Pengertian Software Dan Macam Macam Contoh Software Komputer

Saturday, January 02, 2021
Daftar Isi
Pengertian Software Dan Macam Macam Contoh Software Komputer - Pembahasan lengkap mengenai pengertian software komputer, fungsi software komputer, jenis jenis software komputer dan contohnya pada materi pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Pengertian Software Komputer Dan Macam Macam Jenis Software Komputer Beserta Contohnya

Pengertian Software Komputer Dan Macam Macam Jenis Software Komputer Beserta Contohnya
Proses pembuatan program dengan software bahasa pemrograman

Pengertian Software (Perangkat Lunak) Komputer

Perangkat lunak atau software adalah sebuah komponen pada sistem komputer berupa data yang telah diprogram sedemikian rupa dalam bentuk digital, sehingga software tidak memiliki bentuk fisik melainkan hanya bisa digunakan melalui komputer dan berfungsi untuk menjalankan sebuah perintah.

Macam Macam Fungsi Software Adalah

  • Untuk menjalankan perintah dari brainware.
  • Sebagai penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware komputer.
  • Mengatur hardware agar dapat bekerja optimal.
  • Menyediakan fungsi dasar untuk komputer agar dapat dioperasikan, seperti penggunaan sistem operasi ataupun software pendukung.
  • Mengidentifikasi suatu program yang ada di komputer.
  • Untuk menerjemahkan suatu perintah software ke bahasa mesin agar dapat diproses oleh hardware.
Baca juga:

Pengertian Jenis Jenis Software Komputer Dan Contohnya

1. Software Sistem Operasi (Operating System)
Software sistem operasi merupakan sebuah perangkat lunak yang berguna untuk mengontrol fungsi dari komponen komputer seperti Motherboard, Processor, VGA, RAM dan komponen komputer lainnya agar dapat saling terhubung satu sama lain.

Macam Macam Contoh Software Sistem Operasi Yaitu:
  1. Windows
  2. Disk Operating System (DOS)
  3. Machintosh (Mac OS)
  4. Linux
  5. Unix

2. Pengertian Software Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Software bahasa pemrograman adalah sebuah bahasa komputer yang berfungsi untuk memberikan intruksi standar guna memberikan perintah pada komputer. Bahasa pemrograman terdiri dari suatu aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah program komputer.

Macam Macam Contoh Software Bahasa Pemrograman Adalah:
  1. HTML
  2. Java
  3. PHP
  4. C++
  5. Python

3. Pengertian Software Program Aplikasi (Application Program)
Software program aplikasi adalah sebuah perangkat lunak yang dibuat dengan fungsi khusus untuk melakukan pekerjaan tertentu. Misalnya yaitu berupa program yang berguna untuk mengelola dokumen, menganalisa data, mengedit foto dan fungsi lainnya.

Macam Macam Contoh Software Program Aplikasi Adalah:
  1. Microsoft Word
  2. Microsoft Excel
  3. Notepad
  4. Google Chrome
  5. CCleaner
  6. GOM Player
  7. Adobe Photoshop
  8. CorelDraw

Pengertian Jenis Jenis Software Komputer Berdasarkan Distibrusinya

1. Freeware / Free Software
Freeware merupakan perangkat lunak komputer yang dapat kita gunakan secara gratis tanpa ada batasan waktu yang bisa dipakai oleh siapapun, namun penggunanya tidak memiliki izin dalam memodifikasi atau menyebarluaskannya.

2. Adware
Adware adalah perangkat lunak komputer yang bisa kita pakai dengan gratis, namun mereka menampilkan iklan kedalam software tersebut sebagai biaya kompensasi untuk para pengembang perangkat lunak mereka.

3. Shareware
Shareware ialah perangkat lunak yang dibagikan secara gratis namun memiliki batasan waktu tertentu serta fitur yang terbatas karena hanya sebagai alat uji coba kepada pemakainya.

Hal ini termasuk merupakan strategi marketing dari para pengembang software yang bertujuan untuk memperkenalkan produk software mereka supaya dapat dikenal secara luas. Nama lain dari Shareware adalah Trialware.

4. Malware
Malware termasuk salah satu jenis software komputer, namun tujuan dari perangkat lunak yang satu ini adalah untuk merusak sistem pada perangkat komputer. Malware juga termasuk kedalam daftar jenis virus komputer.

5. Spyware
Spyware merupakan perangkat lunak yang dipakai untuk memata-matai aktifitas pengguna komputer. Karena hal tersebut, spyware seringkali disalahgunakan oleh para penjahat karena dipakai untuk melakukan pencurian data.

6. Open Source Software
Open source software ialah perangkat lunak yang mengizinkan para penggunanya untuk mempelajari, mengubah, meningkatkan ataupun menyebarluaskan kode sumber software tersebut secara gratis. Contoh dari software open source adalah Linux, Android, VLC Media dan Mozilla Firefox.

7. Proprietary Software
Proprietary software berkebalikan dengan open source, proprietary software atau perangkat lunak berpemilik adalah sebuah software yang memiliki pembatasan dalam pemakaian, penyalinan dan modifikasi yang telah ditentukan oleh pemegang hak milik.

Oleh sebab itulah proprietary software hanya bisa dipakai oleh orang atau kelompok tertentu karena sifatnya berbayar dan tertutup. Contoh dari proprietary software yaitu Windows OS, Mac OS, Adobe Photoshop, CorelDraw dan AutoCAD.

Demikian artikel yang membahas mengenai Pengertian Software Dan Macam Macam Contoh Software Komputer.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Lazada