab itu kita harus menggunakan kode SMSC sesuai jaringan yang kita gunakan. Jika tidak, maka kita tidak bisa mengirim dan menerima SMS.

Daftar Kode Nomor SMSC All Operator Tri, XL Axiata, Axis, Indosat, Telkomsel, Smartfren

Solusi tepat untuk cara mengatasi SMSC update error adalah dengan mengubah kode nomor SMSC pada ponsel kita sesuai dengan pengaturan provider yang kita gunakan.

Berikut ini adalah sebuah daftar kode nomor SMSC all operator Indonesia yang bisa kita gunakan untuk cara mengganti nomor pusat layanan SMS.

Kode Nomor SMSC Tri / Three (3)
+6289644000001

Kode Nomor SMSC XL Axiata
+62818445009
+628184450095

Kode Nomor SMSC Axis
+628184465009
+628315000032

Kode Nomor SMSC Indosat (Mentari)
+62816124
+628216124

Kode Nomor SMSC Indosat Ooredoo (IM3)
+62855000000
+628550000

Kode Nomor SMSC Telkomsel
+6281100000

Kode Nomor SMSC Smartfren
+6288108810215
+628811223344

Baca juga:

Cara Mengatasi SMSC Update Error Di HP Android

Apabila kalian belum mengetahui tentang bagaimana cara mengubah SMSC di Android, maka ikuti panduan di bawah ini untuk cara mengatasi SMSC update error.

Dalam tutorial cara mengatur nomor SMS Center di HP Android ini saya memakai operator Telkomsel (by.U) Dan Axis. Sehingga kalian bisa mencontoh kode komor smsc Axis dan Telkomsel tersebut seperti yang ada pada gambar.

1. Cara Mengatasi SMSC Update Error Melalui Aplikasi SMS (Pesan)
Cara Mengatasi SMSC Update Error Di HP Android
Menu pengaturan SMS Center di HP Android
  1. Buka aplikasi SMS atau Pesan di HP Android kamu.
  2. Setelah itu ketuk "ikon titik dua" yang ada di pojok kanan atas untuk membuk menu "Pengaturan".
  3. Setelah itu pilih menu "Pengaturan Lanjut".
  4. Kemudian kalian pilih menu "Nomor pusat informasi".
  5. Daftar Kode Nomor SMSC All Operator Indonesia Lengkap
    Kode Nomor SMS Center Telkomsel Dan Axis
  6. Pilih SIM 1 atau SIM 2 untuk mengubah kode nomor SMS Center.
  7. Setelah itu masukkan kode nomor SMS Center sesuai operator yang kalian gunakan.
  8. Setelah selesai mengisi kode nomor SMSC Axis dan Telkomsel, ketuk tombol "Back atau Kembali" dan pilih "Ok" untuk menyimpan pengaturan.
  9. Kode nomor SMS Center telah berhasil diubah.

2. Cara Mengatasi SMSC Update Error Melalui Telepon (Dial Up)
  1. Buka aplikasi Telepon atau Dial Up di HP kamu.
  2. Setelah itu melakukan panggilan ke nomor *#*#4636#*#*
  3. Kemudian akan muncul jendela menu "Informasi Telepon".
  4. Silakan kalian cari menu "SMSC" dan isikan dengan provider yang kalian gunakan.
  5. Setelah selesai mengisi kode nomor SMSC di Android, ketuk tombol "Perbarui" untuk menyimpan perubahan.

Perhatian: Untuk cara nomor dua mungkin tidak dapat dilakukan di semua Android. Sebab dari hasil yang sudah saya coba, cara ini masih bisa bekerja pada Android 8 (Oreo) tetapi tidak dapat berfungsi di Android 11 (Red Velvet Cake).

Apabila kalian sudah mengikuti panduan di atas namun tidak membuahkan hasil, silakan kalian restart HP kamu untuk merefresh setelan yang telah diubah tadi supaya bisa diterapkan dengan baik.

Itulah informasi lengkap yang membahas tentang Daftar Kode Nomor SMSC All Operator Tri, XL Axiata, Axis, Indosat, Telkomsel, Smartfren Dan Cara Mengatasi SMSC Update Error. Semoga informasi ini bisa memberikan solusi terbaik atas masalah yang sedang kalian alami.

Comments

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]